3 Kunci Menggapai Kesuksesan Hidup

0
Sukses Sumber : theodysseyonline.com
Sukses Sumber : theodysseyonline.com

Hidup ? Banyak yang masih bingung dalam menjalani Hidup, khususnya kaum kaum remaja yang masih mencari jati diri serta arti Hidup. Apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya, Hidup kita untuk apa. Waktu kecil sobat mungkin mempunyai cita-cita menjadi Polisi, Pilot, Pramugari, bahkan presiden. Menginjak SMP mulai sedikit berubah mengembang menjadi Akuntan, Manager atau apapun. Dan setelah menginjak SMK mulai menyadari hidup ini harus dibawa kemana, jika ada yang bertanya cita-cita maka jawabannya adalah menjadi Orang sukses. Dan puncak kegelisahannya adalah ketika Lulus SMA/SMK, antara melanjutkan kuliah atau mencari kerja. Bahkan kita sendiri kadang tidak tau arti sukses itu apa ?

Sebenarnya sukses itu relatif, Bertanya pada orang yang berbeda maka jawabannya akan berbeda pula. Jika orang tersebut passion nya terhadap musik, mungkin definisi sukses menurut pemusik adalah menjadi musisi. Lain lagi jika passion sobat terhadap programming misalnya, maka definisi suksesnya mungkin menjadi seorang programmer Proffesional. Bahkan jika kita mengkaji kata sukses lebih luas lagi, Sukses bisa saja bukan tentang berhasilnya kita di dunia. Tapi bagaimana nantinya kita di akhirat, Tenang di surga kah atau masuk kedalam api neraka. Nah yang kita bahas disini bukan sukses versi Kepercayaan atau agama, Namun bagaimana caranya menjadi orang sukses di Dunia.

1. Mimpi, Cita-cita atau Tujuan

Mimpi, Cita-cita atau Tujuan Sumber : LinkedIn
Mimpi, Cita-cita atau Tujuan Sumber : LinkedIn

Yang pertama adalah Mimpi atau biasa disebut dengan Cita-cita. Sebelum sobat berpikir lebih jauh lagi hal yang paling penting tentu saja adalah Mimpi. Jika sobat tidak punya cita-cita, maka pertanyaannya adalah bagaimana bisa jadi orang sukses jika tidak tahu tujuan ? Setiap orang harus mempunyai Mimpi, ingat mimpi ini tak terbatas hanya yang perlu digaris bawahi adalah mimpi sobat harus sesuai dengan logika dan ada kemungkinan bisa digapai seperti Pengusaha, Pejabat, Pilot, atau yang lainnya. Sobat tidak dapat mewujudkannya jika mimpi sobat menjadi Superhero, Penguasa dunia, atau mungkin seorang Pendekar, Hahahaha. Nah dengan adanya mimpi ini maka sobat sudah punya dasar untuk menjadi orang sukses di Bidangnya.

Baca Juga :  Gak bisa Move On ? Coba 5 Tips ini sob, dijamin Ampuh !

2. Faktor Utama

Faktor utama merupakan hal-hal yang mendukung terlaksananya sebuah Tujuan. Jika sobat mempunyai tujuan atau cita-cita namun tidak disertai dengan Faktor utama yang tepat maka sukses hanyalah menjadi angan-angan belaka, dan sebaliknya faktor ini tidak akan tercipta tanpa adanya sebuah Tujuan. Inilah beberapa faktor agar tujuan sobat terwujud :

1. Sekolah

Sekolah Sumber : thefamilyrules.com
Sekolah Sumber : thefamilyrules.com

Point pertama adalah sekolah, Sobat harus masuk ke sekolah yang sesuai dengan bidang yang sobat geluti atau passion yang sobat cintai. Contohnya jika sobat bercita-cita menjadi musisi maka masuklah ke sekolah Musik, jika sobat bercita-cita menjadi seorang Dokter maka masuklah ke Sekolah kedokteran. Sobat tidak akan menjadi Dokter, jika masuk ke akademi Militer. Jadi intinya tempatkanlah sesuatu pada tempatnya ya.

2. Lingkungan

Lingkungan : shutterstock.com
Lingkungan : shutterstock.com

Point kedua adalah lingkungan, Carilah lingkungan yang tepat untuk mendukung terciptanya tujuan sobat. Sobat tidak akan menjadi programmer yang handal jika setiap hari berkumpul bersama orang-orang yang senang travelling. Maka tempatkanlah diri sobat di lingkungan yang tepat, carilah beberapa teman bermain yang sesuai dengan minat sobat atau mempunyai tujuan yang sama. Fungsinya adalah untuk sharing, diskusi dan berbagi pengalaman.

