Review Hostinger Indonesia : Layanan Web Hosting Berkualitas dengan Harga Murah

0
Hostinger Indonesia

Memilih Web Hosting merupakan hal yang penting bagi pelaku website, baik itu web develover, webmaster ataupun blogger. Maka saat memilih web hosting, ada baiknya kamu sudah memperhitungkan dengan matang layanan yang pas untuk website yang akan kamu buat. Kamu juga harus memperhatikan spesifikasi disk space, bandwith, memory, dan fitur lainnya yang akan mempengaruhi kelancaran mengakses website.

Saat ini memilih layanan web hosting yang bagus bisa dibilang ‘gampang-gampang susah’, karena layanan web hosting sudah menjamur, baik untuk penyedia dari luar negeri dan lokal. Namun untuk menentukan layanan web hosting berkualitas atau tidaknya, kamu bisa menentukannya dari segi harga, kualitas pelayanan dan waktu uptime yang tinggi.

Sangat penting untuk kamu jeli membaca setiap spesifikasi yang ditawarkan penyedia web hosting, karena jika kamu salah memilih layanan bisa berakibat buruk terhadap website yang kamu buat, seperti website sulit diakses, sering error dan yang paling fatal adalah kamu bisa kehilangan data penting dari website yang kamu buat/kelola.

Maka dari itu, sebelum hal buruk terjadi pada website yang kamu kelola/buat, ada baiknya kamu pastikan bahwa web hosting akan kamu gunakan adalah web hosting yang memiliki layanan yang baik dan terpercaya. Jangan sampai menjadi korban hosting yang tidak jelas asalnya, sudah bayar mahal, namun hasilnya tidak memuaskan.

Nah kali ini Saung Net akan membuat review mengenai layanan Web Hosting dari Hostinger.co.id, yang memiliki slogan ‘Web Hosting Terbaik Unlimited & Domain Gratis

Hostinger : Layanan Web Hosting Murah dengan Layanan Terbaik di Indonesia

Paket Web Hosting Hostinger
Paket Web Hosting Hostinger

Hostinger merupakan salah satu penyedia layanan hosting berkualitas dengan harga murah. Harga untuk membuat 1 website mulai Rp. 19.850/bulan, cocok untuk kamu yang memulai membangun website usaha ataupun untuk blog pribadi. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah “Apa kelebihan dan Fasilitas yang didapat dari layanan web hosting Hostinger ?” Mari kita bahas.

Saat ini layanan dari Hostinger sudah digunakan lebih dari 29 juta pengguna, 24 juta lebih website dibuat dengan layanan Hostinger dan setiap harinya ada 20.000 pengguna baru yang menggunakan layanan Hostinger, ini menandakan bahwa Hostinger dapat kamu percaya sebagai hosting untuk membangun website.

Pilihan paket Layanan Web Hosting dari Hostinger Indonesia

Berikut adalah beberapa pilihan paket layanan dari Hostinger yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan website yang akan kamu buat.

Web Hosting Single

Paket Web Hosting Single - Hostinger
Paket Web Hosting Single – Hostinger

Untuk kamu yang baru memulai membuat website bisa memilih paket web hosting single, biayanya cukup terjangkau hanya RP 19.850/bulan dan lebih murah lagi jika kamu memilih siklus tahunan.

Rekomendasi untuk website yang masih sedikit jumlah pengunjungnya, namun jenis paket ini memiliki beberapa keterbatasan seperti disk space, bandwidth, database, juga fitur lainnya.

Layanan yang didapat dari paket web hosting single :

  • 1 Website
  • Disk Space 10 GB
  • Bandwidth 100 GB
  • 1 Database MySQL
  • 1 User FTP
  • 1 Akun Email
  • Website builder
  • Powerful Control Panel
  • Access Manager yang mudah digunakan

Web Hosting Premium

Paket Web Hosting Premium - Hostinger
Paket Web Hosting Premium – Hostinger

Jika kamu memiliki website dengan target pengunjung dalam jumlah banyak, maka paket web hosting premium adalah pilihan yang tepat, dengan harga Rp 39.950/bulan(dan lebih murah jika mengambil paket tahunan). Karena memiliki fitur yang tidak dibatasi seperti dalam hal disk space, bandwidth, database, juga fitur lainnya.

