Cara Membuat Broadcast di WhatsApp

cara broadcast di whatsapp

Ingin kirim pesan WA ke banyak orang sekaligus? Mudah kok, kita bisa memanfaatkan fitur WhatsApp Broadcast. Untuk yang belum tahu, silahkan simak pembahasan cara broadcast di WhatsApp berikut.

Perlu diketahui, fitur broadcast WhatsApp sudah lama hadir, hanya saja letak fitur ini tersembunyi dan namanya ‘Siaran baru’, jadi banyak pengguna WhatsApp yang belum memanfaatkannya.

Maka tidak heran jika banyak pengguna yang belum tahu cara broadcast di WhatsApp, padahal fitur ini cukup berguna untuk mengirim pesan broadcast kebanyak orang dalam waktu bersamaan.

Contoh penggunaan fitur broadcast WhatsApp yang paling umum adalah untuk mengirim ucapan hari raya, pengumuman atau untuk promosi produk dari bisnis yang sedang dijalankan.

Intinya setiap orang pasti memiliki tujuan masing-masing. Nah, untuk yang belum tahu cara broadcast WhatsApp bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Syarat Broadcast di WhatsApp

Tapi sebelum mengirim pesan broadcast di WhatsApp, pastikan Anda sudah tahu syarat menggunakan fitur ini, seperti:

  • Pastikan semua akun yang masuk Daftar Siaran menyimpan nomor Anda pada buku telepon mereka.
  • Tidak ada batasan atas Daftar Siaran yang bisa dibuat pengguna.
  • Pengguna bisa memilih hingga 256 kontak pada tiap Daftar Siaran.
  • Disarankan untuk memberikan jeda saat mengirim pesan ke Daftar Siaran, agar semua pesan terkirim.

Untuk jelasnya simak pada laman faq.whatsapp.com.

Mungkin Anda akan menjumpai beberapa pesan broadcast WhatsApp tidak terkirim, ini bisa disebabkan karena kontak yang kita masukan Daftar Siaran tidak menyimpan nomor telepon pada buku telepon mereka.

Atau bisa juga karena Anda mengirim pesan broadcast dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan ke banyak Daftar Siaran.

Cara Broadcast di WhatsApp

Perlu diketahui, ada sedikit perbedaan cara melakukan broadcast di wa pada aplikasi WhatsApp Android dan iPhone.

Cara Broadcast WhatsApp di Android

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan Menu Lainnya (titik tiga di kanan atas)
  3. Pilih menu Siaran baru.
  4. Cari dan pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke Daftar siaran.
  5. Ketuk tanda Centang untuk menyimpan.
  6. Setelah itu ketik dan kirim pesan WhatsApp seperti biasa.
cara broadcast pesan di whatsapp

Setelah kita menekan tombol Kirim, pesan akan dikirim secara pribadi kepada setiap kontak yang ada pada Daftar siaran. Pesan yang terkirim seperti pesan WhatsApp yang dikirim normal.

Saat penerima membalas pesan siaran WhatsApp kita maka pesan balasannya juga akan tampil sebagai pesan pribadi, jadi kontak yang ada di Daftar siaran tidak akan tahu isi balasannya.

Oh iya, jika ingin mengedit Daftar siaran caranya cukup mudah. Buka Daftar siaran > Tekan Opsi Lainnya (titik tiga) > pilih Info daftar siaran:

cara membuat broadcast di whatsapp
  • Edit (Ikon pensil) untuk mengganti nama daftar siaran.
  • Tambah penerima (Ikon kontak plus) untuk menambah daftar.
  • Edit penerima untuk menambah dan menghampus penerima.
  • Ikon x untuk menghapus penerima.
  • Centang untuk menyimpan.

Dan jika ingin menghapus Daftar Broadcast / Siaran, cukup tekan dan tahan daftar siaran yang ingin dihapus > lalu pilih Hapus daftar siaran (ikon tempat sampah) > pilih Hapus. Bisa pilih hapus media atau tidak.

