Cara Registrasi Kartu

0
cara registrasi kartu

Cara registrasi kartu prabayar seperti Telkomsel, XL, Axis, Indosat, Tri dan Smartfren bisa dilakukan langsung oleh pengguna lewat situs resmi operator seluler secara online atau lewat SMS yang dikirim ke 4444.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan pengguna layanan operator seluler untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar baik yang lama ataupun yang baru.

Peraturan ini berlaku untuk semua provider seluler; Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri . Registrasi kartu bisa dilakukan secara online lewat situs resmi atau lewat SMS ke 4444.

Pengguna bisa melakukan registrasi kartu dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Kerluarga (KK) yang valid. Karena registrasi kartu tidak bisa dilakukan dengan data yang salah.

Pada awalnya Kominfo mengeluarkan aturan bahwa satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar tiga nomor prabayar menggunakan data yang sama.

Namu, pada bulan Mei tahun lalu, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ahmad M. Ramli, mengumumkan bahwa ketentuan batas maksimal registrasi kartu prabayar sudah tidak berlaku lagi.

Hal tersebut dilakukan pemerintah sebagai bentuk komitmen untuk mendukung keberlangsungan usaha mikro dan kecil yang memiliki peran dalam bisnis telekomunikasi.

Untuk itu Anda harus tahu cara daftar kartu sekaligus registrasi ulang kartu SIM, agar bisa menggunakan kartu prabayar dengan benar dan aman.

Cara Registrasi Telkomsel

cara registrasi telkomsel

Pembahasan pertama adalah mengenai cara registrasi Telkomsel. Anda bisa registrasi kartu Telkomsel secara online lewat website resmi dan bisa juga lewat SMS yang dikirim ke 4444. Untuk jelasnya simak cara registrasi Telkomsel berikut.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat Situs Resmi

Cara ini bisa digunakan pada semua jenis kartu SIM Telkomsel seperti SimPATI, Kartu As, dan Loop.

cara daftar kartu telkomsel
  1. Bukan peramban, lalu kunjungi https://mobi.telkomsel.com/ulang.
  2. Lakukan pengisian No. Handphone, NIK(No.KTP), dan No.Kartu Keluarga.
  3. Lalu klik tombol Dapatkan Password.
  4. Langkah selanjutnya klik tombol Kirim.

Cara registrasi kartu telkomsel juga bisa dilakukan lewat tautan https://tsel.me/reg. Pengguna akan diminta untuk mengisi data diri berupa nomor handphone Telkomsel, NIK dan nomor KK.

Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel

Untuk pengguna lama Telkomsel yang belum melakukan registrasi ulang kartu Telkomsel bisa menggunakan cara berikut:

  1. Buka menu Pesan/ SMS.
  2. Lalu ketikan Format ULANG(spasi)NIK#No.KK# . Contoh: ULANG 0123456789112# 0123456789112 .
  3. Kirim ke nomor 4444.

Cara Registrasi Kartu Kelkomsel Lewat SMS

Cara registrasi Tsel yang paling mudah dilakukan adalah lewat SMS. Untuk Anda pengguna baru Telkomsel bisa registrasi kartu SimPATI, Kartu As, dan Loop dengan cara berikut:

  1. Buka menu SMS.
  2. Lalu ketikan format REG(spasi)NIK#No.KK#. Contoh: REG 0912345678910# 0912345678910#.
  3. Lalu kirim ke nomor 4444.

Cara Daftar Kartu Telkomsel lewat GraPARI Virtual & Aplikasi MyTelkomsel

Selain mengunjungi gerai GraPARI fisik terdekat, pengguna juga bisa mengakses GraPARI virtual Telkomsel lewat aplikasi pesan instan. Seperti di LINE pada akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Pengguna akan dibantu daftar kartu Telkomsel oleh asisten digital Veronika yang akan diarahkan ke web registrasi Telkomsel.

Pengguna juga bisa melakukan daftar kartu Telkomsel lewat aplikasi MyTelkomsel. Pengguna bisa mengunduhnya lewat Google Play Store. Lalu jalankan aplikasi. Buka menu Akun Saya, lalu gulir ke bagia bawah dan pilih Registrasi Prabayar.

Cara Cek nomor Telkomsel yang Sudah Terdaftar

Proses registrasi kartu biasanya memerlukan waktu paling lama 1×24 jam. Untuk memastikan proses daftar kartu Telkomsel berhasil dan nomor ponsel mana saya yang terdaftar menggunakan NIK dan KK yang sama, pengguna bisa mengunjungi laman Cek Data Registrasi Pelanggan Prabayar.

