Mau Mengubah Nama dan Icon Aplikasi Android? Ikuti Cara Mudah Berikut

cara mengubah nama dan ikon aplikasi android

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone kini menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang dengan aktivitas yang beragam. Benda mungil ini bahkan menjadi barang penting yang seolah tidak bisa dilepaskan di setiap momen, baik itu pekerjaan, saat santai atau ketika berada pada momen penting sekalipun. Itulah yang menyebabkan smartphone atau yang kini juga dikenal dengan Android harus selalu mengikuti tren yang berkembang.

Bayangkan, setiap tahun selalu saja muncul berbagai tipe Android dengan berbagai merk dan kecanggihan yang disematkan di dalamnya. Bagi kamu yang juga sering melakukan update aplikasi terbaru atau fitur baru dari Android, pasti juga mengenal tentang perubahan nama aplikasi di Android yang membuatmu tidak bosan.

Mau tahu tentang cara mengubah atau memodifikasi nama serta ikon aplikasi di Android milikmu? Kamu harus tahu deretan trik berikut ini.

Poin Penting Cara Mengubah Nama dan Ikon Aplikasi Android

cara mengubah ikon aplikasi android

Cara untuk mengubah nama dan ikon aplikasi Android ini sebenarnya tak susah. Hanya bermodalkan Android yang kamu miliki saja sudah bisa dilakukan, tanpa bantuan komputer ataupun laptop. Berikut cara yang bisa kamu simak.

1. Download APK Editor Pro

Langkah awal untuk bisa mengubah ikon serta nama aplikasi dalam Android kamu adalah dengan melakukan download sebuah aplikasi bernama APK Editor Pro. Aplikasi ini bisa kamu temukan dengan mudah di kolom searching Google dengan menuliskan “download APK Editor Pro”. Lakukan download dengan menunggu beberapa saat, dan ikuti langkah berikutnya.

2. Buka APK Editor Pro

Sudah selesai download? Kini kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut melalui Android kamu. Buka aplikasi APK Editor Pro kemudian klik tombol Select APK from App yang tersedia di halaman aplikasi tersebut. Setelah klik, kamu akan menjumpai daftar aplikasi yang sudah terinstall di android. Nah, saatnya memilih aplikasi mana yang akan kamu ubah ikon dan namanya.

3. Jendela Pilihan

Muncul jendela pilihan yang memuat berbagai aplikasi di Android kamu. Silahkan pilih dengan klik Common Edit. Setelah melakukan pilihan pada beberapa aplikasi, selanjutnya layar akan menyuguhkan informasi terkait aplikasi yang sudah terpilih untuk diedit. Ada informasi terkait nama aplikasi, ikon aplikasi, dan informasi lainnya.

4. Jangan Edit Selain Ikon dan Nama

Perlu kamu perhatikan bahwa yang bisa dilakukan pengeditan hanya pada dua hal yaitu ikon dari aplikasi dan nama aplikasi tersebut. Selebihnya, kamu tidak boleh mengedit informasi lain yang tertera disana. Bila ini dilanggar, siap-siap android kamu bisa muncul Error System. Jadi, kalaupun hendak melakukan eksperimen sebaiknya didampingi ahlinya atau membutuhkan latihan serta riset mendalam ya.

5. Langkah Terakhir

Setelah melakukan pengeditan sesuai dengan yang kamu inginkan, saatnya membiarkan aplikasi APK bekerja. Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat sampai tuntas. Setelahnya, kamu bisa membuka aplikasi yang sudah terinstall cukup dengan menekan Install atau membiarkannya untuk tersimpan dan bisa diinstall di kemudian hari. Selesai install, dan silahkan lihat tampilan modifikasi ikon serta nama aplikasi Android kamu nih.

Nah, itulah trik khusus yang mungkin belum banyak kamu ketahui tentang Android ya? Banyak hal yang bisa kamu utak-atik dengan menyenangkan ketika memanfaatkan teknologi dunia yang semakin canggih ini. Untuk mengubah ikon serta nama aplikasi di perangkat Androidmu juga lebih mudah sekarang.

Mengubah ikon serta fitur lainnya di perangkat android bisa menghilangkan kejenuhan kamu saat melihat layar dengan menu ikon yang itu-itu saja. Pastikan untuk melakukan dengan riset dan berlatih terlebih dulu bila ingin menggunakan modifikasi lain. Kamu bisa minta pendampingan dari teknisi yang lebih berpengalaman jika ragu melakukannya sendiri.

Yanita Nurhasanah
Seseorang yang masih terus belajar dan mengasah kemampuan menulis.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here