Cara Broadcast WhatsApp di iPhone

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan menu Broadcast Lists di bagian atas Chat.
  3. Tekan menu New list di bagian bawah Broadcast Lists.
  4. Lalu cari dan pilih kontak yang akan ditambahkan ke daftar.
  5. Jika sudah, tekan Create.
  6. Tinggal ketik dan kirim pesan seperti biasa, atau bisa kembali.
cara broadcast whatsapp di iphone
Garmbar dari lifewire.com

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi WhatsApp Android, untuk mengedit daftar siaran bisa tekan Broadcast Lists > tekan ikon “i” di samping daftar yang ingin diedit. Pada laman List Info, kita bisa:

  • Mengganti nama broadcast list.
  • Menambah atau menghapus penerima dari daftar dengan menekan Edit list…

Lalu jika ingin menghapus Daftar siaran bisa menekan Broadcast Lists di bagian atas chat > Gesek ke kiri daftar siaran yang ingin dihapus > lalu tekan Delete.

Cara Broadcast WhatsApp Business

Perlu diketahui juga cara broadcast WhatsApp Business tidak jauh berbeda, langkah-langkahnya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kita cukup membuat daftar siaran, menambahkan kontak, dan kirim pesan broadcast.

Karena fitur utama antara aplikasi WhatsApp biasa dan bisnis tidak jauh berbeda.

Untuk jelasnya berikut adalah cara broadcast di wa bisnis:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp Business.
  2. Tekan Menu Lainnya (titik tiga di kanan atas)
  3. Tekan menu Siaran baru.
  4. Cari dan pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke Daftar siaran.
  5. Tekan ikon Centang untuk menyimpan.
  6. Setelah itu ketik dan kirim pesan WhatsApp seperti biasa.

Cara Broadcast WhatsApp di PC

Cara kirim pesan broadcast WhatsApp di PC bisa kita lakukan dengan memanfaatkan layanan WhatsApp Web atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Syarat utama kita bisa kirim pesan broadcast WhatsApp di PC sebelumnya kita telah membuat daftar siaran. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

cara broadcast whatsapp di pc

Jika sudah ada daftar siaran, selanjutnya tinggal kirim pesan broadcast yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Cara Broadcast di WhatsApp ke Semua Kontak

Seperti yang sudah dijelaskan pada syarat broadcast WhatsApp, tidak ada batsan atas daftar siaran yang bisa dibuat penggguna dan setiap daftar siaran bisa menampung hingga 256 kontak.

Nah, jika jumlah kontak pada buku telepon misalnya ada 1000 kontak, maka solusinya bisa membaginya menjadi beberapa Daftar siaran misalkan: Broadcast jualan 1, 2, 3, 4.

Dengan cara membagi daftar siaran, maka kita tetap bisa mengirim pesan broadcast WA ke semua kontak dengan waktu yang singkat.

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Ada cara broadcast di wa tanpa save nomor, namun untuk melakukan memerlukan aplikasi dari pihak ketiga, sejauh ini aplikasi broadcast WhatsApp tanpa save nomor kebanyak berbayar.

Karena tujuan dibuatnya aplikasi broadcast WhatsApp untuk bisnis atau berjualan. Nantinya bisa digunakan untuk kirim pesan broadcast kebanyak nomor, meski nomor tujuan tidak menyimpan nomor kita.

Ada banyak aplikasi yang memiliki fitur serupa, namun yang paling banyak digunakan adalah aplikasi berikut.

NoNama AplikasiHargaTautan
1Bulk WhatsappRp150.000Klik Disini
2WA Bisnis ProRp175.000Klik Disini
3WA BuzzerRp199.000Klik Disini
4WAM ProsenderRp200.000Klik Disini
5Jago Kirim WARp230.000Klik Disini
6WA FlazzRp299.000Klik Disini
7WA Blaster Pro v4Rp397.000Klik Disini
8WA Blaster Pro EditionRp497.000Klik Disini
9WA BlitzRp547.000Klik Disini
10WA Sender Pro NinjaRp597.000Klik Disini

Setiap aplikasi broadcast WhatsApp memiliki fitur yang sama diurutan berdasarkan harga terendah. Mungkin yang membedakan adalah fitur tambahannya saja. Untuk jelasnya bisa buka lamannya langsung.