Lewat layanan cek nomor tersebut pengguna juga bisa memastikan tidak ada nomor ponsel yang tidak dikenali menggunakan NIK dan KK Miliknya.

Jika pengguna menemukan NIK miliknya digunakan nomor ponsel yang tidak dikenali, maka bisa melakukan pelaporan ke gerai GraPARI untuk melakukan UNREG.

Cara Registrasi Kartu XL

cara registrasi kartu xl

Untuk Anda yang menggunakan kartu XL, maka bisa menggunakan cara registrasi kartu XL online lewat situs resmi atau lewat SMS. Untuk jelasnya simak cara daftar XL berikut.

Cara Registrasi Kartu XL Lewat Website Resmi

Registrasi XL bisa dilakukan lewat website resmi XL pada laman https://registrasi.xl.co.id/ulang atau laman cara registrasi kartu XL Prabayar.

Cara daftar XL:

  1. Setelah mengunjungi laman di atas lewat pramban.’
  2. Lalu masuk nomor telepon XL.
  3. Pengguna akan mendapatkan kode verifikasi dari XL lewat SMS.
  4. Masukan kode verifikasi tersebut.
  5. Mengisi data Nomor KTP/ NIK dan Nomor Kartu Kerluarga.

Cara aktivasi kartu XL lewat website atau internet ini bersifat gratis. Selain itu registrasi XL juga bisa dilakukan lewat gerai XL terdekat, sekaligus pengguna bisa konsultasi jika menemui masalah pada saat proses registrasi.

Proses registrasi kartu XL baru biasanya berlangsung kurang lebih 1×24 jam. Jika proses pendaftaran berhasil, nantinya akan ada balasan pesan berisi informasi bahwa registrasi berhasil dilakukan.

Lalu bagaimana cara registrasi kartu XL 4G yang gagal? Biasanya ini terjadi karena ada kelasahan memasukan NIK atau KK. Jika masih gagal melakukan registrasi XL, biasanya ada kesalahan pada data kependudukan, seperti nomor KK yang berganti karena pindah domisili, atau NIK dan KK diblokir oleh Dinas Dukcapil Kemendagri karena ada ganda data.

Cara Registrasi Ulang Kartu XL

Untuk pengguna yang ingin melakukan registrasi ulang kartu XL miliknya bisa dilakukan lewat SMS.

Cara daftar ulang kartu XL:

  1. Jalankan menu Pesan/ SMS.
  2. Lakukan ketikan format ULANG#NIK#No.KK. Contoh: ULANG#123456789#123456789.
  3. Kirim ke nomor 4444.

Cara Registrasi Kartu XL Lewat SMS

Sebelum melakukan registrasi kartu XL prabayar, pastikan Anda sudah menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Lalu ikuti cara registrasi kartu XL lewat SMS berikut.

  1. Buka dan jalankan Menu SMS.
  2. Ketikan format DAFTAR#NIK#nomorKK. Contoh: DAFTAR#98765432112345678# 98765432112345678 .
  3. Lalu kirim ke 4444.
  4. Tunggu balasan dari operator.

Untuk Anda yang mengalami kendala pada saat melakukan registrasi kartu XL bisa menghubungi Customer Service XL lewat email customerservice@xl.co.id atau Call Center 817.

Jika terdapat kesalahan pada data diri Anda, bisa menghubungi layanan Call Cener Ditjen Halo Dukcapil Kemendagri di 1500537.

Cara Cek nomor XL yang Sudah Terdaftar

Untuk pengguna XL yang sudah pernah melakukan pendaftaran bisa memastikan kartu XL-nya berhasil terdaftar dan nomor ponsel mana saja yang terdaftar menggunakan NIK dan KK miliknya bisa di cek lewat USSD dengan format *123*4444#.

Cara Registrasi Kartu Axis

cara registrasi kartu axis

Cara registrasi Axis hampir sama dengan cara registrasi kartu XL, karena sejak tahun 2013 Axis telah di akuisisi oleh XL. Meski begitu Axis tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai operator seluler yang familiar dengan warna ungu dan tarif yang murah.

Saat membeli kartu Axis baru, pengguna harus mendaftar kartu Axis agar bisa aktif dan menggunakan layanannya.

Cara Registrasi Kartu Axis Lewat SMS

Saat akan akan daftar kartu Axis, pastikan Anda sudah menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Lalu ikuti cara mendaftar kartu Axis lewat SMS berikut ini.