Baca Juga :  Harga Paket Internet First Media Terbaru Juli 2018 (Fastnet)

Selain itu juga ada fitur lain yang membedakan dengan paket web hosting single seperti 2x optimasi kecepatan untuk website berbasis wordpress, juga sudah gratis domain jika kamu memilih paket layanan web hosting premium tahunan(12 bulan).

Layanan yang didapat dari paket web hosting premium :

  • Jumlah Website Unlimited
  • SSD Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Database MySQL Unlimited
  • User FTP Unlimited
  • Akun Email Unlimited
  • Kemudahan Website Builder
  • Powerful Control Panel
  • Access Manager Mudah Digunakan
  • 2X Optimasi Kecepatan WordPress
  • Gratis Nama Domain (minimal durasi 12 bulan/lebih)

Web Hosting Bisnis

Paket Web Hosting Bisnis - Hostinger
Paket Web Hosting Bisnis – Hostinger

Paket ini bisa kamu gunakan jika website yang kamu buat/kelola merupakan website untuk kegiatan bisnis/perusahaan yang memerlukan layanan ekstra untuk menunjang kelancaran akses website untuk banyak pengguna, harga paket Rp 79.950/bulan.

Untuk fitur yang didapat sama dengan paket web hosting premium, namun dengan tambahan fitur seperti 4x optimasi kecepatan untuk website berbasis wordpress, fitur backup harian, bantuan live chat profesional, 2x lipat CPU & Memory dan Gratis SSL untuk proteksi data & menaikkan peringkat SEO.

Layanan yang didapat dari paket web hosting bisnis :

  • Jumlah Website Unlimited
  • SSD Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Database MySQL Unlimited
  • User FTP Unlimited
  • Akun Email Unlimited
  • Kemudahan Website Builder
  • Powerful Control Panel
  • Access Manager Mudah Digunakan
  • 4X Optimasi Kecepatan WordPress
  • Gratis Nama Domain (minimal durasi 12 bulan/lebih)
  • Backup Harian
  • Bantuan Live Chat Profesional
  • 2X Lipat CPU & Memory
  • Gratis SSL untuk proteksi data & menaikkan peringkat SEO

Ketiga paket diatas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan website yang kamu buat/kelola. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengakses halaman (https://www.hostinger.co.id/web-hosting)

Kelebihan dan Fitur yang dimiliki Hostinger

Meski terkenal dengan harga layanan yang murah, namun layanan yang dimiliki Hostinger dilengkapi dengan banyak fitur yang mendukung banyak kegiatan pelaku website. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengalami kendala ketika menggunakan layanan dari hostinger Indonesia.

Semua fitur pendukung ini ditujukan untuk para pengguna Hostinger agar memperoleh pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan web hosting.

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu temui pada layanan Hostinger :

cPanel Custom dilengkapi Auto Installer

Perlu kamu ketahui bahwa Hostinger memiliki custom cPanel yang dibuat khusus untuk para pengguna/klien-nya. Jika kamu terbiasa menggunakan cPanel standar mungkin akan mengalami sedikit asing dengan tampilan cPanel yang digunakan Hostinger.

Tujuannya pihak Hostinger menggunakan custom cPanel, untuk memberikan tampilan yang lebih modern dan mudah digunakan, khususnya untuk para pengguna baru yang masih awam menggunakan cPanel.

cPanel pada Hostinger diberi nama hPanel, didesain untuk para pengguna agar mudah melakukan administrasi seperti melakukan pembelian hosting, domain, perpanjang layanan, upgrade layanan dan layanan bantuan. Semua bisa kamu akses melalui hPanel tanpa membuka halaman lain.

