Cara Cek Kuota Internet Kartu 3 (Tri)

cara mengecek kuota tri

Meski mudah, namun tidak sedikit pengguna kartu 3(Tri) yang belum tahu cara mengecek kuota paketan yang dibelinya, padahal untuk cek kuota tri bisa dilakukan lewat SMS.

Sebenarnya bukan karena tidak tahu cara mengecek kuota internet tri, tapi karena lupa kode dial atau format SMS untuk cek kuota. Hal ini wajar, karena sifat pelupa hampir dimiliki semua orang.

Pengguna kartu 3 lupa dengan cara mengecek paketan internet bukan tanpa alasan loh. Hal ini karena paket internet tri terbilang murah dengan kuota yang melimpah, jadi penggunanya jarang ngecek sisa kuota.

Biasanya baru mengecek paket tri karena internetnya terasa lelet, untuk memastikan penyebabnya. Apakah karena kuota paket internetnya habis atau karena jaringannya yang sedang bermasalah.

Nah, untuk yang lupa cara melihat kuota 3 simak beberapa cara melakukannya, mulai lewat SMS, kode dial hingga via aplikasi.

Cara Cek Kuota 3

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk mengecek kuota internet kartu 3 bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dengan SMS, kode USSD, lewat website dan aplikasi.

Cara Cek Kuota 3 Lewat SMS

cara mengecek paket tri

Kuota internet jenis reguler merupakan paket data internet dari kartu Tri yang bisa digunakan pada semua jenis jaringan, baik itu pada jaringan 4G hingga jaringan 2G.

Nah, untuk melakukan cek kuota jenis reguler pada kartu 3 dengan SMS cukup mudah, bisa dengan cara mengirim pesan SMS dengan format INFO (Spasi) DATA, kemudian kirim ke nomor 234.

Setelah pesan SMS dikirim, tidak lama setelah itu akan ada SMS balasan dari operator berisi informasi seputar sisa kuota internet dari kartu Tri Anda.

Cek Kuota 3 Paket 4G Nonstop Lewat SMS

cara mengecek paketan tri

Paket Nonstop 4G merupakan paket internet yang memberikan kebebasan mengakses internet setiap saat dengan tambahan kuota reguler yang bisa digunakan pada semua jaringan (2G hingga 4G), plus tambahan ekstra kuota hingga 30G untuk jaringan 4G.

Nah, untuk cara cek kuota 3 pada paket data ini bisa dilakukan lewat SMS juga, yang membedakan hanya format SMSnya. Kita bisa buat pesan SMS dengan nomor tujuan 234 dengan format INFO (Spasi) LTE. Lalu Kirim.

Setelah mengirim SMS untuk mengecek paketan Tri tersebut, akan ada SMS masuk berisi informasi sisa kuota internet kartu 3, kita juga bisa melihat informasi masa aktif dan sisa kuota regulernya.

Perlu diketahui, cara cek kuota Tri lewat SMS tidak akan memotong jumlah pulsa kita, karena layanan ini tidak dikenakan biaya atau gratis. Kita juga bisa menggunakan layanan ini meski tidak terhubung dengan internet.

Cek Kuota Internet Tri Lewat Dial Telepon

cara mengecek paketan 3

Mengecek kuota kartu 3 juga bisa dilakukan lewat menu dial telepon. Cara ini cukup mudah, tidak beda jauh berbeda seperti saat kita ingin melihat pulsa yang tersisa.

Berikut adalalah cara mengecek kuota internet 3:

  1. Pertama, buka aplikasi telepon/dialer di ponsel.
  2. Ketikan *111#, lalu tekan tombol Panggil.
  3. Pilih Menu Cek Kuota, ketik 4, Kirim.
  4. Pilih Kuota Data 2, Kirim.
  5. Pilih Cek Kuota, ketik 1, Kirim.
  6. Selanjutnya tinggal pilih jenis paket. Misalkan Kuota Data Reguler, ketik 1, Kirim.
  7. Lalu pilih Status&Info, ketik 8, Kirim.
  8. Terakhir, pilih Cek Kuota, ketik 1, Kirim.

Singkatnya bisa menggunakan kode USSD berikut:

Cara Cek Kuota 3(Tri)Kode
Cek Kuota 3(Tri)*111#
Cek Kuota Internet 3(Tri)*111*4*2*1*1#

Setelah itu nanti akan ada pesan SMS dari operator, nantinya kita bisa melihat informasi sisa kuota dan masa aktifnya.

Ingin berbagi pulsa ke teman atau keluarga? Jika belum tahu caranya bisa simak pada Cara Transfer Pulsa 3.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk kita bisa melihat sisa kuota dari paket internet setiap saat, apa itu?

Cara Melihat Kuota 3 Lewat Aplikasi

cara check kuota kartu 3

Ya benar, kita bisa mengecek sisa kuota paket internet 3 lewat aplikasi resminya Tri yang bernama Bima+. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna mengakses berbagai layanan Tri.

Jangan dulu berpikir bakalan ribet menggunakan aplikasi ini untuk cek kuota 3, karena menggunakannya cukup mudah. Cukup pasang aplikasinya.

Untuk mudahnya, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pasang aplikasi Bima+ di Google Play atau App Store.
  • Setelah terpasang, buka aplikasinya.
  • Masukan nomor telepon Tri Anda, tekan Lanjutkan.
  • Akan ada kode verifikasi yang dikirim lewat SMS.
  • Masukan kode verifikasi tersebut, tekan Lanjutkan.
  • Setelah berhasil masuk, pada beranda aplikasi akan tampil sisa kuota dari kartu Tri yang Anda gunakan.

Kayaknya cara mengecek kuota internet 3 lewat aplikasi lebih banyak dipilih pengguna, karena cukup membuka aplikasi kita bisa melihat kuota internet yang tersisa.

Cek kuota kartu 3 Lewat Website

cara mengecek kuota three

Untuk yang tidak mau memasang aplikasi jika hanya untuk sekedar mengecek paket tri, maka bisa coba melakukan lewat website Bima+. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kunjungi situs bima.tri.co.id.
  2. Klik tombol Login.
  3. Masukan nomor kartu Tri Anda untuk login.
  4. Selanjutnya akan ada SMS berisi kode verifikasi.
  5. Masukan kode Verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia, klik Lanjutkan.
  6. Setelah berhasil masuk, akan tampil informasi sisa kuota dari kartu Tri Anda.
  7. Selesai.

Perlu diketahui, fitur yang ada pada website Bima+ tidak jauh berbeda dengan versi aplikasinya. Jadi selain bisa digunakan untuk melihat sisa kuota internet, juga bisa untuk mengakses layanan dari 3(Tri).

Nah, sekarang tinggal pilih salah satu cara mengecek paket tri di atas. Saya peribadi lebih memilih menggunakan aplikasi, karena lebih mudah melihat sisa kuota internet dengan mudah setiap saat.

Jika ada masalah terkait kartu Tri yang Anda gunakan, segera hubungi Call Center Tri untuk segera mendapat solusi dari masalah terkait kartu Tri Anda.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here