Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

cara melihat pesan whatsapp yang dihapus

Ingin melihat pesan WhatsApp yang dihapus pengirim? Jika Anda sering penasaran dengan isi pesan WA yang dihapus, simak pembahasan cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus pada artikel ini!

Fitur Unsend atau lebih dikenal dengan fitur Delete for everyone (Hapus untuk semua orang) ini memiliki fungsi untuk menghapus atau menarik chat WhatsApp yang telah dikirim.

Fitur ini hadir di WhatsApp sudah sejak 2017 silam dan cukup membantu pengirim chat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya pada saat salah mengirim chat.

Meski begitu, tidak jarang kita sebagai penerima pesan sering penasaran dengan isi pesan yang dihapus pengirim. “Kok dihapus, kira-kira kirim pesan apa ya?”.

Nah, agar kita tidak penasaran dengan pesan WhatsApp yang dihapus pengirim, kita bisa gunakan cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di bawah ini.

Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Dihapus

Perlu diketahui sejauh penelurusan pihak Saung Network, nampaknya untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus akan sulit dilakukan tanpa aplikasi pihak ketiga.

Jadi cara membaca pesan WhatsApp yang sudah dihapus yang akan dipraktikan pada tutorial kali ini menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang dirancang khusus untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Recent Notification

cara melihat pesan yang dihapus di wa

Aplikasi untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus pertama adalah Recent Notification. Aplikasi ini fitur yang bisa digunakan untuk melihat chat WhatsApp yang dihapus oleh pengirim.

Silahkan unduh dan install aplikasi Recent Notification di Google Play.

Dan berikut adalah langkah-langkah melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus:

  1. Pertama, instal aplikasi Recent Notification lewat Google Play.
  2. Buka aplikasinya, tekan tombol Get Started pada beranda.
  3. Selanjutnya beri akses aplikasi untuk menyimpan semua notifikasi dari aplikasi yang ada di ponsel. Tekan Continue.
  4. Pada laman Akses notifikasi, tekan tombol Beralih pada aplikasi Recent Notification, lalu tekan lagi Izinkan untuk konfirmasi.
  5. Selesai, selanjutnya aplikasi akan merekam semua notifikasi aplikasi, termasuk WhatsApp.
  6. Untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, tinggal buka aplikasi Recent Notification.
cara melihat pesan yang dihapus di whatsapp

Aplikasi Recent Notification akan merekam semua notifikasi aplikasi, termasuk dari aplikasi WhatsApp. Jadi, meski chat WhatsApp yang masuk telah dihapus oleh pengirim tetap akan tampil pada aplikasi ini.

Aplikasi WhatsApp sering error? Pastikan sudah menggunakan versi terbaru, berikut Cara Memperbarui WhatsApp.

Notification History Log

cara membaca kembali pesan yang dihapus pada whatsapp

Aplikasi untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus berikutnya yang bisa kita gunakan adalah Notification History Log. Aplikasi ini memiliki menyimpan notifikasi dari berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp.

Dengan aplikasi ini memudah kita membaca pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Aplikasi Notification History Log ini bisa kita unduh lewat Google Play.

Untuk belum tahu cara melihat pesan yang dihapus menggunakan aplikasi Notification History Log, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, Install aplikasi Notification History Log lewat Google Play lewat tautan di atas.
  2. Buka aplikasinya, pilih Bahasa yang akan digunakan dan tekan Terus di bagian bawah.
  3. Baca Ketentuan Penggunaan dan Privasi. Lalu Beri Centang pada “Saya membaca, memahami, dan menyetujui…” dan tekan tombol Setuju dan Lanjutkan.
  4. Pada laman selanjutnya tekan ikon tanda arah panah kanan → untuk melanjutkan.
  5. Berikutnya kita akan diminta untuk mengaktifkan izin aplikasi merekam notifikasi. Tekan tombol Aktifkan Izin.
  6. Pada laman Akses notifikasi, tekan tombol Beralih pada aplikasi Log Riwayat Pemberitahuan, lalu tekan lagi Izinkan untuk konfirmasi.
  7. Setelah itu kembali ke aplikasinya, tekan Terus dan Memungkinkan. Aplikasi ini juga akan meminta izin mengakses foto, media… Tekan Izinkan.
cara mengembalikan pesan whatsapp yang sudah dihapus

Setelah memberikan izin aplikasi mengakses notifikasi aplikasi, setiap ada pesan atau chat WhatsApp yang dihapus oleh pengirim akan ada notifikasi dari aplikasi Notification History Log.