Ingin menghapus kontak WhatsApp yang tidak penting? Simak tulisan Cara Menghapus Kontak di WhatsApp.

Manfaat Broadcast WhatsApp

1. Efektif dan Menghemat Waktu

Dengan memanfaatkan broadcast message WhatsApp kita bisa mengirim pesan yang sama ke banyak nomor dengan cepat. Bisa dibayangkan berapa lama jika kita mengirim pesan yang sama kebanyak orang secara manual.

Dengan adanya wa broadcast bisa menghemat waktu, kita hanya perlu membuat daftar siaran, yaitu siapa saja yang nantinya akan menerima pesan yang kita kirim.

2. Hanya Kontak yang ada Daftar Siaran yang dapat Pesan

Dengan fitur ini bisa menghindarkan kita salah kirim pesan. Dengan broadcast kita bisa yakin bahwa pesan yang dikirim ke banyak orang merupakan pesan yang sama.

Selain itu, pesan yang diterima juga dalam bentuk pesan biasa, penerima akan mengganggapnya sebagai pesan yang dikirim ke dirinya secara khusus.

3. Bisa Mengetahui Siapa saja yang sudah Menerima Pesan

Lewat fitur Siaran WhatsApp kita bisa mengetahui siapa saja yang sudah menerima pesan. Jadi kita tidak harus mengecek satu persatu, kita hanya cukup lihat pada daftar siaran.

Ingin menggunakan 2 akun WhatsApp dalam satu ponsel? Tidak sulit kok, simak Cara Menggunakan 2 WhatsApp.

Tips Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp

Selain bisa untuk kirim pesan biasa, pesan broadcast juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan, kita bisa kirim pesan info produk terbaru, promosi, dan penawaran.

Nah, agar pesan yang kita kirim lewat broadcast WhatsApp benar-benar ampuh dan efektif pastikan konten broadcast chat jelas. Silahkan coba beberapa tips berikut.

1. Jika Menggunakan Gambar

  • Pastikan menggunakan gambar yang menujukan produk yang dipromosikan.
  • Gunakan gambar produk yang jelas dan menarik.
  • Pada gambar juga harus membuat informasi yang jelas mengenai promosi dan harga.

2. Jika Menggunakan Pesan Teks

  • Pesan harus menampilkan promos dengan jelas.
  • Pesan harus menonjolkan keunggulan dari produk yang dijual.
  • Isi pesan harus mengajak target penerima broadcast untuk membeli produk yang dijual.
  • Isi pesan juga harus disesuaikan dengan karakteristik target penerima pesan broadcast.

Contoh Broadcast WhatsApp

Untuk yang masih bingung membuat isi kalimat dalam pesan broadcast bisa coba dan tiru contoh broadcast WhatsApp menarik di bawah ini.

1. Contoh Broadcast WhatsApp Promosi produk Kecantikan

Lagi cari cream wajah yang aman, sehat & non mercury?

Buat wajah tidak boleh salah pilih ya sist.

Pasti tahu kan kalau wajah itu aset yang sangat berharga.

Oh ya, sudah tahu Micro Daily Cream belum?

Hingga detik ini, lebih dari 95% survey yang sudah menggunakan cream ini merasa cocok, bikin kulit semakin bersih, putih, halus, dan mulus.

Ini bukan kata Saya ya, tapi kata konsumen langsung.

Contohnya seperti yang dirasakan pelanggan Saya Mba Rina.

Meski gak ada efek samping dan bikin ketergantungan, setiap creamnya habis selalu order lagi deh. Katanya cocok banget sama cream ini

Creamnya sangat cocok untuk yang ingin:

– Menghilangkan flek-flek hitam pada kulit wajah

– Mengecilkan pori pori

– Mengencangkan kulit wajah

– Mengangkat sel kulit mati

– Menghilangkan jerawat

– Kulit jadi bersih dan bersinar

Atau yang ingin tampil lebih muda daripada usia aslinya.

Untuk pemesanan bisa ke WA 08XX-XXXX-XXXX ya sist.

Atau boleh tanya-tanya dulu lewat inbox juga gak papa.

2. Contoh Broadcast Whatsapp Promosi Fashion

Daster ini beberapa kali diorder buat kado.
Ada yang buat hadiah ke saudaranya, keponakannya, sahabatnya, ada juga buat karyawannya.

Bakalan ingat terus nih sama yang ngasih. 

Secara modelnya gak norak, dan memang nyaman dipakai.
Saya saja koleksi sampai 5, hehe

Oh ya, tau ga sih kalau lagi ada diskon buat daster ini sampai tanggal 10 Januari?

Lumayan hemat 20ribu dari harga normal.
Bahkan yang ambil 4, dapat bonus gratis 1.

Biasanya, kalau ada promo seperti ini, otomatis ibu-ibu gak mau melewatkan.

Supaya gak kehabisan, bisa langsung WA ke 08xx-xxxx-xxxx ya 

3. Contoh Broadcast Whatsapp Rekrut Reseller

Kesempatan langka nih. Lagi ada promo tengah bulan. Cuma Rp. 250.000 doang, bisa langsung jadi distributor sabun wajah genature.

Itu lho mak, sabun wajah yang lagi ngehits gara-gara sering diendorse om-om ganteng, hehe.

Biasanya untuk jadi distributor, keluar 350.000. Ini cuma 250 aja. Jadi enak hemat 100.000. Lumayan kan uangnya buat beli sayur? hehe.

Sayangnya kesempatan ini dibatasin cuma sampai 50 orang aja ya. Tapi kabar baiknya, masih ada sisa 14 orang lagi, kuota yang 36 orang sudah terisi.

4. Contoh Broadcast Whatsapp Rumah Makan

Kalau belum pernah ke Depot Sedap itu artinya terlambat sekali.

Coba tanya temanmu rasa masakannya gimana, hehe
Biasanya sih kalau kesini, pada pesan ayam Saus spesial yang katanya enak pol.

Pas banget kesini kalau lagi lapar banget.

Selain pesan ayam Saus spesial, cobain juga Tropikal drinknya.
Kombo pas.

Lihat dari gambar gak cukup dan bisa penasaran banget.

Coba sekali, nanti balik lagi.

5. Contoh Broadcast WhatsApp Seminar

Untuk teman-teman pengusaha yang perilaku karyawannya seperti ini
– Tidak Fokus
– Pesimis
– Kurang Semangat
– Gak proaktif

Maka karyawannya sangat perlu ikut Training Produktivitas.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keyakinan mereka untuk meraih target kerja yang tinggi yang ujung-ujungnya akan meningkatkan pencapaian bisnisnya teman-teman.

Info lengkap tentang training ini boleh dicek langsung di (link)

Jangan sampai gara-gara karyawan, bisnis jadi gak karuan.

6. Contoh Broadcast WhatsApp Jualan Snack

Kok bisa begini ya?

Rasanya gurih, pas banget di lidah.
Gak heran semingguan ini teman-teman pada balik order lagi 

Apalagi kalau dibuat cemilan pas kumpul bareng-bareng.
Kunyah terus sampai habis, hehe.

Ready rasa Balado, Jagung Manis, dan Keju.

Contoh pesan broadcast di atas berasal dari iimers.com. Disarankan untuk menyertakan foto atau gambar dari produk yang ditawarkan ya.

Demikian pembahasan mengenai cara broadcast di WhatsApp, semoga membantu pembaca memahami penggunaan fitur broadcast WhatsApp dan bisa mengirim pesan Siaran.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here