Cara bermain Mobile Legends serta Tips untuk Pemula

0
Mobile Legends By mobilelegends.net

Siapa sih yang gak tau Mobile Legends : Bang Bang, Game MOBA yang satu ini sedang naik daun khususnya di Indonesia. Game ini banyak dimainkan semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, hingga Dewasa. Mulai dari anak SD, anak SMA, Mahasiswa, hingga pedagang kaki lima. Mobile Legends ini bahkan sudah mengalahkan popularitas game Clash of Clans yang dulu pernah ramai dimainkan.

Sebenarnya Mobile Legends bukanlah satu-satunya game bergenre MOBA yang bisa dimainkan lewat Smartphone. Ada juga beberapa game pesaingnya seperti AOV dan VainGlory. Tapi tetap saja ML yang paling diminati, karena memang ukurannya yang tidak sebesar game pesaing serta cara memainkannya yang lebih mudah.

Tapi tahukah sobat, bahwa MOBA sebenarnya lebih kompleks dan perlu waktu yang lumayan lama untuk menjadi Pro. Jika sobat bekas pemain MOBA di PC seperti League Of Legends atau DOTA 2 pastinya akan mudah dalam memainkan game ML. Namun bagaimana jika sobat adalah player yang baru kenal genre ini ? pasti sedikit bingung kan. Kalem sob, karena kali ini saung net akan membagikan tips bermain Mobile Legends khususnya untuk pemula :

1. Kenali Hero dan Mainlah sesuai Role

Mobile Legends Hero By onlinefanatic.com
Mobile Legends Hero By onlinefanatic.com

Sobat pasti bertanya maksudnya gimana, dan Role itu apa ? Oke sob kalem ya. Role merupakan sebutan untuk posisi dalam genre ini. Jadi jika sobat memilih hero support, berperanlah sebagai support. Jangan seenak jidat ganti role, karena sedikit saja kesalahan dalam Mobile Legends dapat mengakibatkan team sobat kalah. Contohnya jika sobat memilih hero Tanker seperti akai, maka sobat harus berperan menjadi tanker dengan gear tanker pula. Di dalam Mobile legends ada beberapa Role yang bisa sobat ambil, pilih salah satunya ya :

  • Carry/Marksman  :  Carry/ Marksman merupakan posisi yang harus diprioritaskan entah itu dalam hal exp maupun gold. Carry butuh lebih banyak gold dibanding posisi lain, karena posisi ini tak akan berarti apa-apa tanpa item/gear. Jika game menjelang late, maka posisi inilah yang paling diandalkan. Karena memang carry lah yang akan menyumbang damage paling besar terhadap lawan.
  • Midlanner/Magical  :  Midlanner, dari namanya saja sobat sudah pasti tahu jika posisinya harus di mid. Posisi ini merupakan prioritas kedua setelah carry, hero mid biasanya butuh naik level lebih cepat, itulah alasannya kenapa di mid selalu solo. Hero ini bisa jadi alternatif di late game, jika carry nya tidak sempat mengejar item karena terlalu sering kena gank. Untuk Magical, biasanya hero magic dipakai sebagai nuker atau stunner pada setiap pertandingan.
  • Fighter/Jungler    :  Fighter sebenarnya bisa jadi penentu pula di late game. Tapi dia tidak akan berdaya jika menerima damage langsung dari seorang marksman. Kalo untuk jungler, sebenarnya itu cuma sebutan untuk hero yang cocok farming di area hutan.
  • Tanker                 :  Tanker merupakan hero yang harus siap dijadikan alat untuk membuka war. Hero Tank merupakan posisi yang paling banyak menerima damage dari lawan, karena memang itulah tugasnya.
  • Support               :  Menurut saung net, Support adalah posisi yang hanya boleh diambil oleh orang yang sabar serta rela berkorban. Kenapa ? karena sobat harus mati-matian menjaga carry dari incaran musuh. Sobat juga harus membantu player lain entah itu dengan rela mati ataupun healing.
Baca Juga :  Fitur Baru WhatsApp yaitu Stiker & Vacation, Bagaimana Cara Menggunakannya?

2. Map Awareness

Mobile Legends Gameplay By Google Play
Mobile Legends Gameplay By Google Play

Map awareness itu penting dalam game MOBA seperti Mobile Legends sob, tapi apa sih map awareness ?. Map awareness adalah Selalu hati-hati dalam roaming, melihat peta dan tahu posisi hero Musuh. Sobat harus punya feeling yang baik saat ganking, maupun split push. Jangan sampai sobat berkeliaran sendiri, sedangkan sobat tidak tau posisi hero musuh. Intinya jangan sampai sobat mati konyol, hanya karena tidak pernah lihat peta. Contoh kecil pemain yang tidak punya map awareness adalah Membunuh lord sendirian saat tahu bahwa hero musuh lengkap. Apalagi dia tidak tahu keberadaan mereka, akhirnya mati kena gank, kan galucu.

3. Kenali Tujuan dan Bermain untuk menang bukan Bermain untuk Kill

Mobile Legends Victory By twimg.com
Mobile Legends Victory By twimg.com

Banyak player baru yang tidak sadar dengan hal yang satu ini. Sebenarnya tujuan bermain Mobile Legends adalah untuk menang, bener gak sob ?. Bagaimana caranya untuk menang, ya salah satunya adalah dengan fokus menghancurkan turret musuh. Banyak player khususnya di Indo, yang lebih terobsesi untuk membunuh sebanyak-banyaknya hingga melupakan tujuan utama. Untuk apa sobat menjadi MVP atau mendapatkan savage kalo ujung ujungnya kalah, ya kan. Makanya ubahlah mindset sobat, Bermainlah untuk menang, jangan bermain untuk kill, karena Comeback itu sakit.

4. Harus punya Positive Mental Attitude

Positive Mental Attitude (Arteezy) By guiadota.com
Positive Mental Attitude (Arteezy) By guiadota.com

Pertama kalinya Saung net mendengar kalimat ini dari seorang Proffesional DOTA 2 yang bernama Artour Babaev a.k.a Arteezy. Apa sih PMA ? positive mental attitude adalah sikap optimis bahwa team sobatlah yang akan memenangkan pertandingan. Salah satu penerapan PMA dalam dunia game adalah dengan menyemangati team saat dalam posisi kurang baik. Contohnya ketika sobat kalah skor atau salah satu player bermain buruk, bersikaplah dewasa dan menyemangati. Jangan sampai sobat berkata kasar dan memarahi player lain, lalu minta maaflah ketika sobat melakukan kesalahan. Itu lebih baik daripada sobat mati, lalu menyalahkan yang lain.

Baca Juga :  Cara Bind Akun Mobile Legends Agar Akun Game Aman dan Tidak Hilang

Itu dia sob 4 Tips main Mobile Legends, khususnya untuk sobat yang pemula sangat wajib diterapkan saat bermain ya. Oiya sob, jangan lupa untuk mematikan adblocknya saat berkunjung ke saung net. Karena kami bisa berkembang karena Iklan, jadi kami butuh support dari kalian juga agar website ini makin maju. Oke kayaknya cukup ya sob, semoga artikel ini bermanfaat dan Good Luck maen game nya 😀

 

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here