Pantai Legon Pari – Wisata Pantai Sawarna yang Tersembunyi

0
Pantai Legon Pari
Pantai Legon Pari @heiirama

Seperti yang kita tahu bahwa wilayah Indonesia sebagian besar dikelilingi oleh pantai, itu sebabnya Indonesia memiliki banyak sekali wisata pantai dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Legon Pari, wisata Pantai Sawarna yang memiliki pasir yang putih dan halus.

Pantai Legon Pari kini banyak dikunjungi wisatawan khususnya anak muda, karena tempatnya sangat instragramable, selain memiliki pasir yang putih juga air lautnya biru bersih, ombak dipantai ini tidak terlalu besar, dan aman untuk berenang.

Ombak di Pantai Legon Pari kecil disebabkan pantai yang menjorok ke daratan, jadi aman untuk tempat berenang anak-anak.

Perlu diketahui bahwa pantai ini tidak seramai pantai lain yang ada di Sawarna, karena lokasinya yang agak jauh, juga akses jalannya hanya bisa dilalui oleh motor dan pejalan kaki. Namun pantai ini menjadi rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Sawarna.

Rute Menuju Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari masuk wilayah Desa Sawarna, yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Jadi rute yang digunakannya pun sama dengan rute menuju Sawarna. Untuk lebih jelasnya bisa mengikuti rute berikut.

Jika dari Jakarta

Berikut adalah rute yang sering digunakan wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya yang berlibur ke Sawarna, rute yang biasa digunakan ini aman dilewati, namun harus tetap berhati-hati karena ada beberapa ruas jalan yang rusak.

Jalur Timur

  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

  • Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
Baca Juga :  Pantai Bolu Bolu

Jika dari Bandung

Untuk rute dari Bandung, berikut adalah rute yang biasa digunakan oleh banyak wisata dari Bandung ke Sawarna.

  • Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Agar lebih mudah menggunakan rute diatas, disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Map atau Waze, karena akan sangat membantu menemukan rute yang tepat dari posisi keberangatan.

Jika sudah sampai Sawarna maka selanjutnya wisatawan bisa bertanya atau mencari jalan menuju Pantai Legon Pari. Jarak dari pos masuk ke Pantai Legon Pari sekitar 4-5 KM. Jika ditempuh dengan jalan kaki memerlukan waktu sekitar 40 menit dan jika menggunakan motor/ojek bisa 10-15 menit.

Harga Tiket Masuk

Setelah melewati jembatan gantung, wisatawan akan melewati pos masuk wisata Legon Pari dan dimintai tiket masuk/biaya retribusi sebesar Rp 5.000/orang. Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau wisatawan akan mendapati wisata pantai yang indah.

Perlu diketahui bahwa uang dihasilkan dari pemungutan ini akan masuk ke kas Desa, yang kemudian akan digunakan untuk membiayai pembangunan jalan dan fasilitas pantai.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Legon Pari

Meski yang menjadi andalan dari wisata Pantai Legon Pari adalah keindahan alam yang masih asri, namun banyak aktivitas yang bisa dilakukan wiatawan ketika mengunjungi pantai ini. Berikut beberapa inspirasi kegiatan yang bisa dilakukan wiastawan :

Menikmati Alam

Selain menikmati pantai yang indah, diperjalanan menuju Legon Pari wisatawan juga akan mendapati pesawahan yang luas milik penduduk, jika beruntung wisawatan bisa melihat hamparan pesawahan yang hijau, atau hamparan pesawahan yang menguning jika musim panen akan tiba.

Juga pemandangan yang indah, melihat hamparan lautan luas dari ketinggian. Wisatawan bisa melihat pemandangan ini diperjalanan sebelum memasuki jalan turunan.

Berenang

Berenang di Legon Pari
Berenang di Legon Pari @doni_riza

Pantai Legon Pari memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan tidak begitu dalam, jadi aman digunakan untuk aktvitas berenang. Kebanyakan wisatawan yang menunjungi pantai ini banyak menghabiskan waktunya untuk berenang.

Baca Juga :  Pantai Sambolo

Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunrise Pantai Legon Pari
Sunrise Pantai Legon Pari@syam_yuliansyah

Salah satu alasan banyak wiatawan(khususnya anak muda) mengunjungi pantai Legon Pari adalah pantai ini memiliki suasana sunrise yang indah terutama untuk sunrise di pantai Karang Beureum yang lokasinya tidak jauh dari Legon Pari.

