6 Aplikasi Android Terbaik Untuk Guru

0
Aplikasi Android Terbaik Untuk Guru

Perkembangan teknologi semakin canggih, dan para pengajar dituntut untuk kreatif dan inovatif. Tujuannya agar melek teknolgi dan ketinggalan oleh para peserta didiknya.

Ada banyak aplikasi pendidikan yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk mengembangkan model pembelajar, tentu saja tujuan akhirnya untuk menemukan model pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan zaman.

Nah pada artikel ini kita akan membahas aplikasi Android untuk guru, disertai keterangan singkat mengenai fungsi dan kegunaan aplikasi.

Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi pendidikan Android yang bisa digunakan secara gratis
Google Classroom

Google pun tidak mau kalah membuat aplikasi Android terbaik untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan. Google Classroom bisa digunakan untuk sekolah, lembaga pendidikan non-profit dan semua orang yang memiliki akun Google.

Aplikasi Google Classroom fitur pendukung yang sangat lengkap. Dengan aplikasi ini guru bisa dengan mudah mengorganisir kelas dan siswanya. Dengan penggabungan dengan Google Drive, pengguna bisa mengunggah berbagai file seperti gambar, video dan dokumen.

Google Classroom memudahkan guru membuat dan mengirimkannya langsung semua semua, bisa mengkoreksi hasil tugas siswa, dan tidak memerlukan kertas selembar pun. Aplikasi ini telah digunakan oleh 10 juta orang lebih.

RuangGuru

Ruangguru merupakan aplikasi pendidikan Android kayar anak Bangsa Bahasa Indonesia
Ruangguru – Aplikasi Belajar

RuangGuru merupakan aplikasi bimbingan belajar online, yang memiliki banyak fitur, mulai dari nonton video belajar, latihan tes soal, les privat, tryout dan fitur lainnya yang bisa diakses melalui smartphone.

Konten dalam aplikasi RuangGuru tersedia untuk berbagai jenjang, mulai dari SP sampai SMA, yang dirancang sesuai dengan kurikulum nasional, dan dibuat khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman.

Aplikasi RuangGuru memiliki desain antar muka yang menarik. Juga memiliki fitur pendukung untuk belajar secara online untuk persiapan UN dan SBMPTN. Untuk pembahasan setiap materinya cukup lengkap dan bisa langsung berkonsultasi dengan guru.

Baca Juga :  Bernostalgia Dengan Game PSP dan PS1 di Hape Android, ini dia Caranya !

ClassDojo

ClassDojo merupakan aplikasi pendidikan Android
ClassDojo

ClassDojo membantu para guru untuk meningkatkan produktifikas kegiatan belajar siswa. Dengan aplikasi ini guru bisa membaca data tentang prilaku siswa, yang nantinya bisa dilaporan kepda orang tua.

Aplikasi ClasDojo memiliki fitur untuk menampilkan virtual kelas. Untuk desain tampilan aplikasi cukup menarik juga memiliki banyak fitur pendukung untuk kegiatan belajar mengajar.

Orang tua bisa memantau perkembangan anaknya dengan mudah. Guru pun bisa dengan mudah mengeloa absensi kehadiran, perilaku siswa, dan lainnya. Aplikasi ini juga sudah diinstal lebih dari 10 juta orang. Selain versi gratis, aplikasi ini juga tersedia versi berbayarnya, mulai Rp 13.000,- s/d 139.000,-.

Teacher Gradebook

Teacher Gradebook Aplikasi Android untuk pendidikan
Teacher Gradebook

Teacher Gradebook membantu para guru untuk mengelola berbagai kegiatan dalam proses belajar mengajar. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti pengelolaan nilai, catatan guru, rubrik assessement, penghitung otomatis nilai akhir, daftar kehadiran, statistik kehadiran dll.

Aplikasi Teacher Gradebook mendukung import data dari dokumen format CSV, dan bisa melakukan export dokumen dalam format CSV dan PDF. Guru bisa dengan mudah mengedit pada tugas yang diberikan ke siswa.

Aplikasi Pendidikan ini diproduksi Fran Meneu. Tercatat di Google Play aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih 100 ribu pengguna. Untuk versi gratis, pengguna akan menemui beberapa iklan didalam aplikasi, sedangkan untuk aplikasi berbayar seharga Rp 73.000,-.

Remind: School Communication

Remind School Communication Aplikasi Android untuk menjadi hubungan antar guru dengan orang tua siswa
Remind School Communication

Aplikasi Remind: School Communication adalah aplikasi yang sangat berguna untuk menjadi hubungan antar guru, murid, dan orang tua murid. Intinya aplikasi ini memiliki fungsi sebagai media berkirim pesan. Guru bisa langsung berkomunikasi dengan langsung dengan siswa dan orang tua siswa melalui pesan teks.

Aplikasi ini juga sudah mendukung untuk berbagi file, foto, dan dokumen. Aplikasi ini juga sudah mendukung 85 bahasa.

Baca Juga :  81 Kode pada Smartphone Android

Remind101 mengklaim aplikasi ini sudah digunakan lebih 27 juta tenaga pengajar, murid, dan orang tua di Amerika. Aplikasi ini sudah dipasang oleh 10 juta pengguna, jadi sangat layak mendapatkan gelar sebagai aplikasi pendidikan yang banyak digunakan.

Edmodo

Edmodo adalah aplikasi Android untuk kegiatan belajar mengajar di kelas
Edmodo

Edmodo merupakan salah satu aplikasi pendidikan yang banyak digunakan. Memiliki fitur yang membantu guru untuk mengelola berbagai kegiatan kelas. Dengan aplikasi ini guru bisa dengan mudah memberikan catatan, ulasan dan arahan pada setiap tugas yang dibuat untuk siswanya.

Sama seperti Remind: School Communication, aplikasi ini bisa digunakan untuk berkomunikasi, guru bisa mengirim pesan secara rela-time kepada guru, siswa, maupun orang tua siswa.

Aplikasi produksi Edmodo, Inc ini telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna. Untuk guru yang sedang mencari aplikasi yang cocok untuk kegiatan belajar mengajar tidak ada salahnya mencoba aplikasi yang satu ini.

Itulah daftar aplikasi Android yang bisa digunakan oleh para guru. Untuk anda yang berkecimpung di dunia pendidikan, tidak ada salahnya mencoba aplikasi diatas agar mendapatkan pengalaman baru. Atau ada aplikasi Android pendidikan terbaik lannya ?

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here