Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian di Google

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Google saat ini menjadi mesin pencarian dan aplikasi yang paling populer digunakan oleh masyarakt global. Apapun yang anda cari dan inginkan ada di Google, mulai dari informasi, lokasi, atau mencari seseorang dan melontarkan pertanyaan bisa dilakukan melalui Google. Sehingga orang Indonesia menyebutnya dengan julukan ‘Mbah Google’ karena seluruh pertanyaan dan pencarian ada di situs ini.

Sesuai julukannya yang mana serba tau akan berbagai hal, Google memberikan jawaban atas apa yang kita ingin tahu. Informasi seperti tutorial, konten pendidikan (tugas), mencari resep makanan, konten musik dan video, gambar, atau mencari tahu perhitungan, translate, bahkan mengetahui informasi cuaca anda semua bisa dijawab melalui Google.

Perlu diingat bahwa pencarian yang kita lakukan pada Google tidak menguap begitu saja, namun Google sendiri menyimpan hasil pencarian kita dalam riwayatnya (history). Kata kunci yang digunakan selama kita mencari informasi melalui Google disimpan di dalam database Google sehingga jika ingin mencari informasi yang sama tidak perlu mengetikkan kata kunci tersebut kembali.

Sekedar informasi saja, riwayat pencarian Google ini tidak hanya tersimpan di perangkat koputer/smartphone anda melainkan juga tersimpan dalam akun Google untuk disimpan dan sewaktu – waktu riwayat tersebut dapat disinkronisasi. Sehingga jika kita berganti perangkat riwayat itu tetap ada dan tidak perlu takut lupa akan kata kunci tersebut.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google

Akan tetapi bagi sebagian orang riwayat pencarian ini mengganggu dan hanya memenuhi memori perangkat anda. Terlebih jika riwayat penelusuran berupa sesuatu yang bersifat provasi sehingga sangat mengganggu anda, sehingga kadang riwayat ini harus dihapus. Namun anda tidak perlu khawatir karena Google telah menyiapkan layanan untuk menghapus riwayat penelusuran ini, beberapa cara tersebut kami jelaskan dalam poin berikut.

Menghapus Riwayat Pencarian Google Melalui Google My Activity

Google My Activity
Google My Activity

Menghapus riwayat pencarian Google melalui Google my activiy (aktivitas saya dalam bahasa Indonesia) dapat dilakukan apabila anda ingin menghapus riwayat pencarian berdasar waktu. Sehingga dengan fitur ini, riwayat pencarian sehari yang lalu, sebulan, atau bahkan bertahun – tahun bisa dihapus. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  1. Buka laman My Activity (Aktivitas Saya) melalui browser, kami sarankan menggunakan Google Chrome
  2. Selanjutnya klik ikon menu pada sebelah pojok kanan laman (sebelah foto profil Google anda)
  3. Pilih pada opsi “hapus menurut tanggal”, pilih opsi sesuai yang anda inginkan. Jika ingin menghapus riwayat hari ini tinggal pilih Hari ini, jika ingin waktu yang lain tidak masalah. Ada juga pilihan tanggal, misalnya anda ingin menghapus dari bulan November hingga Januari yang lalu, bisa diset melalui pilihan tanggal.
  4. Anda dapat memilih juga produk yang akan dihapus riwayat pencarian, apakah hanya android atau semua produk atau produk lainnya.
  5. Setelah itu klik hapus dan muncul konfirmasi penghapusan riwayat
  6. Klik tombol OK kemudian Hapus, kemudian Google akan memproses penghapusan riwayat anda

Menghapus Riwayat Pencarian Google Melalui Google App

Bagi anda pengguna Google App, anda dapat menghapus riwayat pencarian Google secara manual satu per satu melalui aplikasi ini, caranya adalah sebagai berikut :

Menghapus Riwayat Pencarian Google Melalui Google App

  1. Buka Aplikasi Google App (secara default aplikasi ini sudah terpasang di semua perangkat android). Anda dapat membuka melalui menu, melakukan klik ikon G di layar utama atau menekan tombol home yang lama
  2. Untuk menghapus satu per satu dari riwayat pencarian, pada kata kunci yang muncul pada pencarian sebelumnya, tekan salah satu kata kunci dan menahan beberapa saat
  3. Setelah itu muncul konfirmasi untuk menghapus riwayat kata kunci tersebut dari smartphone anda, pilih hapus/delete jika ingin menghapus riwayat tersebut
  4. Secara otomatis riwayat kata kunci tersebut akan hilang dari smartphone android anda

Kedua cara diatas bisa menghapus pencarian terbaru, jadi jangan khawatir lagi dengan dengan jejak pencarian Anda, orang lain tidak akan mengetahuinya.

Demikian tutorial dari kami mengenai bagaimana menghapus riwayat pencarian, memang mudah akan tetapi harus diperhatikan riwayat mana yang akan anda hapus dari daftar riwayat pencarian, mungkin saja besok kata kunci/riwayat tersebut masih dibutuhkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here