Cara Mengetahui Kartu Telkomsel Sudah 4G atau belum

0
Cara Mengetahui Kartu Telkomsel Sudah 4G
Contoh kartu SIM Telkomsel yang belum mendukung 4G (Kartu Anda masih 3G)

Saat ini mungkin masih banyak pengguna kartu Telkomsel yang masih belum mengetahui kartu yang digunakannya sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Nah pada artikel ini kita akan membahasnya.

Seperti yang kita tahu, kebutuhan akan internet cepat terus meningkat, salah satunya yaitu menonton video secara online dengan kualitas terbaik(misalkan HD – 4K) memerlukan internet cepat untuk memutarnya dengan lancar. Maka untuk itu, penting untuk kita tahu bahwa kartu Telkomsel yang kita gunakan saat ini sudah bisa 4G atau belum.

Apalagi saat ini jumlah pengakses internet didominasi oleh pengguna smartphone, itu sebabnya jaringan 4G sangat dibutuhkan sekali untuk mengakses berbagai konten yang ada di Internet. Apalagi kedepan akan hadir jaringan 5G, yang diperkirakan tidak akan lama lagi bisa kita nikmati.

Namun, pengguna Telkomsel yang menggunakan kartu SIM seperti simPATI baru mendukung teknologi 4G beberapa tahun belakang. Maka bisa dipastikan jika Anda menggunakan kartu SIM Telkomsel keluaran di bawah tahun 2010, SIM tersebut belum mendukung jaringan 4G LTE.

Tapi bagaimana jika Anda baru menggunakan kartu Telkomsel dalam 2-3 tahun belakang ? Pada saat itu, Telkomsel baru melakukan transisi, jadi akan banyak kartu Telkomsel yang tersebar di pasaran bercampur, antara kartu model biasa dengan kartu USIM.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah ‘apakah kita bisa mengetahui kartu SIM Telkomsel yang kita gunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum ?’ Jangan khawatir, dari pihak Telkomsel sendiri sudah menyediakan fitur atau menu yang bisa digunakan penggunannya untuk mengetahui kartu yang digunakannya sudah bisa menggunakan jaringan 4G atau belum.

Cara Mengetahui Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Jadi untuk cek nomor telkomsel sudah 4g atau belum, Anda tidak perlu capek pergi ke gerai. Karena untuk melakukan hal ini cukup mudah, bisa dilakukan langsung melalui ponsel Anda.

Cara Mengetahui Kartu Telkomsel Sudah 4G dengan Kode USSD

Caranya cukup mudah, langkah-langkahnya mirip dengan saat Anda akan melakukan panggilan. Untuk lebih mudahnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Kode Untuk Mengetahui Kartu Telkomsel Sudah 4G

  1. Masuk ke menu panggilan telepon dan masukan kode *888*47#
  2. Pilih menu Cek Kartu, masukan nomor 1 sesuai urutan menu pada kolom
  3. Kemudian pilih menu Cek 4G
  4. Selanjutnya akan muncul nofitikasi mengenenai informasi status kartu yang digunakan

Oh iya, selain menggunakan cara diatas, untuk mengetahui kartu yang digunakan saat ini sudah mendukung jaringan 4G atau belum bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Untuk melakukan cek,

Melalui Aplikasi MyTelkomsel

  1. Unduh dan pasang aplikasi MyTelkomsel malalui Google Play Store atau Apple App Store
  2. Masukan nomor dan password rahasia yang dikirim melalui SMS untuk mengakses aplikasi.
  3. Pada halaman utama akan ada simbol 4G Ready yang bisa diklik.
  4. Nanti akan masuk ke halaman yang berisikan informasi tentang kesiapan penggunakan jaringan 4G LTE, baik pada kartu SIM sampai smartphone yang digunakan.

Ada cara lain yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui kartu SIM kita sudah mendukung atau belum jaringan internet 4G/LTE yaitu,

Melalui Kartu SIM

Biasanya untuk kartu sim yang sudah mendukung jaringan internet 4G akan ada label yang menandakan bahwa kartu SIM tersebut sudah bisa menggunakan jaringan 4G. Anda tinggal mengeluarkan kartu SIM dari ponsel Anda, dan lihat dengan seksama.

Lalu Bagaimana jika Kartu SIM Telkomsel Belum 4G ?

Jika kartu SIM yang digunakan saat ini belum mendukung jaringan 4G, Anda tidak bisa upgrade kartu telkomsel ke 4g tanpa kartu upgrade. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mendatangi graPARI Telkomsel di kota terdekat untuk minta diganti dengan kartu USIM.

Kartu SIM lama Telkomsel belum mendukung 4G karena belum dilengkapi beberapa komponen untuk menangkap jaringan 4G. Jadi trik-trik mengotak atik jaringan 4G yang beredar saat ini tidak akan berdampak apa pun, karena masalah utamanya ada pada kartu SIM yang belum support dengan jaringan 4G LTE.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here