5 Cara Mengatasi Fingerprint Error Xiaomi

Cara Mengatasi Fingerprint Error Xiaomi

Kemajuan teknologi memang semakin hari kian tak terbendung. Beragam fitur pun disematkan pada gadget canggih seperti smartphone. Bahkan saat ini tren terbaru yang mulai menyasar pengguna berupa fingerprint pun merebak. Salah satu ponsel dengan merk Xiaomi misalnya yang turut menerapkannya.

Sidik jari pada smartphone makin banyak digunakan penggunanya. Tapi sayangnya, meskipun sedemikian canggih, masih banyak pemakai HP Xiaomi yang mengeluh. Ada masalah yang sering dialami terkait fingerprint pada Xiaomi. Kondisi eror akhirnya bisa membuat fingerprint tak dapat digunakan.

Penyebab Fingerprint Xiaomi Error

FingerprintĀ atau sensor sidik jari sangat berguna untuk menjaga privasi, oleh karena itu sangat penting merawatnya agar tidak rusak, karena jika sampai rusak, maka akan sulit memperbaikinya.

Umumnya fitur sensor sidik jari ini bisa error disebabkan karena beberapa hal seperti pada bagian fingerprint tergores benda lain, mendaftar sidik jari dalam keadaan basah atau kotor, terlalu berlebihan mendaftarkan sidik jari, sistemĀ fingerprint mengalami error dan lainnya.

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error

Masalah fingerprint Xiaomi eror ini tentu akan membuat pengguna merasa bingung hingga kesal. Hanya saja, hal itu tak lagi jadi hal mengkhawatirkan lagi. Sebab ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya.

1. Restart HP Xiaomi

Hal ini mungkinterdengar klise, namun memiliki manfaat banget untuk gadget. Saat mengalami masalah eror pada fingerprint Xiaomi, maka bisa atasi dengan me-restart HP tersebut. tujuannya tak lain untuk refresh kinerja dan sistem dari Android tersebut.

2. Bersihkan Jari Tangan

Perlu diketahui, fitur canggih bernama fingerprint ini sangatlah sensitif. Sensornya akan sangat terpengaruh banyak hal saat membaca sidik jari kamu. Jika sidik jari kamu saja kotor, bisa jadi akan sangat berpengaruh pada kemampuan sensor saat membacanya. Maka dari itu, bisa jadi eror ini terjadi pada fingerprint HP Xiaomi.

Pastikan jari-jari tanganmu dalam keadaan bersih. Karena bekas minyak, debu atau kotoran yang menempel pada tangan akan sangat berpengaruh. Makanya, cuci tanganmu dengan sabun sampai bersih sebelum memegang HP Xiaomi.

Perlu kamu tahu juga, selain faktor kebersihan jari tanganmu, kondisi sensor fingerprint juga harus bersih saat digunakan. Bagian ini bisa kamu bersihkan dengan kain halus atau tisu.

3. Upgrade ROM MIUI ke Versi Teranyar

Pihak pengembang dari ponsel satu ini sengaja membuat versi ROM MIUI tentu ada sebabnya. Pengguna akan dapat menikmati fitur baru dan juga meminimalisr bugs pada Xiaomi. Nah, dengan lakukan upgrade, bisa jadi satu solusi mengatasi fingerprint eror Xiaomi milikmu. Bisa saja kan, masalah itu terjadi karena kesengajaan yang kamu lakukan.

4. Flash ROM ke ROM Resmi Global Stable

Masih gagal mengatasi fingerprint Xiaomi eror meski sudah terapkan tiga cara di atas? Kamu bisa kembalikan ROM Xiaomi ke ROM resmi. Pasalnya ROM distributor memiliki banyak minus, sehingga akan memberi masalah pada ponsel keluaran Xiaomi punyamu itu. Dengan flash ke ROM resmi Global Stable, diharapkan akan bantu menyelesaikan fingerprint Xiaomi yang tak berfungsi.

5. Bawa HP ke Servis Center Xiaomi

Bila fingerprint Xiaomi masih saja eror setelah kamu terapkan empat cara yang sudah diuraikan di atas, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membawanya ke servis center Xiaomi terdekat. Dengan begitu, masalah yang terjadi pada HP Xiaomi-mu akan bisa dideteksi oleh mereka yang ahli dan segera diperbaiki.

Datang ke servis center, kamu tak perlu khawatir soal biaya. Pastinya untuk memperbaiki fingerprint Xiaomi error ini tentu tak akan lebih mahal dari penggantian spare part pada ponsel ini. Jadi segera saja bawa Xiaomi kamu ke tangan ahli jika cara-cara simple sudah tak mempan mengatasi masalah HP-mu.

Semoga saja uraian pada artikel ini bisa memberi solusi terbaik untuk error yang terjadi pada fingerprint Xiaomi.

Yanita Nurhasanah
Seseorang yang masih terus belajar dan mengasah kemampuan menulis.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here