Cara Mematikan WhatsApp Sementara Tanpa Menonaktifkan Data Seluler

Ingin menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu agar tidak terganggu dengan pesan masuk? Tentu saja bisa, ada beberapa cara mematikan WhatsApp sementara, salah satunya bisa tanpa mematikan data.

Seperti yang kita tahu, aplikasi WhatsApp kini jadi aplikasi kirim pesan yang banyak digunakan masyarakat, bahkan telah menggantikan peran SMS dan Telepon reguler sebagai media komunikasi.

Karena hanya dengan satu aplikasi WhatsApp kita bisa kirim pesan teks, suara, video dan dokumen. Kita juga bisa melakukan panggilan suara dan video.

Meski memiliki fungsi yang cukup penting untuk komunikasi, namun adakalanya WhatsApp membuat kita sulit konsentrasi dan bahkan bisa mengganggu. Khususnya pada saat banyak pesan masuk.

Mematikan WhasApp untuk sementara waktu bisa jadi solusi untuk menenangkan pikiran, agar tidak terganggu dengan suara notifikasi pesan atau panggilan masuk.

Cara Mematikan WhatsApp Sementara

Fitur untuk menonaktifkan akun WhasApp sementara waktu sebenarnya tidak ada atau belum tersedia pada aplikasi WhatsApp. Namun kita bisa memanfaatkan fitur bawaan ponsel dan aplikasi WhatsApp.

Penasaran bagaimana cara melakukannya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mematikan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data

Berikut adalah cara menonaktifkan WhatsApp tanpa mematikan data seluler:

  1. Buka menu Setting/Setelan pada ponsel Android.
    mematikan whatsapp tanpa mematikan data
  2. Pergi ke menu Apps & notification/Aplikasi & notifikasi lalu ketuk See all apps/Lihat semua aplikasi (tergantung tipe ponsel).
  3. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Ketuk tombol Force Stop/Paksa Berhenti.
    cara mematikan whatsapp sementara di android
  5. ketuk opsi Ok untuk konfirmasi.
  6. Kini aplikasi WhasApp telah berhenti berjalan yang artinya sudah dalam keadaan nonaktif.

Setelah aplikasi WhatsApp berhenti berjalan, maka tidak akan ada notifikasi lagi pesan dan panggilan masuk. Jika ada mengirim pesan kepada kita maka statusnya hanya centang satu.

Metode ini bisa kita gunakan jika ingin menonaktifkan WhatsApp tanpa mematikan data seluler. Jadi kita tetap bisa bermain game atau membuka aplikasi media sosial lain tanpa terganggu dengan notifikasi WhatsApp.

Untuk mengaktifkannya kembali maka hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp-nya, setelah itu notifikasi pesan dan panggilan masuk akan muncul.

Selain dengan memaksa berhenti aplikasi, ada beberapa metode lain yang bisa kita coba agar bisa terbebas dari distraksi notifikasi WhatsApp. Silahkan simak di bawah ini.

Ingin menyalin semua chat di WhatsApp agar tidak hilang? Simak panduannya pada tulisan Cara Menyalin Semua Obrolan di WhatsApp.

Mematikan WhatsApp dengan Uninstall Aplikasi

Meng-uninstall WhatsApp bukan berarti juga menghapus akun WhatsApp. Kita tetap bisa menggunakan akun yang sama untuk login.

Menonaktifkan WhatsApp dengan metode ini memang memiliki resiko seperti kehilangan riwata chat sebelumnya. Jadi sebelum melakukannya pastikan sudah melakukan backup terlebih dahulu.

Caranya adalah:

  • Buka menu Setelan.
  • Pilih menu Aplikasi & notifikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk tombol Uninstal.
  • ‘Apakah Anda ingin meng-uninstal aplikasi ini?’ ketuk Oke untuk konfirmasi.
  • Kini aplikasi WhatsApp berhasil kita hapus dan akun akan nonaktif.
cara mematikan whatsapp sementara tanpa mematikan data

Jika ingin memulihkan akun, maka unduh kembali aplikasi WhatsApp lewat Google Play, lalu login dengan nomor telepon, berikan akses pada aplikasi, termasuk opsi untuk mengmbalikan riwayat chat sebelumnya.

