4 Cara ini ampuh, untuk kamu yang ingin menjadi Hacker !

0
Hacker By Bosmurah
Hacker By Bosmurah

Sobat pernah nonton film “Who am I” ? , Jika pernah menontonnya saya yakin sobat berdecak kagum terhadap sekumpulan pemuda bertopeng yang ada pada film tersebut. Setelah nonton film ini mungkin beberapa dari sobat terinspirasi dan ingin menjadi seorang Hacker. Sayangnya menjadi Hacker bukanlah hal mudah, perlu banyak belajar Ilmu programming. Jika sobat tidak menyukai programming dan malas buat kode kode di komputer, maka impian menjadi hacker lebih baik dibuang saja.

Seorang Hacker sudah pasti Programmer, namun tidak semua Programmer adalah hacker ya. Sebenarnya Hacker itu dibagi dua tipe, Black Hat dan White Hat. Perbedaannya adalah jika Black hat menggunakannya untuk kejahatan, sebaliknya white hat menggunakan skill nya untuk berbuat baik.

Seorang Black hat sebenarnya disebut sebagai cracker, mereka beraksi dengan cara mengacak acak atau masuk ke sistem untuk kepentingan pribadi. Dan julukan hacker sebenarnya digunakan untuk seorang white hat, tugas white hat biasanya menyusup ke dalam sistem untuk mengetahui kelemahannya. Setelah kelemahannya diketahui maka hacker akan meningkatkan keamanannya.

Cukup dulu deh definisi tentang hackernya, langsung saja ke Tips bagaimana cara memulai agar sobat bisa menjadi seorang Hacker :

1. Belajar Bahasa Pemrograman

Programming By NewAtlas
Programming By NewAtlas

Ini merupakan yang paling wajib sob untuk dikuasai. Jika sobat ingin menjadi hacker namun tidak suka dengan koding maka diibaratkan seperti seorang petani yang enggan terkena lumpur. Untuk langkah awal sobat bisa memulainya dengan belajar bahasa pemrograman dasar seperti Basic atau Pascal, sekedar untuk melatih logika dan belajar algoritma. Selain itu sobatpun tidak boleh kudet, karena ilmu dalam dunia programming selalu berkembang setiap tahunnya. Saran saung net sih, sobat harus bergabung di beberapa group sosmed atau forum yang isinya programmer juga untuk sekedar sharing dan agar tidak ketinggalan update.

Baca Juga :  5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

2. Ahli dalam Hardware

Hardware By Theanom
Hardware By Theanom

Jika sobat berpikir bahwa seorang Hacker hanya perlu menguasai programming dan software maka sobat salah besar. Seorang Hacker juga wajib menguasai hardware komputer dan paham akan spesifikasi sebuah perangkat komputer. Gak lucu juga kan jika ada seorang yang ingin menjadi hacker namun tidak mengerti akan spesifikasi.

3. Ahli dalam Software dan menguasai Command Prompt

Software By aBit
Software By aBit

Selain hapal akan spesifikasi dan menguasai hardware, maka seorang hacker pun harus hapal tentang software sob. Karena biasanya Hacker akan mempunyai Hack tools nya masing-masing berupa aplikasi. Salah satu aplikasi yang wajib sobat kuasai adalah Command Prompt atau biasa disebut sebagai CMD. CMD banyak digunakan untuk meningkatkan efisiensi kerja sobat di komputer.

4. Menguasai sistem Operasi Open Source

OS Open Source Linux By Unixmen

Kebanyakan Hacker menggunakan OS open source berupa Linux. Karena selain gratis untuk digunakan juga memungkinkan mereka untuk melakukan hal hal yang berhubungan dengan hacking seperti membuat program ataupun bekerja dengan Command Line Interface (CLI) untuk mengelola komputer dan servernya.

4 Poin diatas merupakan langkah dasarnya saja sob, Intinya adalah Cintai saja dulu dunia komputer seperti program dan jaringan. Karena kebanyakan seorang Hacker itu tidak berniat menjadi hacker, mereka menjadi hacker karena memang hobi dan mencintai dunia Pemrograman. Oke sob itulah beberapa tips kecil dari saung net, mudah mudahan artikel ini menjadi sebuah motivasi ya.

 

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here