Cara Mengganti Username Instagram

cara mengganti username instagram

Berencana akan mengganti Username Instagram? Jika belum tahu cara melakukannya simak tulisan ini sampai tuntas ya, akan dibahas langkah-langkahnya.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang ingin mengganti username Instagram miliknya, bisa karena merasa tidak cocok dengan username yang dibuat otomatis saat pendaftaran, terlalu panjang, atau karena tidak mau menggunakan nama asli.

Namun, sebelum membahas bagaimana cara mengganti username Instagram (IG), mari kita cari tahu ‘apa itu username Instagram?’

Apa Itu Username Instagram?

Username atau nama pengguna Instagram memiliki fungsi sebagai indentias, setiap akun Instagram memiliki username yang berbeda-beda — dua akun Instagram tidak bisa menggunakan username yang sama.

Dengan username Instagram, kita bisa melakukan pencarian profil akun, menandai akun Instagram lain pada postingan foto, video, story, ataupun komentar.

Karena username berfungsi sebagai identitas, maka kita harus membuat username Instagram yang menggambarkan tujuan akun. Apakah akun Instagram tersebut akan digunakan pribadi, bisnis atau hanya untuk lucu-lucuan saja.

Untuk itu, jika username Instagram yang saat ini tidak cocok dengan tujuan akun Instagram Anda sebaiknya segera menggantinya dengan username baru.

Cara Mengganti Username Instagram (IG)

Mengganti username Instagram bisa kita lakukan langsung lewat aplikasi Instagram dan bisa juga dilakukan lewat browser.

Cara Mengganti Nama Username IG Lewat Aplikasi

  1. Buka aplikasi Instagram dan pastikan sudah login.
  2. Pada beranda aplikasi masuk ke Menu Profil.
  3. Tekan tombol Edit Profil untuk mengganti username IG.
  4. Ketuk kolom Username untuk mengganti username IG. Silahkan ganti sesuai keinginan.
  5. Jika membuat username baru, silahkan tekan Ikon Centang di bagian atas kanan berwarna biru.
  6. Selesai, kita berhasil mengganti username Instagram.
cara mengganti username instagram

Tidak sulit bukan mengubah nama username Instagram?

Perlu diketahui bahwa kita tidak bisa menggunakan karakter unik untuk username Instagram kecuali titik dan underscore.

Silahkan pilih username yang Anda inginkan dan pastikan username tersebut belum digunakan oleh orang lain. Jika muncul keterangan ‘username Instagram tidak tersedia’ berarti username tersebut sudah ada yang menggunakan.

Cara Mengganti Nama Pengguna Instagram lewat Browser

Selain bisa diakses lewat aplikasi, Instagram juga bisa kita akses lewat browser — baik itu pada browser ponsel ataupun laptop / komputer. Dengan begitu kita juga bisa mengganti nama pengguna Instagram lewat browser.

Cara mengganti nama pengguna IG lewat browser.

  1. Buka browser dan kunjungi instagram.com.
  2. Login dengan akun Instagram Anda.
  3. Masuk ke menu Profil dengan klik foto profil.
  4. Klik tombol Edit Profil yang berada di samping nama pengguna.
  5. Selanjutnya tinggal Ganti username IG pada kolom Username.
  6. Klik tombol Submit di bagian bawah untuk menyimpan setelan.
  7. Selesai.
cara ganti username instagram

Sama halnya lewat aplikasi, mengganti nama pengguna Instagram lewat browser juga cukup mudah. Cukup beberapa langkah saja.

Tidak Bisa Mengubah Username Instagram

cara ganti nama ig keren

Tidak sedikit pengguna Instagram ada yang mengalami kesulitan saat akan mengganti username Instagram. Umumnya karena melanggar ketentuan dalam pembuatan nama pengguna Instagram.

Perlu diketahui, kita hanya bisa membuat username Instagram dengan menggunakan kombinasi huruf, angka, garis bawah dan titik saja. Selain itu tidak bisa, misalkan pakai simbol unik # atau *.

Seperti yang sudah disinggung, kita juga tidak bisa menggunakan username yang telah digunakan orang lain, biasanya akan muncul peringatan ‘Username not available’.

Untuk mengatasi tidak bisa mengubah username Instagram adalah dengan membuat username Instagram unik, misalkan dengan mengkombinasikan angka, titik atau garis bawah.

Misalkan ingin membuat username instagram unik 4 huruf saja. Misalkan pakai nama saya ‘Rio’ maka username Instagram unik yang bisa saya buat adalah ‘r.i.o______’, ‘rio______________________’ atau ‘rio123456789’.

Anda bisa membuat username Instagram unik sendiri, atau bisa juga pakai jasa saya untuk membuatkan username unik dengan biaya 50.000,-. Silahkan hubungi lewat email [email protected]

Demikian pembahasan mengenai cara mengganti username Instagram. Semoga bisa bermanfaat bagi pembacanya.

Oh iya, untuk mempercantik tampilan, kita bisa menggunakan tulisan unik di bio. Untuk jelasnya simak tulisan Cara Mengganti Font Bio Instagram.

Rio Yaqin
Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik."
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here