Selain memilki tampilan yang berbeda, hPanel juga memiliki fasilitas auto installer yang bisa memudahkan penggunanya menginstall berbagai macam CMS yang diinginkan. Seperti WordPress, Joomla, Drupal dan dengan auto installer ini kamu juga memasang memasang Laravel, Code Igniter, OpenCart, dan banyak aplikasi lainnya.

Baca Juga :  8 Platform Investasi Online dengan Modal Kecil

Website Builder

Fitur menarik lainnya adalah Zyro website builder yang bisa kamu gunakan untuk membuat website dengan mudah tanpa melakukan koding. Kamu hanya perlu drag and drop, semua bagian website seperti widget, fitur e-commerce, tombol sosial dan lain-lain sudah terdapat pada aplikasi ini.

Dan kamu juga tidak perlu membuat tampilan website dari awal, karena sudah tersedia banyak temple yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan dan selera.

Keamanan

Keamanan dalam sebuah layanan web hosting cukup penting, maka dari itu layanan Hostinger selain menggunakan server yang berkualitas juga sudah dilengkapi dengan  SpamAssassin Protection dan BitNinja Smart Security yang bisa mengamankan website dari orang-orang yang bermaksud jahil.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan dari pada layanan yang dimiliki Hostinger.

Layanan VPS pun tidak kalah aman, Hostinger memiliki sistem yang memonitoring 24 jam yang dapat mengamankan website kamu dari serangan DDos dan juga jika terjadi crash pada perangkat keras.

Auto-backup

Fitur yang tidak kalah pentingnya adalah Auto-backup, Hostinger memiliki fitur auto-backup yang otomatis dilakukan setiap seminggu sekali, kecuali untuk paket web hosting bisnis mendapatkan auto-backup setiap hari.

Perlu diketahui, bahwa melakukan backup website secara rutin merupakan kegiatan yang penting dilakukan, dengan melakukan backup kita akan dengan mudah mengatasi masalah yang terjadi tiba-tiba, misalkan ketika website terkena deface, terjadi crash saat mengedit file, atau error karena suatu hal yang menyebabkan website tidak bisa diakses, kamu bisa bisa dengan mudah mengatasinya dengan melakukan restore kembali hasil backup.

Bisa Pilih Sendiri Lokasi Server

Kelebihan yang dimiliki layanan web hosting dari Hostinger adalah kamu bisa menentukan lokasi server yang akan digunakan pada saat proses instalasi. Tersedia tiga sever yang bisa kamu gunakan diantaranya server Eropa (Belanda), server Amerika Utara (USA) dan server Asia (Singapura).

Dengan memilih lokasi server sendiri, tentu bisa sangat menguntungkan, ketika kita akan membuat website yang memiliki target pengunjung dari belahan benua tertentu, kita bisa memilih server sesuai target pasar atau lokasi visitor yang akan mempercepat akses visitor ketika membuka website kita.

Sebagai contoh, jika target pengunjung website yang kamu buat berasal dari Indonesia, maka kamu bisa memilih server Asia (Singapura), karena letak Indonesia juga berada di benua Asia. Dengan memilih server sesuai lokasi target pengunjung akan mengurangi nilai latensi dan website akan lebih cepat diakses.

Memberi Jaminan Uptime Sampai 99.99%

Yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika kamu akan membeli layanan hosting adalah jaminan uptime layanan.

Jika kamu belum mengetahui arti dari uptime pada layanan hosting, istilah uptime memiliki arti ‘waktu nyala server’. Nah semakin tinggi nilai uptime pada layanan hosting maka bisa dipastikan kualitas layanan hosting tersebut bagus.

Untuk Hostinger sendiri memberi jaminan uptime sampai 99.9%, terkecuali untuk paket web hosting single hanya memberi jaminan sampai 99%. Sepintas perbedaannya cukup kecil sekitar 0.9%, namun dengan nilai presentase tersebut bisa membuat website kamu mati 80 jam dalam satu tahun.

Kamu juga bisa memantau langsung uptime/downtime server Hostinger melalui link status server yang sudah disediakan pihak Hostinger.