Wisatawan yang menginap di penginapan yang lokasinya agak jauh dari Legon Pari biasanya mulai berangkat jam 5.00 pagi menggunakan motor. Menikmati indahnya sunrise bisa dilakukan dengan keluarga atau pasangan.

Mengunjungi Gua Lalay

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah mengunjungi dan menjelajahi Gua Lalay, dengan jarak tempuh sekitar 15 menit perjalanan dengan motor dan jika jalan kaki memerlukan waktu sekitar 45 menit.

Untuk sampai ke tempat ini wisatawan yang baru pertama kali harus menggunakan jasa guide. Wisatawan juga harus membayar biaya retribusi Rp 5.000/orang. Didalam gua wisatawan akan disuguhi pemandangan indah batuan stalaktit dan stalakmit.

Aktivitas fotografi

Pantai Legon Pari kayak akan spot foto yang menarik, diperjalan masuk wisata wisatawan akan mendapati banyak pemandangan alam yang indah seperti pesawahan, perkebunan kelapa dan pepohonan. Masih diperjalanan masuk, wisatan juga akan mendapati pemandangan lautan lepas dari ketinggian. Dan saat lokasi wisatawan akan menjumpai hamparan pasir putih, laut dan langit yang biru, tentu saja semua ini merupakan penunjang untuk aktivitas fotografi.

Rekomendasi Penginapan

Untuk memiliki rencana akan liburan ke Pantai Legon Pari adan akan menginap, tidak perlu takut akan sulit mencari tempat bermalam yang nyaman disini. Namun perlu diketahui bahwa penginapan yang posisinya dekat sekali ke pantai Legon Pari tidak banyak. Berikut rekomendasi penginapannya :

D’Malehoy Villa

D Malehoy Villa
D Malehoy Villa

Penginapan D’Malehoy Villa berada dekat dengan Pantai Legon Pari, posisinya diatas bukit dengan pemandangan langsung ke lautan lepas. Tersedia kamar dengan fasilitas ac dan fan.

Namun karena posisinya dekat wisata, posisi parkir mobil berada sebelum jembatan gantung masuk wisata Legon Pari. Penginapan hanya bisa diakses dengan motor atau jalan kaki.

Baca Juga :  Pantai Sawarna (Informasi Lengkap Rute, Alamat, Harga Tiket Masuk, dan Penginapan)

Andrew Batara

Penginapan Andrew Batara posisinya dipusat wisata Sawarna, penginapan yang menjadi rekomendasi tempat bermalam ketika liburan di Sawarna karena memiliki akses yang terbilang dekat dengan banyak tempat di Sawarna dan parkiran tidak jauh dari penginapan.

Tersedia beberapa tipe kamar, seperti homestay untuk rombongan juga penginapan perkamar untuk wisatawan yang liburan bersama keluarga atau pasangan.

Sinar Matahari Resort

Untuk penginapan Sinar Matahari Resort berada dekat Pantai Ciantir Sawarna. Rekomendasi penginapan untuk wisatawan yang menginginkan suasana penginapan yang berada di area pesawahan dengan desain bangunan panggung kayu.

Tersedia beberapa jenis kamar, seperti kamar standar fan, standar ac, dan superior ac. Penginapan ini juga sering digunakan untuk rombongan yang mengadakan gathering ke sawarna.


Pantai Legon Pari memang sangat indah, sehingga kata-kata saja tidak bisa menggambarkan betapa indahnya tempat ini. Saya yakin wisatawan yang pernah mengunjungi pantai ini akan sepakat jika tempat ini merupakan tempat yang sangat indah.

Namun juga yang menjadi kekurangan dari tempat ini adalah akses jalan yang kecil dan beberapa bagian jalan masih terjal untuk lewati pejalan kaki. Selebihnya tempat ini cukup nyaman untuk tempat berlibur bersama keluarga atau pasangan.

Kepada wisatawan yang akan mengunjungi Pantai Legon Pari, sebaiknya menggunakan jasa guide lokal karena akan sangat membantu menemukan jalan alternatif untuk mengunjungi tempat indah di Sawarna.

Dan yang terpenting adalah mejaga kelestarian pantainya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, bantu memungut sampah dan tidak merusak fasilitas yang sudah ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here