Berbeda dengan metode sebelumnya, ketika mematikan WhatsApp sementara dengan Uninstall aplikasi maka pesan masuk selama akun nonaktif tidak akan masuk.

Sering penasaran dengan isi pesan yang telah dihapus oleh pengirimnya? Kita bisa kok membacanya, bagaimana caranya? Silahkan simak pada Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus.

Atur Nada Dering jadi Tidak Ada Suara

Ini bisa jadi opsi untuk yang sebenarnya tidak ingin mematikan WhatsApp, namun terganggu dengan suara notifikasi pesan dan panggilan masuk WhatsApp. Maka bisa melakukan setelan nada notifikasi jadi ‘Tidak Ada’.

Menonaktifkan Suara Nada Dering WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp

cara menonaktifkan whatsapp tanpa mematikan data
  • Ketuk Menu Lainnya (titik tiga di pojok kanan atas)
  • Pilih menu Setelan lalu pergi ke menu Notifikasi
  • Nonaktifkan Nada percakapan ketuk tombol Penggeser di sebelahnya.
menonaktifkan whatsapp tanpa mematikan data
  • Pada bagian Pesan, Grup dan Panggilan ketuk opsi Nada Dering lalu pilih ‘Tidak Ada’
  • Setelah itu suara nada dering notifikasi WhatsApp tidak akan mengganggu lagi.

Dengan hanya mengatur nada dering WhatsApp jadi tidak ada suara, maka kita tidak akan terganggung dengan suara notifikasi WhatsApp. Meski begitu notifikasi WhatsApp akan tetap muncul di layar saat ada pesan dan panggilan masuk.

Jika ingin mengembalikan setelan nada dering notifikasi WhatsApp ke semula, langkah-langkahnya sama seperti di atas, lalu pada laman Notifikasi ketuk Menu Lainnya (titik tiga di pojok kanan atas) lalu pilih Setel ulang setelan notifikasi.

Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp

Opsi ini bisa kita pilih jika seandainya merasa terganggu dengan notifikasi WhatsApp yang muncul di layar, khususnya pada saat sedang bermain game. Notifikasi yang muncul di layar kadang cukup mengganggu konsentrasi.

cara menonaktifkan whatsapp tanpa mematikan data seluler

Cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp, pertama buka menu Setelan > lalu pergi ke menu Aplikasi & notifikasi > Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp > ketuk opsi Notifikasi > Lalu ketuk pada ‘Tampilkan notifikasi’ agar menjadi nonaktif.

Selain itu juga ketuk pada beberapa setelan notifikasi yang bisanya muncul, seperti ‘Cadangkan riwayat chat’ dll. Tujuannya agar tidak ada sama sekali notiifikasi yang muncul.

Ingin menghapus kontak di WhatsApp? Fitur hapus kontak memang tidak tersedia pada aplikasi WhatsApp, untuk melakukannya silahkan pada Cara Menghapus Kontak di WhatsApp.

Kesimpulan

Saat dalam keadaan sibuk atau liburan kadang notifikasi WhatsApp bisa cukup mengganggu, terlebih jika dalam keadaan yang tidak mau sama sekali diganggu.

Maka tidak ada salahnya kita mematikan atau menonaktifkan sementara aplikasi WhatsApp agar tidak ada pesan atau panggilan yang masuk untuk beberapa saat. Lalu setelah semuanya kembali normal, maka kita bisa mengaktifkanya kembali.

Oh iya, jika mau berbagi, pembaca tulisan ini bisa berkomentar di bawah ini terkait alasan kenapa harus ‘mematikan WhatsApp sementara’.

Rio Yaqin
Rio Yaqin

Sedang belajar jadi pekerja teks komersial. Saat ini saya sedang aktif di Facebook, Instagram dan Twitter, bukan sebagai pekerja, cuma jadi pemakai seperti kebanyakan orang. Segitu dulu saja, karena perintahnya "Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik." #McQueenYaQueen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *