Cara Cek Kuota Telkomsel

0
cara cek kuota telkomsel

Menggunakan paket data Telkomsel, namun masih belum tahu cara cek kuota Telkomsel? Perlu diketahui cara mengecek kuota Telkomsel baik itu pada kartu simPATI, KARTU As, Loop, ataupun kartuHalo hampir sama caranya.

Telkomsel sebagai salah satu operator telekomunikasi seluler Indonesia dengan jangkauan sinyal yang luas dan secara bertahap jaringan 4G Telkomsel sudah sampai ke berbagai pelosok memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak dibandingkan provider lain.

Seperti yang kita tahu bahwa kini internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari. Bahkan setiap orang pasti memiliki pengeluaran khusus setiap bulannya untuk membeli paket intenet, khususnya anak muda zaman now.

Nah, supaya bisa menghemat dan memantau penggunaan data maka kita perlu melakukan cek kuota Telkomsel secara berkala, supaya tidak habis sebelum tanggal gajian.

cara mengecek kuota simpati

Selain itu, ketika kuota internet habis kita akan mengakses internet dengan tarif non paket, artinya pulsa kita akan terpotong. Mengakses internet tanpa paket hanya boleh dilakukan oleh para sultan, kita sebagai masyarakat jelata tidak boleh melakukan itu, karena PEMBOROSAN.

Ada beberapa cara cek kuota yang bisa dilakukan pengguna kartu Telkomsel, yaitu bisa lewat kode cek kuota, SMS dan aplikasi MyTelkomsel. Namun, cara cek kuota Telkomsel terbaru dan banyak digunakan sekarang adalah via aplikasi karena lebih praktis.

Berikut pembahasannya:

1. Dial Phone

Cara cek kuota Telkomsel lewat dial phone bisa kita gunakan tanpa perlu akses internet dan layanan ini bebas biaya alias gratis. Untuk melakukannya kita hanya perlu mengetikan kode cek kuota Telkomsel *888#.

Jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

cara cek kuota simpati
  1. Jalankan menu Panggilan, ketikan *888# dan tekan tombol Panggil/ Call/ Yes/ Ok.
  2. Akan muncul layar berisi promo dan beberapa menu. Pilih 3. Cek Pulsa dan Kuota dengan cara mengetikan angka 3 dan tekan tombol Kirimkan.
  3. Ketikan 3 untuk memilih menu Cek kuota.
  4. Ketikan 2 untuk Cek kuota internet.
  5. Tunggu beberapa saat sampai ada SMS masuk dari operator berisi informasi sisa kuota internet.
cara cek paketan telkomsel

Cara cek paket Telkomsel yang lebih singkat juga bisa dengan mengetikan kode USSD *888*3*3*2#.

Belum tahu cara kirim pulsa Telkomsel ke teman? Pembahasannya ditulis secara terpisah pada artikel Cara Transfer Pulsa Telkomsel.

2. Via SMS

Cek paket Telkomsel juga bisa dilakukan lewat SMS. Sama halnya dengan cara pertama, pengguna bisa mengecek sisa kuota tanpa akses internet dan tentunya bebas biaya.

Buka menu Pesan/ SMS lalu ketikan UL(spasi)INFO lalu kirim ke nomor 3636. Tunggu beberapa saat maka ada balasan pesan dari operator mengenai informasi sisa kuota internet pada kartu Telkomsel kita.

cara mengecek data telkomsel

Selain menggunakan format SMS di atas, bisa juga menggunakan format SMS Flash(spasi)INFO(spasi)V2, dan dikirim ke nomor 3636 juga.

3. Aplikasi MyTelkomsel

my telkomsel cek kuota

Cara cek kuota Telkomsel juga bisa dilakukan lewat aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi yang dibuat Tsel untuk memudahkan penggunanya mengakses semua layanan dan produknya lewat smartphone.

Selain untuk mengecek sisa kuota internet, aplikasi MyTelkomsel juga bisa digunakan untuk isi pulsa atau bayar tagihan, memilih dan membeli paket, cek dan tukar poin.

Perlu diketahui, bahwa cara cek kuota Telkomsel terbaru dan banyak digunakan saat ini adalah lewat aplikasi MyTelkomsel. Jadi sebaiknya segera pasang aplikasi ini lewat Google Play atau App Store sekarang juga.

