Cara Blokir Nomor

0
cara blokir nomor

Merasa tertanggu dengan panggilan terus menerus dan SMS spam dari nomor telepon yang tidak dikenal? Jika hal tersebut terjadi tentu sangat mengganggu. Anda bisa mengatasinya dengan cara blokir nomor tersebut.

Dengan cara memblokir nomor yang mengganggu tentu akan membebaskan Anda dari gangguan orang-orang iseng yang berniat jahat dengan meneror Anda terus menerus.

Tentu saja, nomor hp yang menggangu bukan hanya dari nomor yang tidak dikenal. Ada kalanya kita memiliki masalah dengan orang-orang terdekat seperti teman, pasangan, atau kerluarga. Dan untuk membatasi komunikasi kita bisa memblokir nomor hp tersebut.

Pada artikel kali ini saung net akan membahas cara memblokir nomor telepon agar tidak bisa menghubungi kita. Dengan begitu Anda bisa sedikit tenang karena bisa bebas dari gangguan orang yang melakukan panggilan berulang-ulang.

Cara blokir nomor hp tidak sulit sebetulnya, namun untuk Anda yang baru menggunakan hp baru tentu akan sedikit kesulitan dalam memahami fitur yang ada, apalagi jika hp Anda masih menggunakan bahasa Inggris. Jadi jika Anda masih kesulitan memblokir nomor telepon simak tulisan ini sampai tuntas.

Cara blokir nomor bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan, cukum menggunakan fitur yang ada pada handphone. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan prosesnya. Berikut caranya:

Cara Blokir Nomor Lewat Fitur HP

Cara blokir nomor hp pertama bisa dilakukan lewat fitur yang tersedia pada hp. Anda bisa blokir panggilan dan sms dari nomor yang bersangkutan. Dengan begitu Anda bisa terbabas dari panggilan dan sms yang mengganggu.

Blokir Panggilan

Cara blokir panggilan bisa Anda lakukan jika Anda merasa tertanggu dengan panggilan dari orang yang tidak dikenal atau panggilan teror dari orang lain.

Cara blokir panggilan di hp:

cara memblokir nomor telepon
  1. Untuk blokir panggilan, pertama masuk ke Menu Telepon.
  2. Lalu cari dan pilih nomor yang akan diblokir.
  3. Selajutnya klik tombol Menu Lainnya.
  4. Lalu pilih Blokir nomor.
  5. Selesai, Anda berhasil memblokir nomor telepon tersebut. Nomor tersebut tidak akan bisa lagi melakukan panggilan ke nomor Anda.

Penasaran dengan nomor baru yang menghubungi Anda? Untuk mengetahuinya bisa menggunakan: cara melacak nomor HP.

Blokir SMS

Jika ada sms masuk berulang-ulang yang tidak berfaedah, bisa diatasi dengan cara blokir sms dari nomor tersebut. Untuk melakukan Anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan.

cara blokir sms
  1. Buka dan jalankan menu Pesan/ SMS.
  2. Lalu cari dan pilih pesan yang akan diblokir, sentuh beberapa saat sampai muncul opsi Blokir.
  3. Nantinya akan muncul pop up konfirmasi blokir, klik Oke.

Perlu Anda ketahui, ketika Anda memblokir pesan pada hp Anda bukan berarti Anda tidak akan menerima pesan lagi dari nomor tersebut. Namun, hp Anda akan melakukan sortir pada pesan yang termasuk spam atau tidak. Dengan begitu tidak akan lagi pesan sampah yang masuk.

Anda juga akan tetap mendapatkan notifikasi pada saat ada pesan masuk.

Calls Blacklist

cara memblokir nomor hp sendiri

Cara blokir nomor hp selanjutnya dengan batuan dari aplikasi pihak ketiga bernama Calls Blacklist. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Anda bisa mengelola daftar nomor blokir.

Sebagai informasi tambahan, Calls Blacklist adalah aplikasi untuk memblokir panggilan dan filter pesan masuk. Anda bisa dengan mudah memblokir panggilan dan pesan yang diinginkan, dari nomor privat(anonim) atau tidak dikenal.

Pasang aplikasi Calls Blacklist.

Aplikasi ini memiliki 3 fungsi utama yaitu:

Pemblokir Spam

Jika Anda sudah tidak tahan dengan panggilan sms yang mengganggu seperti dari pihak marketing atau mantan, maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah memasang Calls Blacklist. Aplikasi ini ringan digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Untuk memblokir spam, cukup masukan nomor-nomor yang diinginkapn pada daftar hitam.

Pengirim SMS

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengirim SMS, yang membedakan dengan SMS bawaan adalah fiturnya yang lebih lengkap. Anda bisa mengirim, menerima dan mengela SMS lewat aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mengelola obrolan dan memblokir SMS spam. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur pemblokir SMS. Untuk memblokir SMS Spam yang masuk.