  1. Buka aplikasi SMS.
  2. Ketikan format DAFTAR#NIK#nomorKK. Contoh: DAFTAR#9876543211234444# 9876543211234444 .
  3. Lalu kirim ke 4444.
  4. Tunggu balasan dari Axis.

Registrasi Ulang Axis

Untuk pengguna lama, Anda bisa melakukan registrasi ulang kartu Axis Anda. Cara daftar kartu Axis ulang hampir sama caranya.

Cara daftar ulang kartu Axis:

  1. Jalankan menu Pesan/ SMS.
  2. Lakukan ketikan format ULANG#NIK#No.KK. Contoh: ULANG#9876543211234444# 9876543211234444
  3. Kirim ke nomor 4444.

Registrasi Kartu Indosat

cara registrasi indosat

Sama halnya dengan operator seluler lainnya Indosat Ooredoo juga menyediakan dua opsi yang bisa digunakan penggunannya untuk registrasi kartu Indosat, yaitu bisa dilakukan secara online lewat website resmi dan lewat SMS.

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo Online

daftar kartu indosat

Anda daftar kartu Indosat secara online lewat website resmi yang disediakan oleh pihak Indosat Ooredoo(Indosat dan IM3) pada laman Registrasi Pelanggan Indosat Ooredoo.

Cara aktivasi kartu Indosat online:

  1. Setelah mengunjungi laman diatas.
  2. Lalu masukan nomor Indosat yang akan di registrasi. Klik Verifikasi.
  3. Selanjutnya masukan NIK atau nomor e-KTP.
  4. Masukan nomor Kartu Keluarga.
  5. Klik centang “I’am not a robot”.
  6. Klik “Periksa” jika data yang dimasukan sudah benar.

Pengguna juga bisa cek nomor yang terdaftar menggunakan NIK dan KK miliknya lewat laman Cek Nomor. Anda melakukan pengecekan MSISDN berdasarkan NIK dan KK. Untuk caranya hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

Cara Registrasi Ulang Kartu Indosat

Pengguna lama Indosat bisa melakukan registrasi ulang lewat SMS dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK, lalu dikirim ke nomor 4444. Untuk jelasnya cara daftar ulang kartu Indosat simak langkah-langkahnya.

  1. Buka Menu SMS.
  2. Lalu ketikan Format ULANG#Nomor NIK# Nomoe KK. Contoh ULANG#131313131313113#121212121212121.
  3. Lalu kirim ke nomor 4444.
  4. Tunggu balasan konfirmasi.

Registrasi Kartu Indosat Lewat SMS

Seperti dengan daftar ulang, registrasi kartu baru Indosat pun bisa dilakukan lewat SMS yang dikirim ke 4444. Berikut cara daftar kartu Indosat.

  1. Buka menu Pesan.
  2. Buat pesan dengan format Nomor NIK#Nomor KK. Contoh 36363633363636#369995959595959.
  3. Kirim ke nomor tujuan 4444.
  4. Tunggu balasan dari Indosat.

Registrasi Kartu Tri

registrasi kartu tri

Tri adalah salah satu operator seluler yang menyediakan berbagai paket komunikasi, mulai dari paket SMS, paket nelpon, dan paket internet. Tri terkenal dengan tarif layanan yang terjangkau, khususnya untuk paket internet.

Untuk pengguna baru Tri harus tahu cara mengaktifkan kartu Tri, karena layanannya baru bisa dinikmati setelah kartu di registrasi menggunakan data dini yang valid.

Cara Daftar Kartu Tri Online

Pengguna kartu Tri bisa melakukan registrasi secara online lewat website yang bisa dikunjungi pada alamat https://registrasi.tri.co.id/. Sebelum melakukan daftar sim card Tri pastikan sudah menyiapkan e-KTP dan KK.

registrasi tri co id

Cara registrasi kartu Tri online:

  1. Kunjungi websute registrasi tri co id diatas lewat browser.
  2. Klik “Registrasi kartu prabayar”.
  3. Masukan nomor Trik yang akan didaftarkan.
  4. Masukan Nomor Induk Kependudukan sesuai e-KTP.
  5. Masukan Nomor Kartu Keluarga.
  6. Klik tombol “Minta kode rahasia”, setelah masuk lewat SMS, masukan pada kolom yang tersedia.
  7. Masukan 4 angka nomor seri (ICCID) yang tertera pada belakang kartu SIM/USIM.
  8. Klik centang “Iam not a robot”.
  9. Lalu klik Kirim.

