Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Kode Verifikasi

whatsapp tidak bisa kirim kode verifikasi

Pada beberapa kasus, ada pengguna WhatsApp yang tidak bisa kirim kode verifikasi. Kenapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada saat melakukan pendaftaran WhatsApp, kita akan diminta melakukan verifikasi lewat nomor ponsel, nomor kode WhatsApp nantinya akan dikirim lewat pesan SMS.

Kode WhatsApp error atau tidak bisa kirim kode verifikasi merupakan salah satu masalah yang tidak jarang muncul pada beberapa pengguna. Hal ini bisa disebabkan karena jaringan internet yang bermasalah dan aplikasi WhatsApp yang bermasalah.

Solusi gagal verifikasi nomor HP pada WhatsApp bisa diatasi dengan mudah, saat gagal kita bisa mengulanginya lagi. Meski begitu kita harus mengatasi sumber masalahnya agar bisa melakukan verifikasi dengan lancar.

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Selain WhatsApp gagal verifikasi nomor, masalah lain yang sering muncul juga adalah kode verifikasi WhatsApp tidak muncul. Kira-kira kenapa ya?

Umumnya nomor kode WhatsApp dikirim lewat pesan SMS, jadi saat kode verifikasi WhatsApp tidak muncul ada beberapa kemungkinan:

  • Salah memasukan nomor telepon.
  • Aplikasi pesan bermasalah.
  • Jaringan seluler sedang ada masalah.

Jadi pertama pastikan Anda sudah mamasukan nomor yang benar untuk verifikasi, kedua pastikan aplikasi pesan SMS tidak error dan mengaktifkan notifikasi dan yang ketiga pastikan melakukan verifikasi saat jaringan normal.

Untuk Anda yang ingin mengganti nomor WhatsApp bisa simak panduannya pada tulisan Cara Mengganti Nomor WhatsApp.

Khusus untuk aplikasi pesan yang bermasalah, saat melakukan verifikasi WhatsApp, langsung saja buka aplikasi pesan SMS, meski tidak ada notifikasi biasanya nomor kode WhatsApp sudah masuk.

Cara WhatsApp Tidak Bisa Kirim Kode Verifikasi

Setelah tidak ada masalah dengan kode verifikasi WhatsApp tidak muncul, selanjutnya kita beralih ke bagaimana mengatasi WhatsApp gagal verifikasi nomor.

Berikut adalah solusi gagal verifikasi nomor hp pada WhatsApp:

  1. Pertama, Cek Ulang Nomor yang Digunakan untuk Verifikasi.
    Pastikan nomor yang Anda gunakan sudah benar, tidak ada digit angka yang salah dan masukan nomor tanpa awalan 0.
  2. Periksa Kode Negara yang Dipilih.
    whatsapp tidak bisa verifikasi no hp
    Kode nomor telepon untuk negara Indonesia Adalah +62. Jadi pastikan sudah memilih kode negara yang benar.
  3. Pastikan Sudah Memasukan Nomor Kode WhatsApp dengan benar.
    Tidak sedikit kejadian WhatsApp gagal verifikasi nomor karena salah memasukan digit angka yang dikirim lewat pesan SMS.
  4. Pastikan Jaringan Internet Stabil.
    Kode WhatsApp error juga kadang bisa terjadi karena jaringan internet di tempat Anda sedang bermasalah. Jika jaringan internet seluler bermasalah, coba untuk beralih menggunakan koneksi WiFi.
  5. Pastikan Aplikasi WhatsApp Mendukung Ponsel Anda.
    kenapa kode verifikasi whatsapp tidak muncul
    Pada beberapa kasus, ponsel pintar dengan operasi sistem Android jadul sudah tidak mendukung aplikasi WhatsApp, contohnya OS Android 4.0.3 ke bawah sudah tidak mendukung.
  6. Lakukan Pemasangan Ulang Aplikasi WhatsApp.
    solusi gagal verifikasi nomor hp pada whatsapp
    Hal ini untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang error karena bug. Silahkan Copot / Uninstall terlebih dahulu, masuk ke Setelan > Aplikasi & notifikasi > Cari dan pilih aplikasi WhatsApp > tekan Uninstal. Selanjutnya Install ulang WhatsApp lewat Google Play.

Itulah beberapa solusi gagal verifikasi nomor HP pada WhatsApp yang bisa Anda coba. Yang terpenting adalah WhatsApp gagal verifikasi nomor bukanlah masalah, jika gagal tinggal coba lagi.

WhatsApp Masih Tidak Bisa Verifikasi No HP?

Jika setelah mengikuti beberapa tips di atas namun ternyata WhatsApp tidak bisa verifikasi no hp, maka ada kemungkinan penyebab lain yang membuat WhatsApp gagal verifikasi.

Pada beberapa kasus masalah WhatsApp tidak bisa verifikasi no hp karena ponsel tidak bisa menerima pesan SMS, hal ini bisa karena aplikasi pesan yang error atau jaringan seluler yang bermasalah.

Berikut adalah solusi gagal verifikasi nomor hp pada WhatsApp:

  • Gunakan Opsi Kirim ulang SMS.
    Jika WhatsApp gagal verifikasi jangan langsung panik, karena tersedia fitur Kirim ulang SMS untuk mengirim ulang 6 digit kode WhatsApp.
  • Menggunakan Fitur Panggil saya untuk Verifikasi.
    whatsapp gagal verifikasi nomor
    Dengan metode ini, Anda bisa mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat panggilan, lalu tinggal mengetikannya ke kolom yang tersedia.
  • Lepas Aplikasi Telepon/SMS dari Pihak Ketiga.
    Aplikasi Telepon/SMS yang tidak resmi kadang membuat proses verifikasi WhatsApp menjadi bermasalah, untuk itu segera uninstall.

Baca juga Cara Logout dari WhatsApp, untuk Anda yang ingin mengeluarkan akun WhatsApp dari aplikasi.

Demikian pembahasan mengenai solusi gagal verifikasi nomor hp pada WhatsApp. Jika setelah mengikuti beberapa tips di atas tidak membuahkan hasil, mungkin ada penyebab lain yang penulis tidak ketahui.

Semoga pembahasan WhatsApp tidak bisa kirim kode verifikasi bisa membantu dan bermanfaat.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here