Blacklist

Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola semua nomor telepon yang tidak Anda inginkan. Yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda bisa memblokir Spam berdasarkan teks pesan. Anda bisa menyimpan nomor-nomor yang ingin dilokir pada blacklist.

Fitur unggulan aplikasi Call Blacklist:

  • Memblokir panggilan dan SMS berdasarkan daftar hitam.
  • Memblokir nomor yang tidak dikenal.
  • Memblokir nomor privat atau disembunyikan.
  • Memblokir nomor dengan opsi “Dimulai dengan”.
  • DLL

Call Blocker – Blacklist

cara memblokir nomor hp telkomsel

Cara memblokir nomor hp sebelumnya tidak memuaskan, Anda bisa mencoba aplikasi Call Blocker. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan pemblokiran pada nomor hp yang diinginkan.

Selain bisa memblokir panggilan, Anda juga memblokir SMS spam yang mengganggu. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur blokir multipel yang cukup ampuh memblokir panggilan dan pesan yang diinginkan.

Pasang aplikasi blokir nomor telepon Call Blocker.

Anda juga bisa memasukan beberapa nomor pada daftar blokir. Selain membuat blacklist, Anda juga membuat whitelist untuk memprioritaskan nomor-nomor tertentu.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, setelah di pasang, selanjutnya tinggal jalankan aplikasi Call Bloker. Nanti tinggal klik menu yang berada di sebelah kanan. Nantinya akan ada tiga pilihan, yaitu blacklist, whitelist dan blocking . Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

Ketika Anda memilih menu Blacklist, nantunya akan ada beberapa pilihan dari mana Anda menandai nomor yang akan diblokir, bisa dari kontak, panggilan, pesan atau secara manual. Anda bisa melakukan blacklist scara masal, jadi tidak repot kalau mau blokir banyak nomor sekaligus.

Truecaller

cara blokir nomor hp samsung

Cara memblokir nomor hp berikutnya bisa menggunakan aplikasi bernama Truecaller. Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk mencegah panggilan dan sms dari nomor yang tidak dikenal. Untuk menggunakan aplikasi ini secara maksimal, Anda harus melakukan verifikasi nomor dan login menggunakan akun sosial media.

Selanjutnya Anda bisa membuka menu Pesan pada hp Android Anda. Lalu cari dan pilih pesan dari nomor yang ingin Anda blokir. Lalu sentuh beberapa saat sampai muncul ceklist. Dan klik tombol blokir untuk memblokir nomor yang Anda inginkan.

Pasang aplikasi blokir nomor Truecaller

Memblokir Nomor Telepon di iPhone, iPad, atau iPod

Untuk Anda yang menggunakan gawai atau hp dengan operasi sistem iOS. Anda bisa memblokir dan kontak dan nomor telepon pada perangkat Anda. Sama seperti pada hp Android, iOS juga memiliki fitur untuk blokir nomor telepon.

Ada beberapa cara memblokir nomor telepon dan kontak iOS.

Telepon

Jika Anda menggunakan aplikasi Telepon terbaru, ketuk ikon info yang berada di sebelah nomor telepon atau kontak yang akan diblokir. Gulir ke bagian bawah, lalu ketuk Blokir Penelpon ini.

FaceTime

Hampir sama dengan cara belumnya, pada aplikasi FaceTime, ketik ikon info yang berada di sebelah telepon atau kontak yang akan diblokir. Gulir ke bagian bawah, lalu ketuk Blokir Penelpon ini.

Pesan

Untuk blokir nomor lewat aplikasi Pesan, buka percakapan, lalu ketuk kontak dibagian atas percakapan, lalu ketuk info. Ketuk bagian nama atau nomor telepon, gulir ke bagian bawah, lalu ketuk Blokir Penelpon ini.

Mengelola Nomor Telepon yang di Blokir

Anda juga bisa lihat nomor telepon yang sudah Anda blokir dari Telepon, FaceTime atau Pesan dengan cara berikut:

Telepon

  • Buka Pengaturan > pilih Telepon > Pemblokiran & Identifikasi Panggilan.

FaceTime

  • Buka menu Pengaturan > FaceTime > pilih menu Diblokir.

Pesan

  • Buka menu Pengaturan > Pesan > pilih menu Diblokir.

Pada menu daftar blokir diatas, Anda bisa menambahkan atau membuka blokir nomor telepon.

Bagaimana?

Sebetulnya ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memblokir nomor telepon. Untuk Anda yang menggunakan Android bisa mencarinya di Google Play Store, dan untuk pengguna iPhone bisa mencarinya di App Store.

Jika ada pertanyaan atau memiliki cara lain dalam memblokir nomor yang mengganggu, bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here