Cara Registrasi Ulang Tri Lewat SMS

Untuk Anda pengguna lama kartu Tri, Anda bisa melakukan registrasi ulang Tri lewat SMS dengan format ULANG#NIK#Nomor KK. Untuk jelasnya bisa simak cara daftar ulang kartu Tri berikut.

  1. Buka Menu Pesan di HP Anda yang menggunakan kartu Tri.
  2. Ketikan Format ULANG#NIK#Nomor KK. Contoh ULANG#161616161616161616#12121212121212121212.
  3. Lalu kirim ke nomor 4444.
  4. Tunggu balasan dari Tri bahwa kartu Anda berhasil melakukan registrasi.

Registrasi Kartu Tri Lewat SMS

Untuk calon pengguna baru Tri, bisa melakukan registrasi kartu lewat SMS dengan format NIK#Nomor KK. Untuk menghindari gagal registrasi pastikan menggunakan data yang sudah benar.

Cara daftar kartu Tri:

  1. Buka aplikasi Pesan pada HP yang sudah dipasang kartu Tri baru.
  2. Ketikan Format NIK#Nomor KK.
  3. Lalu kirim ke nomor 4444.
  4. Tunggu balasan dari operator Tri.

Untuk memastikan kartu Tri Anda sudah berhasil diregistrasikan bisa cek lewat SMS dengan format Status kirim ke 4444.

Registrasi Smartfren

registrasi kartu smartfren

Smartfren merupakan salah satu provider operator seluler di Indonesia yang menyediakan jasa telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE Advanced, yaitu hasil pengembangan lebih lanjut dari jaringan 4G.

Untuk calon pengguna baru Smartfren, Anda diwajibkan melakukan registrasi kartu Smartfren terlebih dahulu. Untuk cara aktivasi Smartfren bisa dilakukan secara online lewat website atau bisa juga lewat SMS.

Registrasi Kartu Smartfren Online

Cara registrasi kartu Smartfren bisa dilakukan secara online lewat website resmi yang disediakan oleh pihak Smartfren. Untuk melakukannya Anda cukup mengunjungi laman Prepaid Registration.

cara registrasi kartu smartfren

Cara registrasi kartu Smartfren:

  1. Kunjungi laman untuk daftar kartu Smartfren diatas lewat browser.
  2. Masukan nomor Smartfren baru Anda.
  3. Masukan Nomor Induk Kependudukan(NIK), bisa juga dengan mengunggah foto e-KTP.
  4. Pilih jenis verifikasi, disarankan menggunakan verifikasi lewat SMS, jika kode verifikasi sudah masuk, masukan pada kolom yang tersedia.
  5. Masukan Nomor Kartu Keluarga.
  6. Jika ada nomor lainnya, masukan juga pada kolom yang tersedia.
  7. Baca syarat dan ketentuan, lalu mencentang pernyataan telah membaca dan menyetujuinya.
  8. Lalu masukan kode captcha dan klik Lanjut.

Untuk memastikan kartu Smartfren Anda sudah berhasil terdaftar, Anda bisa cek lewat laman Prepaid Registation Chek. Tinggal masukan NIK dan nomor Smartfren Anda.

Registrasi Smartfren Lewat SMS

Anda juga bisa melakukan registrasi Smartfren lewat SMS. Cara ini yang paling mudah dilakukan. Jika Anda calon pengguna baru Smartfren bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Pesan pada HP yang sudah terpasang kartu perdana Smartfren.
  2. Ketikan pesan dengan format NIK#No.KK#. Contoh 364545454545454545#362552225552522525.
  3. Lalu kirim ke nomor 4444.
  4. Tunggu balasan dari Smartfren.

Untuk Anda pengguna lama dan belum melakukan registrasi ulang bisa melakukannya juga lewat SMS. Caranya hampir sama, ketikan format ULANG#NIK#No.KK# lalu kirim ke 4444.

Jika sudah terlanjur mendaftarkan kartu, namun tidak merasa cocok dengan nomor yang digunakan, maka bisa melakukan unreg kartu prabayar. Baca: Cara Unreg kartu Prabayar.

Bagaimana?

Sudah kami bahas tuntas mengenai cara registrasi kartu atau cara daftar kartu dari berbagai operator seluler seperti Telkomsel, XL Axiata, Axis, Indosat Ooredoo, Tri dan Smartfren.

Jika ada pertanyaan yang berhubungan dengan cara daftar kartu ini bisa disampai lewat kolom komentar dibawah ini.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here