Cara Cek Kuota 3

0

Pengguna kartu 3 (tri) perlu tahu cara cek kuota 3 untuk mengetahui sisa penggunaan data Internet, khususnya untuk Anda yang ingin mengontrol penggunaan data internet.

Dari kalangan anak muda perkotaan banyak yang menggunakan provider tri, karena memiliki harga paket internet yang terjangkau dengan jumlah kuota yang banyak.

Meski sudah mendukung jaringan 4G, namun jangkauan jaringan seluler Tri hanya ada di kota-kota besar saja. Itu sebabnya pengguna Tri banyak didominasi oleh masyarakat perkotaan.

Dengan semakin besarnya kebutuhan internet, Operator 3 melihat peluang ini dengan membuat berbagai program paket internet dengan kuota banyak dengan harga murah, mulai paket internet harian hingga bulanan.

Meski memiliki jumlah paket dengan kuota yang banyak, namun Anda juga harus memperhatikan sisa kuota 3, agar tidak habis tiba-tiba pada saat berselancar, memutar Youtube atau bermain game, bisa gawat.

Dengan internet menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, maka muncul peribahasa “Harta, Tahta, Kuota”. Meski nampak lucu, namun hal tersebut memang sedang terjadi, khususnya di kalangan anak muda.

Karna kuota internet penting, maka penting mengecek sisa kuota internet 3 agar tidak habis kuota di waktu yang salah.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas 4 macam cara mengetahui sisa kuota internet 3. Anda bisa memilih cara yang paling mudah dilakukan, berikut pembahasannya.

Cek Kuota Tri melalui USSD

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui sisa kuota internet Tri, yaitu dengan menu USSD yang disediakan oleh pihak Tri. USSD sendiri merupakan protokol yang biasa digunakan pada jaringan GSM untuk berkomunikasi dengan server provider.

Untuk mengecek sisa kuota 3 melalui USSD bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pada menu panggilan Ketik *111# dan tekan tombol Panggil.
    cara cek kuota 3 4g
  • Nanti akan akan muncul pop-up menu, ketik 1 dan Kirimkan, untuk memilih menu Info pulsa/ Internet hemat.
  • Selanjutnya pilih menu Cek Kuota, ketik 4 dan Kirimkan.
  • Pilih menu Kuota Data, ketik 2 dan Kirimkan.
  • Selanjutnya pilih menu Kuota Data Regular, ketik 1 dan Kirimkan.
  • Selanjutnya tinggal menunggu beberapa saat sampai ada SMS masuk dari Tri berisikan infirmasi sisa paket data internet.

Cara Cek Kuota 3 dengan SMS

Sama halnya ketika menggunakan cara cek kuota internet dengan kode USSD, mengecek jumlah kuota melalui SMS pun tidak akan memotong jumlah pulsa, cara ini gratis digunakan. Untuk melakukannya bisa dengan cara berikut.

  1. Buka menu pesan, dan ketik “Info data” dan kirim ke 234.
    my tri co id cek kuota
  2. Tunggu beberapa saat.
  3. Selang beberapa waktu, Anda akan mendapatkan pesan SMS mengenai informasi nomor telepon beserta sisa kuota yang Anda miliki.

Cek Sisa Kuota 3 via Aplikasi Bima Tri

Operator 3 juga memiliki aplikasi yang bernama Bima Tri berisikan berbagai layanan yang dimiliki-nya, sama seperti operator seluler kabanyakan.

aplikasi cek kuota 3

Aplikasi Bima+ ini bisa dipasang pada smartphone Android. Melalui aplikasi ini juga Anda bisa dengan mudah mengetahui sisa kuota internet, sisa pulsa, nomor telepon dan beberapa informasi lainnya.

Lupa dengan kartu XL yang sedang digunakan? Ada beberapa cara cek nomor XL yang bisa Anda coba. Baca: Cara Cek Nomor XL.

Cara Cek Kuota 3 melalui Website

Cara terakhir adalah dengan cek kuota 3 melalui situs Tri, informasi yang tampil sama dengan yang muncul pada aplikasi Bima+. Untuk melakukannya bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

cara cek kuota 3 aon,
  • Kunjungi laman http://internet.tri.co.id/, selanjutnya lakukan login menggunakan nomor ponsel Anda.
  • Setelah login Anda bisa menjumpai sisa kuota data internet, dan beberapa informasi lainnya, seperti nomor telepon, sisa kuota, jenis paket internet dan masa aktif.

Bagaimana?

Dari beberapa cara cek kuota 3 yang sudah dijelaskan diatas mana yang menurut mu paling mudah digunakan? Cara yang paling praktis bisa menggunakan kode USSD dan SMS. Jika melakukan pengecekan kuota internet melalui aplikasi dan website 3 akan memakan kuota, tidak gratis diakses.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here