Berikut 5 Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

0
Mengatasi Overheat pada Smartphone

Sobat pengguna smartphone tentunya pernah mengalami kondisi dimana smartphone terasa begitu panas ketika digenggam, hal itu disebut overheat atau panas berlebih akibat pemakaian yang terus menerus.

Tak bisa dipungkiri memang sangat susah untuk terlepas dari gadget, namun ada kalanya sobat harus mengistirahatkannya sejenak agar tidak terjadi kerusakan berlanjut.

Untuk mencegah kondisi overheat Saung net akan memberikan beberapa tips sederhana berikut ini :

1. Turunkan tingkat kecerahan layar

Turunkan kecerahan Layar
Turunkan kecerahan Layar

Mungkin hal ini terbilang hal sepele, namun tahukah sobat bahwa tingkat kecerahan layar sangat mempengaruhi suhu smartphone. Semakin terang Layar pada smartphone maka semakin cepat pula menguras daya baterai.         Maka dari itu alangkah baiknya jika sobat sedikit menurunkan tingkat kecerahannya untuk menanggulangi overheat juga membuat baterai tetap awet.

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Hindari paparan sinar matahari secara langsung
Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Ketika sobat sedang beraktivitas di luar ruangan, usahakan smartphone sobat untuk tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Karena smartphone sangat rentan terhadap cuaca panas dan secara otomatis akan mati ketika suhu internal mencapai titik tertentu.

3. Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Tutup aplikasi yang tidak dipakai
Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Membuka aplikasi secara bersamaan akan menguras baterai. Semakin smartphone sobat bekerja keras, maka semakin mudah smartphone mengalami overheat. Jadi, ketika beberapa aplikasi sudah tidak digunakan lebih baik ditutup saja.

4. Istirahatkan sejenak

Istirahatkan sejenak smartphone sobat
Istirahatkan sejenak smartphone sobat

Hentikan aktivitas menggunakan smartphone sejenak agar suhu smartphone sobat kembali dingin. Hal ini mungkin terdengar sepele pula, namun sebenarnya hal ini sangatlah penting. Diibaratkan seperti otot manusia, jika dipakai terus tanpa henti maka lama kelamaan akan drop begitu pula smartphone.

5. Lepaskan Casing

Lepaskan casing jika terjadi overheat
Lepaskan casing jika terjadi overheat

Tahukah sobat bahwa casing smartphone terkadang menahan suhu panas. Jadi saung net menyarankan ketika smartphone mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya hingga suhu normal kembali.

Baca Juga :  Perbedaan jenis Game Full Version, Beta, Rip, Repack dll

Semoga artikel diatas bisa membatu dalam mengatasi smartphone yang cepat panas. Jika dirasa bermanfaat kamu bisa me-refensikan artikel ini kepada teman kamu yang memiliki masalah yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here