Akan muncul notifikasi “Nomor/ Nama telah menghapus pesan” dan untuk membaca kembali pesan yang dihapus pada WhatsApp bisa dengan cara menekan notifikasi tersebut.

Maka kita bisa melihat pesan yang dihapus di WhatsApp, tampilannya seperti pada gambar berikut.

cara membaca pesan whatsapp yang sudah dihapus

Baca juga pembahasan menarik tentang Cara Menyadap WhatsApp.

WhatsRemoved+

cara membaca pesan whatsapp yang dihapus

Dari namanya saja kita sudah bisa tahu fungsi dari aplikasi WhatsRemoved+ ini. Aplikasi untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus ini cukup populer digunakan.

Berikut adalah cara melihat pesan yang dihapus di Whatsapp dengan WhatsRemoved+:

  1. Pertama, Instal aplikasi WhatsRemoved+ lewat Google Play.
  2. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasinya. Tekan tombol Accept dan Yes untuk melanjutkan.
  3. Pada laman Akses notifikasi, tekan tombol Beralih pada aplikasi WhatsRemoved+, lalu tekan lagi Izinkan untuk konfirmasi.
  4. Kembali ke aplikasinya, pilih aplikasi yang ingin kita rekam. Beri centang pada aplikasi WhatsApp dan tekan Next.
  5. Pada laman berikutnya hanya opsional, tapi disarankan untuk pilih Yes. Save Files dan tekan Izinkan.
  6. Selanjutnya aplikasi akan merekam semua notifikasi aplikasi WhatsApp, termasuk saat ada pesan yang dihapus pengirim.
cara melihat pesan whatsapp yang terhapus

Saat ada pesan WhatsApp masuk dengan keterangan “Pesan ini telah dihapus” maka untuk membaca kembali pesan yang dihapus pada WhatsApp tinggal buka aplikasi WhatsRemoved+.

cara melihat pesan wa yang dihapus

Nantinya kita bisa melihat pesan yang dihapus di WhatsApp, akan tampil pesan asli sebelum dihapus oleh pengirimnya.

Ingin membuat link WhatsApp agar mudah dibagikan ke media sosial? Simak pembahasannya pada tulisan Cara Membuat Link WhatsApp.

Auto RDM

cara melihat pesan wa yang sudah dihapus

Fungsi dari aplikasi Auto RDM sama seperti aplikasi sebelumnya yaitu untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Namun tidak sedikit yang masih belum tahu cara menggunakannya.

Cara membaca kembali pesan yang dihapus pada WhatsApp menggunakan aplikasi Auto RDM:

  1. Pertama, Instal aplikasi Auto RDM lewat Google Play.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasinya. Baca disclaimer aplikasi, lalu tekan ikon tanda arah panah kanan → di sebelah kanan bawah.
  3. Pada bagian Select applications from the list, pilih aplikasi WhatsApp dengan memberi centang. Lalu tekan ikon tanda arah panah kanan → untuk melajutkan.
  4. Berikutnya berikan aplikasi untuk mengakses Storage, tekan Allow dan Izinkan.
  5. Berikan izin aplikasi mengakses Notification, tekan Allow dan pada laman Akses notifikasi, tekan tombol Beralih pada aplikasi Auto RDM, lalu tekan lagi Izinkan.
  6. Juga berikan izin pada Power Optimisation. Tekan Allow > Allow.
  7. Lalu tekan ikon Centang untuk menyimpan setelan. Selesai.
cara melihat pesan whatsapp yg dihapus

Untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, pada beranda aplikasi tekan tombol Apps di pojok kanan atas berawarna hijau, pilih aplikasi Whatsapp. Nantinya akan tampil isi pesan yang dihapus pengirim.

cara melihat pesan whatsapp yang sudah dihapus tanpa aplikasi

Sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus lainnya tapi keempat aplikasi diatas merupakan yang paling direkomendasikan berdasarkan testimoni para penggunannya.

Saya pribadi lebih cocok menggunakan aplikasi Notification History Log, karena saat ada pesan yang dihapus oleh pengirim akan ada notifikasi dan pesan yang dihapus bisa dilihat dengan mudah.

Demikian pembahasan mengenai cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Jadi pastikan memasang salah satu aplikasi di atas agar tidak penasaran dengan isi pesan WhatsApp yang dihapus.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here