Cara Menggunakan Apple Music di Android Anda

Apple Music Android
Apple Music Android

Bagi para pengguna android sekarang ini banyak aplikasi streaming musik yang menjamur di pasaran. Banyak layanan yang diberikan oleh beberapa pengembang, bahkan sekarang layanan streaming dari Apple yakni Apple Music sudah diluncurkan di platform android, yang mana sebelumnya hanya diperuntukkan untuk perangkat berbasis Apple saja.

Diluncurkan pada 2015 yang waktu itu masih tahap percobaan, kini Apple Music sudah bisa digunakan secara luas oleh pengguna android seperti layaknya aplikasi streaming music sejenis seperti JOOX, Spotify, atau Deezer.

Cara Menggunakan Apple Music di Android

Tentu menggunakan Apple Music akan membuat sensasi tersendiri bagi pengguna android yang tak pernah merasakan layanan Apple yang satu ini, maka dari itu dalam tulisan ini kami berikan beberapa cara untuk menggunakan aplle Music pada android Anda

Cara Download Aplikasi Apple Music di Playstore

Download Apple Music Playstore
Download Apple Music Playstore

Sebelum menggunakan aplikasi ini, anda tentu harus mendownload dulu aplikasinya di playstore, cukup cari ‘Apple Music’ kemudian download dan instal hingga proses instalasi selesai. Atau bisa langsung klik tombol berikut:

Pasang Apple Music

Setelah aplikasi terinstal jangan lupa untuk Sign In ke aplikasi Apple Music menggunakan akun AppleID yang anda miliki sebelumnya. Jika sudah memiliki akun dan berlangganan tentu fitur aplikasi ini akan dapat leluasa dinikmati anda.

Apple Music menyediakan opsi free trial selama tiga bulan untuk pengguna. Jika tidak memilih opsi free trial, pengguna tetap bisa menggunakan Apple Music sebatas mengeksplor katalog musik dan menggunakan fitur connect untuk mengikuti musisi yang ada dalam aplikasi.

Opsi – opsi dan Mengeksplor Rekomendasi Album dan Artist Apple Music

Rekomendasi Album Apple Music (Foto; Apple)
Rekomendasi Album Apple Music (Foto; Apple)

Dalam apple music tersedia beberapa opsi yang ditawarkan untuk membantu pengguna dalam memilih musik yang diinginkan. Opsi ini terletak pada bagian pojok layar aplikasi Apple Music. Terdapat beberapa opsi yand disediakan oleh Apple Music, antara lain.

  • Opsi For You

Opsi ini menyediakan informasi album dan playslist yand telah otomatis dipilih oleh Apple. Opsi ini bekerja berdasar informasi yang diberikan pengguna lewat ikon lingkarana kecil merah dengan ikon segitiga di dalmnya. Cara menggunakan opsi ini cukup mudah, anda hanya perlu melakukan klik pada bagian tersebut dan sudah dapat menikmati musik yang telah dipilih oleh apple kepada anda.

  • Opsi Share

Opsi ini memungkinkan pengguna untuk membagi lagu, album, bahkan playlist yang diputar di perangkat anda kepada teman – teman anda melalui media sosial, email, dan sebagainya.

  • Opsi Tiga Titik

Opsi terakhir ialah opsi dimana Apple Music menyediakan drop down yang memungkinkan anda memilih lagu yang dimainkan selanjutnya. Dalam opsi ini juga terdapat opsi Start Station, dengan fungsi membuat stasiun radio berdasarkan album atau nomor lagu tertentu yang telah dipilih. Opsi lainnya ialah membuat offline version  dari lagu atau album yang telah diputar.

Cara Memilih Preferensi Musik Anda

Preferensi Musik Apple Music (Foto : Android Central)
Preferensi Musik Apple Music

Apple Music menyediakan fitur untuk mengenali selera musik anda. Pada awal sign up dengan Apple Music akan banyak lingkaran merah yang berfungsi untuk mengenali selera musik pengguna pertama kali.

Misalnya anda suka musik Jazz, tap pada bagian musik jazz. Jika sangat suka musik jazz bisa melakukan tap pada bagian sama untuk memperbesar volume, dan jika melakukan tap tiga kali pada aplikasi maka lingkaran tersebut akan mengecil kembali seperti semula.

Jika bukan Cuma musik jazz saja kesukaan anda, bisa diatur musik lainnya di daftar putar nanti. Lakukan tap sebanyak mungkin kemudian pilih opsi Done bila sudah selesai memilih lingkaran tadi.

Kami rasa sampai disini membahas tutorial Apple Music bagi anda pengguna Android, mudah dan menarik bukan? Tunggu apalagi selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here