Sering Bingung Lihat Jumlah Kuotamu? Berikut Cara Membaca Kuota Internet

0
Cara Membaca Kuota Internet
Cara membaca kuota internet via nghenhinvietnam.vn

Internet saat ini bukan satu hal yang aneh di masyarakat modern. Apalagi jaringan satu ini makin hari jadi begitu dibutuhkan. Seolah bila tiada internet, orang akan kebingungan lantaran jadi salah satu penunjang berbagai hal.

Bisa jadi sangat dibutuhkan sebagai penunjang pekerjaan, jual beli, serta komunikasi yang mengharuskan menggunakan sambungan internet. Apalagi sekarang ini budaya offline berubah jadi sistem online di berbagai ranah kehidupan yang kian merata.

Cara Membaca Kuota Internet

Dengan adanya kebutuhan internet, maka sudah pasti banyak orang akan membutuhkan yang namanya kuota internet untuk bisa mendapatkan akses online tersebut. Meski kini juga makin banyak sambungan internet melalui Wi-Fi, tapi tetap saja per orangan akan membutuhkan namanya kuota internet untuk kebutuhan pribadi.

Apalagi saat ini sudah semua operator selaku pengembang menyediakan aneka pilihan kuota internet kepada para pelanggan. Semua dipromosikan dengan harga dan jumlah kuota yang pastinya akan menarik minat para pelanggan masing-masing operator.

Akan tetapi hal ini tak diimbangi dengan pengetahuan para penggunanya menyoal internet, terlebih soal kuota yang biasanya akan tertulis dengan satuan-satuan yang mungkin banyak tak diketahui maksudnya. Sebut saja istilah-istilah yang digunakan para penyedia layanan internet seperti GB, MB, dan lain sebagainya.

Tentu banyak dari kamu juga tak mengetahui makna atau cara membacanya bukan? Sehingga tak mengherankan bila banyak dari pengguna yang tak mengerti pada akhirnya akan mengeluh kenapa kuota internet sudah habis padahal baru beli, kenapa koneksi putus, kenapa lemot dan berbagai hal lainnya. Tentu ini karena tak tahunya pengguna cara membaca kuota internet yang dimiliki.

Daftar Rincian Konversi Satuan Kuota Internet

Sama halnya dengan kecepatan internet, kuota internet memakai satuan bit serta byte yang dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi bita. Keduanya menjadi satuan yang umum dipakai guna mengukur data dalam komputasi.

Bit atau biasa dituliskan dengan aksara b kecil ini merupakan singkatan dari binary digit (digit biner). Bit ini jadi terkecil dari data komputasi. Sementara Bita yang umumnya ditulis dengan aksara B, merupakan kumpulan dari 8 bit yang mana menunjukkan bahwa satuan Bita ini lebih besar dari bit.

Perhitungan pada computer berbeda dengan apa yang ada pada ilmu matematika. Sehingga Bita dan bit pada komputasi akan memiliki konversi berbeda dari model pemakaian tingkatan ilmu matematis. Semisal pada matematika 1Kg sama artinya dengan 1000 gram, lain halnya dengan satuan computer yang mengartikan 1 KB setara dengan 1024 B.

Dikarenakan sistem komputasi menggunakan bilangan biner, maka konversi satuannya mempunyai kelipatan 2n x 10. Sebagai contoh, 1 KB akan sama artinya dengan 2 pangkat 1 dikalikan 10 B. sehingga akan dihasilkan 1024 B. Contoh ini masih membuat bingung? Tenang, sebaiknya baca daftar konversi satuan data internet pada sistem komputasi yang telah terperinci berikut ini.

  • 1 YB (Yottabyte) = 1024 ZB
  • 1 ZB (Zettabyte) = 1024 EB
  • 1 EB (Eksabyte) = 1024 PB
  • 1 PB (Petabyte) = 1024 TB
  • 1 TB (Terabyte) = 1024 GB
  • 1 GB (Gigabyte) = 1024 MB
  • 1 MB (Megabyte) = 1024 KB
  • 1 KB (Kilobyte) = 1024 B

Deretan daftar konversi ini mungkin akan bisa membantu bagi semua pengguna kuota internet yang selama ini masih buta dengan perhitungan sistem konversi satuan komputasi. Pemakaian satuan data ini tidak hanya berlaku pada kuota internet, tetapi juga bagi memori penyimpanan, speed akses internet, serta hal lain yang masih berkaitan dengan sistem komputasi. Semoga bisa membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here