Cara Cepat dan Mudah dalam mempelajari Bahasa Inggris

0
mempelajari Bahasa Inggris by english eagetutor.com
mempelajari Bahasa Inggris by english eagetutor.com

Di Jaman yang serba maju seperti sekarang ini, Bahasa Inggris sangatlah wajib untuk dikuasai setiap orang karena memang sudah menjadi Bahasa Internasional. Tahukah sobat bahwa di dunia ini ada sekitar 400 Juta orang yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pokok, serta 2 Milyar orang mempelajarinya sebagai bahasa kedua. Pesatnya arus globalisasi memaksa kita untuk mempelajari bahasa yang satu ini, karena memang berguna entah itu dalam bidang bisnis, sosial, dan lain lain.

Untuk sobat yang masih amatir dan sedang dalam tahap belajar tidak usah bingung ya. Disini saung net akan membagikan Tips mudah agar sobat cepat dalam menguasai bahasa asing yang satu ini, Apa saja tipsnya ? cek dibawah sob :

1. Mendengarkan Lagu berbahasa Inggris

Dengerin Musik Berbahasa Inggris By Psychologies.co.uk
Dengerin Musik Berbahasa Inggris By Psychologies.co.uk

Jika ditanya hal apa saja yang tidak bisa lepas dari umat manusia di jaman ini ? ya tentu saja salah satunya musik. Saung net yakin setiap gadget yang sobat pakai menyimpan berbagai macam musik dan bermacam genre. Jika sobat saat ini masih suka mendengarkan musik musik lokal saja, cobalah untuk menambah List musik sobat dengan musik yang berbahasa Inggris.

Tahap awal sobat harus teliti dulu dalam memilih genre, jangan sampai yang ditambahkan adalah genre black metal atau sejenis underground. Kenapa ? karena liriknya sangat sulit untuk didengar dan dimengerti seorang awam sob. Cobalah mendengarkan jenis musik melow seperti Christina Perry, Celine Dion, Owl City, Adele dll. Karena Lirik dari lagu-lagu mereka sangat mudah untuk diingat dan dipahami.

2. Menonton Film berbahasa Inggris

Nonton Film Berbahasa Inggris cheatsheet.com
Nonton Film Berbahasa Inggris cheatsheet.com

Cobalah untuk menonton Film berbahasa Inggris, selain untuk belajar juga bisa sebagai media refreshing otak sob. Film berbahasa Inggris dapat membuat telinga sobat lebih peka terhadap setiap kata dan menambah pengetahuan kosa kata dalam bahasa Inggris. Sobat juga dapat belajar bagaimana mereka berkomunikasi, serta ekspresi yang keluar dalam setiap ucapan dan kejadian.

Baca Juga :  Install Sekarang iOS 12 !, Tanpa Nunggu Update

Jika sobat sudah berada dalam tahap lanjut, cobalah untuk menonton filmya tanpa menggunakan subtitle. Agar pikiran sobat menerka-nerka apa sih yang diucapkan tokoh dalam film tersebut. Rasa penasaran tersebut akan membuat sobat mencari arti dari setiap perkataan dalam film tersebut dan otomatis menambah skill sobat dalam berbahasa inggris.

3. Jadikan sebagai Kebiasaan

Jadikan kebiasaan mengobrol bersama teman By huffpost.com
Jadikan kebiasaan mengobrol bersama teman By huffpost.com

Pasti sobat bingung, maksudnya gimana ? Gini lho sob, jika sobat setiap hari menggunakan bahasa Inggris maka lama-lama sobat akan terbiasa dan menjadikan hal ini mengalir begitu saja. Cobalah untuk membuat jadwal hari wajib berbahasa Inggris dilingkungan sobat. Contohnya jika sobat tinggal di sebuah kosan bersama teman, maka ajak mereka untuk berbahasa Inggris di hari hari tertentu.

Kesan pertama pastinya akan awkward ya sob, tapi lama kelamaan pasti terbiasa kok. Intinya jangan pernah mempermasalahkan kesalahan kata atau kalimat yang diucapkan. Yang terpenting adalah sobat mengerti apa yang teman sobat maksud, dan teman sobatpun paham pada setiap perkataan sobat. Ingat jangan dulu bawa bawa grammar ya, yang penting bisa aja dulu.

4. Berlatih Terus menerus

Jangan Menyerah dan terus berusaha By Homernievera.com
Jangan Menyerah dan terus berusaha By Homernievera.com

Jangan sampai sobat berhenti dan menyerah ditengah jalan ya. Teruslah berlatih tanpa ada kata menyerah, jika sobat tekun maka hal apapun dapat terwujud sob. Begitupun dengan belajar bahasa Inggris, teruslah asah kemampuan sobat hingga sobat merasa cukup dan bisa.

Jika sobat merasa sudah bosan belajar di lingkungan itu saja dan kurang ada perubahan, cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat yang biasa dikunjungi turis asing. Tujuan utamanya bukan sekedar foto-foto ataupun liburan ya sob. Namun untuk berkomunikasi dengan mereka, hal ini bisa membuat kekakuan hilang dan menambah pengalaman sobat.

Baca Juga :  Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Autoplay Video Facebook

5. Membaca dan Menulis Bahasa Inggris

Membaca dan Menulis menggunakan Bahasa Inggris By Statnews.com
Membaca dan Menulis menggunakan Bahasa Inggris By Statnews.com

Kebanyakan orang pastinya suka menulis, entah itu menulis sajak, essai ataupun Diary. Nah kali ini cobalah menulis semuanya dalam bahasa Inggris. Buatlah beberapa puisi dalam bahasa Inggris, lalu upload di sosial media atau tunjukkan pada teman dan lihatlah reaksi mereka. Jika sobat sering menulis dalam bahasa Inggris maka lama-lama hal ini akan menjadi hal yang biasa bagi sobat.

Begitupun dengan membaca, Carilah Novel atau komik yang berbahasa Inggris. Jika di daerah sobat tidak ada yang jual, carilah di internet. Banyak kok website yang menyediakan e-book atau sekedar quotes dan komik bahasa Inggris.

Gimana Sobat, Tertarik untuk mencoba 5 poin diatas ? Sangat simple lho, karena memang semuanya bisa dilakukan seperti biasa tanpa belajar dengan formal. Semoga artikel ini bermanfaat, Good Luck !

 

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here