Layanan Live Chat 24/7

Seperti pada layanan hosting umumnya, Hostinger memiliki layanan live chat yang siap menjawab pertanyaan dan menerima keluhan penggunanya. Meski tidak semua balasan dari pertanyaan kita membuahkan solusi.

Baca Juga :  Tak Lagi Ribet! Begini Cara Memasukkan Kode Voucher Paket Indosat Ooredoo

Untuk kamu yang masih pemula dalam dunia hosting, jika mengalami kendala kamu bisa memanfaatkan live chat untuk menanyakan berbagai macam masalah yang kamu hadapi, baik pernyataan dasar atau level lebih lanjut. Namun tidak disarankan menanyakan perihal jodoh.

Tapi alangkah baiknya sebelum bertanya kamu sempatkan mencari tahu masalah yang kamu hadapi melalui mesin pencarian google, biasanya kamu akan menemukan artikel yang menjawab permasalah yang kamu hadapi tentang hosting atau website.

Ada Garansi 30 Hari Uang Kembali

Garansi 30 Hari Hostinger
Garansi 30 Hari Hostinger

Hostinger memiliki kebijakan garansi 30 hari uang kembali. Kebijakan ini hanya bisa kamu gunakan dalam 30 hari setelah proses aktivasi layanan, jika dirasa layanan hosting yang gunakan di Hostinger dirasa tidak memuaskan, kamu bisa melakukan pengajuan pengembalian dana.

Dengan kebijakan seperti ini tentu kamu tidak perlu takut uang kamu hilang ketika mendapati layanan yang tidak memuaskan dari Hostinger.Jaminan garansi ini berlaku untuk semua layanan web hosting.

Harga Murah

Hostinger memiliki harga yang terbilang murah untuk layanan yang berkualitas. Hampir semua produk yang dimiliki Hostinger menggunakan label ‘murah’, karena memang jika dibandingkan dengan layanan hosting sejenis dengan kualitas layanan yang sama, harga yang dimiliki Hostinger bisa bersaing.

Untuk membandingkan harga hosting memang agak sulit, karena mungkin ada layanan hosting yang lebih murah dari pada Hostinger, namun yang harus diperhatikan adalah mengenai kualitas dan spesifikasi yang dimiliki tentu jauh berbeda dengan Hostinger.

Selain itu Hostinger juga sering melakukan promo besar-besaran khususnya untuk kamu yang akan membeli layanan tahunan.

Mengenai harga domain di Hostinger juga termasuk memiliki harga yang cukup murah, terutama untuk domain gTLD seperti .XYZ, kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat murah sekitar Rp 13.000/tahun, karena harganya normalnya sekitar Rp 150,000-Rp 180,000.

Pengetahun Dasar yang Cukup Lengkap

Hostinger juga menyediakan halaman yang membahas mengenai Pengetahuan Dasar(Knowledge Base) dan Tutorial yang cukup lengap sebagai penduan untuk klien menggunakan layanan dari Hostinger dan tutorial mengenai teknis lainya.

Pengetahuan Dasar yang dibuat Hostinger mengenai berbagai macam teknis seperti cara membuat website, troubleshooting, masalah administrasi, dan tips dan trik blogging. Bertujuan untuk menambah pengetahuan pengguna mengenai berbagai hal mengenai dunia website.

Jadi sebagai provider web hosting tidak hanya fokus mendapatkan keuntungan saja tetapi juga memberikan ilmu tambahan kepada penggunanya.

-Musa Amin

Mendukung Banyak Metode Pembayaran

Hostinger sebagai penyedia layanan hosting kelas internasional sudah mendukung banyak metode pembayaran. Jadi kamu tidak perlu repot harus memiliki kartu kredit atau akun bank tertentu.

Hostinger memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran, yaitu dengan bekerja sama dengan banyak bank dan pihak yang berhubungan pembayaran seperti BCA, BNI, Mandiri, dan ada e-Payment lokal(GudangVoucher, Doku Wallet dll). Bahkan bisa juga menggunakan cryptocurrency seperti Bitcoin.

BELI SEKARANG

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here