Untuk yang pertama kali menggunakan aplikasi MyTelkomsel bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pasang aplikasi MyTelkomsel,
  2. Jalankan dan Login dengan nomor TSel kita.
  3. Setelah berhasil masuk, akan dialihkan ke beranda aplikasi.
  4. Maka akan dijumpai beberapa informasi terkait kartu Telkomsel yang kita gunakan termasuk sisa kuota internet.
cara cek kuota telkomsel terbaru

4. Website Telkomsel

Ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk cek paket Telkomsel. Yaitu lewat website Telkomsel. Menu dan fitur yang ada pada website MyTelkomsel tidak jauh berbeda dengan versi aplikasi, selain bisa digunakan untuk cek kuota internet Telkomsel, juga bisa untuk melakukan hal lain seperi beli pulsa atau paket.

Caranya:

cek kuota internet tsel
  1. Buka peramban dan kunjungi my.telkomsel.com menggunakan jaringan internet dari kartu Telkomsel kita.
  2. Lakukan Login menggunakan nomor Tsel kita, dan lakukan verifikasi lewat tautan yang dikirim lewat SMS. Atau juga bisa dengan akun Facebook dan Twitter.
  3. Setelah berhasil Login, maka bisa dijumpai informasi terkait kartu yang kita gunakan, termasuk jumlah kuota internet dan masa aktifnya.

Selain itu cara mengecek data Telkomsel juga bisa kita lakukan dengan cara menelpon CS Telkomsel lewat nomor Call Center Telkomsel atau lewat email cs@telkomsel.co.id, tapi akan memakan waktu lebih lama dan tidak praktis.

Bagaimana?

Silahkan pilih salah satunya dari beberapa cara cek kuota Telkomsel di atas. Jika ada pertanyaan seputar pembahasan kali ini bisa disampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan paket internet Telkomsel?

Paket internet Telkomsel adalah layanan internet berbasis volume yang bisa digunakan lewat jaringan Telkomsel dengan banyak pilihan jumlah kuota (simPATI, KARTU As, Loop, dan kartuHalo). Pengguna bisa berlangganan atau hanya sekali beli.

Siapa saja yang dapat mengaktivasi paket internet?

Semua pelanggan Telkomsel baik yang menggunakan kartu prabayar dan pascabayar (simPATI, KARTU As, Loop, dan kartuHalo).

Bagaimana cara mengaktifkan paket internet?

Pelanggan dapat mengaktifkan paket internet melalui UMB *363# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Apakah paket internet berlaku akumulasi?

Paket internet Telkomsel tidak berlaku akumulasi kuota meski pelanggan membeli jenis paket yang sama. Setiap paket internet akan si pisah sesuai dengan jenis paket atau waktu pembelian dan tidak bisa terakumulasi satu sama lain.

Kuota mana yang pertama kali digunakan jika saya memiliki beberapa paket internet?

Kuota internet yang pertama kali digunakan berdsarkan Prioritas ID Bonus.

Saya tidak menemukan paket internet yang sebelumnya saya beli, apakah saya bisa mengaktifkan kembali paket tersebut?

Pelanggan tidak bisa mengaktifkan kembali paket yang lama, karena akan digantikan dengan paket baru dengan penawaran yang lebih baik dan menarik.

Bagaimana cara berhenti berlangganan paket internet?

Pelanggan bisa berhenti berlangganan dari paket internet lewat UMB *363# dengan memilih menu “Berhenti”. Nantinya akan ada SMS pemberitahuan sukses berhenti berlangganan paket internet diterima. Meski pelanggan telah berhenti berlangganan, namun sisa paket internet masih bisa digunakan sampai masa aktif paket berakhir.

Bagaimana cara mengecek pemakaian atau status paket?

Pelanggan bisa mengecek pemakaian atau status paket lewat UMB *888# dengan memilih menu “Cek Kuota”, *363# dengan memilih menu “Cek Status” atau bisa lewat aplikasi MyTelkomsel.

Bagaimana jika saya tidak memiliki cukup pulsa ketika proses aktivasi ulang paket internet berlangganan terjadi?

Proses aktivasi ulang paket internet belangganan akan gagal dan pelanggan akan dianggap berhenti berlangganan paket tersebut. Pengguna bisa melakukan pengisian pulsa terlebih dahul dan kembali membeli paket internet yang diinginkan.

Bagaimana jika saya menggunakan internet melebihi kuota paket internet?

Pelanggan akan dikenakan tarif internet non paket, yaitu Rp100/20KB (tarif ini berlaku mulai tanggal 5 juli 2019)

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here