3. Finansial

Finansial : moneychoice.org
Finansial : moneychoice.org

Hal ini sangatlah berpengaruh terhadap point lain gan, bahkan bisa merubah yang namanya tujuan. Itu bisa terjadi jika sobat tidak bisa menyesuaikan Tujuan sobat dengan dukungan finansial yang cukup. Contohnya seperti ini, Jika sobat Bertujuan menjadi Dokter namun keadaan finansial tidak memungkinkan maka jangan jadikan dokter menjadi Tujuan utama saat itu. Ubahlah lebih rendah sedikit seperti menjadi perawat atau apapun itu yang bisa terjangkau, Jika sobat sudah mencapainya dan mencukupi dalam urusan finansial maka Mimpi yang tertunda bisa sobat Lanjutkan.

Baca Juga :  Kumpulan Cara Mudah Menyimpan Video Facebook ke Galeri

3. Faktor Pendukung

Faktor Pendukung merupakan hal-hal penunjang terwujudnya Faktor utama serta Tujuan. Intinya Faktor ini merupakan pecahan-pecahan kecil yang harus dilakukan agar terciptanya Faktor Utama ya sob.

1. Dukungan serta Restu Orang Tua

Dukungan serta restu orang tua Sumber : raisingthemup.org
Dukungan serta restu orang tua Sumber : raisingthemup.org

Hal pertama adalah mintalah dukungan orang tua, Jika orang tua tidak mendukung cita-cita maka kemungkinan untuk sukses menjadi apa yang sobat mau menipis. Bagaimana sobat bisa masuk sekolah pelayaran jika orang tua melarang sobat menjadi pelayar ? Bagaimana sobat bisa ikut kursus Ballet jika orang tua melarang untuk menari ? Nah yang ini tentunya penting ya sob.

2. Motivasi

Motivasi : richgrof.com
Motivasi : richgrof.com

Sobat Harus punya motivasi sebagai pembangkit semangat untuk mencapai Faktor utamandan tujuan. Motivasi disini bukan berarti pacar ya sob, namun bisa saja hal-hal kecil yang mendorong sobat untuk tetap konsisten dalam menjalani sesuatu yang sobat geluti. Contohnya sobat akan selalu tekun belajar dan tidak pernah bolos bersekolah karena mempunyai motivasi untuk menjadi murid teladan atau misalnya mempunyai target rank 1 dikelas agar dibelikan video game oleh orang tua.

3. Prinsip dan Konsistensi

Prinsip dan Konsistensi Sumber : onebigphoto.com
Prinsip dan Konsistensi Sumber : onebigphoto.com

Setiap orang tentunya harus punya Prinsip agar hidupnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak melenceng dari jalur. Apa prinsipnya ? ya itu semua terserah sobat yang penting mengarah ke hal hal positif. Selain prinsip sobat pun harus konsisten, janganlah labil dalam mengambil sebuah keputusan. Jika sobat berencana A, maka pilihlah A  jangan terbuai dengan omongan orang karena B lebih baik.

4. Berdo’a
Berdo'a Sumber : image.desiringgod.org
Berdo’a Sumber : image.desiringgod.org

Berdo’a merupakan salah satu hal yang penting. Karena Do’a merupakan sebuah Interaksi antara mahluk dan Tuhannya. Jika sobat percaya semua hal didunia ini atas karunia Tuhan maka mintalah Kepada Nya apa yang sobat inginkan. Karena intinya, Jika sobat percaya akan kekuatan Tuhan maka Tuhan akan menunjukan kuasanya kepada Sobat.

Baca Juga :  Filosofi Hujan Tentang Cinta dan Kehidupan

5. Berusaha

Berusaha : sheryleigh.com
Berusaha : sheryleigh.com

Dari 4 point penting diatas, hal ini bisa jadi yang utama gan. Karena semuanya tidak akan terjadi jika sobat hanya diam saja tanpa Berusaha. Tuhan menyukai hambanya yang tetap berusaha meski seribu halangan menantang didepannya. Sobat tidak akan sukses hanya dengan Berdo’a, karena Uang tidak akan begitu saja jatuh dari langit dan kesuksesan pun sama. Sukses tidak akan menghampiri, namun kita yang harus mengejarnya.

Nah itu dia sob tips dari Saung net agar kita bisa menggapai yang namanya kesuksesan. Jika sobat malas dan tidak ada pergerakan maka Sukses hanya akan menjadi angan-angan. Jika sobat hari ini masih gelisah dengan hidup maka pikirkanlah apa hal yang belum sobat lakukan dari beberapa hal diatas. Jika sobat sudah melakukan semuanya, Saung net yakin kesuksesan sudah didepan mata. Sobat harus percaya dengan quotes yang mengatakan bahwa kegagalan merupakan awal dari kesuksesan. Jatuh, bangun lagi, Jatuh, Bangun lagi, jangan pernah berharap untuk dibangunkan. Karena ini hidup kita, kitalah yang harus memperjuangkan, bukan orang lain. Good Luck untuk kalian para pembaca artikel sederhana ini, semoga generasi muda Indonesia menjadi generasi yang pandai serta sukses di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here