Cara dan Syarat Refund Game di Steam

Steam refund merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Steam pada tahun 2015. Dengan kebijakan ini, pengguna Steam bisa mengembalikan game yang dibelinya dan mendapatkan kembali uangnya secara full. Baca selengkapnya >>

0
Cara dan Syarat Refund Game di Steam

Pernah menyesal membeli sebuah game di Steam? Misalkan game yang Anda beli tidak sesuai dengan ekspetasi, atau merasa tidak cocok dengan game-nya. Tenang, Steam memiliki kebijakan yang memungkinkan Anda melakukan refund atas game yang telah dibeli.

Namun akan berbeda, jika game yang dibeli dalam bentuk fisik, Anda tidak bisa melakukan refund, meski itu game baru. Beda halnya jika dilakukan melelui situs Steam, asal sesuai dengan ketentuan dan persyaratan dari Steam, Anda bisa melakukan pengembalian game dengan berbagai alasan.

Lalu persyatannya seperti apa yang ditetapkan oleh Steam? Bagaimana cara refund dari Steam ? Penasaran? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa membaca artikel Cara dan Syarat Refund Game di Steam ini sampai tuntas!

Syarat Refund Game dari Steam

Untuk melakukan proses refund ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Anda bisa mengajukan refund untuk semua jenis game, namun Anda baru bisa mendapatkan uang Anda kembali dalam kasus tertentu saja.

Syarat pertama adalah mengenai jangka wantu Anda membeli game yang akan di refund. Anda hanya bisa melakukan refund game, jika game yang Anda beli maksimal baru berselang 14 hari atau dua minggu. Jika game yang dibeli kurang dari 14 hari, maka Anda masih memiliki peluang besar mendapatkan uang pengembalian game tersebut.

Syarat lainnya yang jadi penentu pengajuan refund Anda diterima oleh pihak Steam adalah game tidak boleh dimainkan lebih dari dua jam. Contohnya, Anda akan mengembalikan game dan meminta proses refund di hari ke dua, namun Anda sudah memainkan game tersebut selama 3-4 jamn, maka bisa dipastikan permohonan refund game Anda akan ditolak pihak Steam.

Inti dari pernyatanya untuk melakukan refund game Steam adalah game baru dibeli kurang dari 2 minggu dan baru dimainkan kurang dari 2 jam.

Untuk DLC juga menggunakan aturan yang sama. Apabila Anda memainkan game yang dibeli kurang dari 2 jam, maka DLC tersebut bisa dikembalikan melalui pengajuan refund.

Sama halnya untuk In game purchase atau pembelian item dalam game, berlaku juga aturan ini, asalkan item yang dibeli belum digunakan, dimodifikasi, atau ditransfer. Proses ini khusus berlaku untuk game buatan Valve.

In game purchase atau pembelian item dalam game juga berlaku dalam proses ini, asalkan item tersebut belum digunakan, dimodifikasi, atau ditransfer. Proses ini hanya berlaku untuk game bikinan Valve.

Lalu Bagaimana cara Meminta Refund ke Steam?

Ketika Anda kurang sreg dengan game yang baru dibeli, dan memenuhi syarat untuk melakukan pengajuan refund ke Steam, maka baca cara mengembalikan game dan meminta refund Steam berikut.

Perlu diingat, proses ini hanya akan berhasil, jika game yang Anda beli kurang dari 14 hari sejak pembelian dan belum dimainkan lebih dari 2 jam. Jika persyatannya sudah terpenuhi, maka proses pengajuan refund tidak akan sulit.

Bagaimana cara Meminta Refund ke Steam?

  1. Pertama Anda harus melakukan Log in ke akun Steam melalui PC. Namun Anda harus melakukannya melalui browser, bukan melalui client Steam.
  2. Selajutnya klik tab Support pada bagian atas windows.
  3. Tinggal cari dan klik judul game yang ingin Anda refund di “Recent Purchases”.
  4. Selanjutnya klik  “I would like a refund”, Jika game tersebut belum Anda mainkan selama 2 jam.
  5. Namun jika Anda sudah memaikan game tersebut lebih dari 2 jam, Anda bisa klik “it’s not what I expected”, dan klik “I’d like to request a refund”. Sebetulnya meski game sudah dimainkan lebih dari 2 jam. Anda masih bisa meminta refund, namun Anda harus memiliki alasan yang jelas dan masuk akal.
  6. Langkah selanjutnya tinggal ketik alasan kenapa Anda melakukan refund pada kolom “tell us why”.
  7. Dan klik “Submit Request”.

Terus kapan Anda akan Mendapatkan Refund?

Saat pengajuan refund Anda disetujui, selanjutnya Anda akan mendapatkan konfirmasi dari Steam melalui email. Biasanya proses refund akan memakan waktu sampai 7 hari,

Uang refund akan dikirim sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan saat membeli game. Jadi ketika Anda membeli Game menggunakan kartu kredit, maka dana akan dikembalikan ke kartu kredit.

Namun, jika Anda menggunakan kredit Steam, atau pada saat Stean tidak bisa melakukan pengembalian uang dengan metode pembayaran yang Anda gunakan. Maka uang akan dikembalikan melalui Steam Wallet.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here