Penyembuhan Instan, Mukjizat Tuhan atau Modus Penipuan ?

0
Mukjizat Tuhan
Gambar Ilustrasi Mukjizat Tuhan - timelesstoday.com

Kenapa Saung Net memposting artikel seperti ini ?, singkat cerita di Kampung penulis ada seorang Tabib Keliling yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Mulai dari Kista, orang Buta, Struk hingga yang lumpuh secara ajaib bisa langsung sembuh. Nah, karena penasaran penulis mencoba mengunjungi tempat berlangsungnya pengobatan dengan niat ingin melihat yang namanya mukjizat langsung di depan mata.

Pengobatan tersebut berpindah-pindah dari satu tempat ketempat yang lain, yang membuat kami terkejut dan percaya adalah sang Tabib tidak menerima sepeserpun uang yang diberikan pasien. Bahkan ada seorang pasien yang memberikan motor namun ditolak dan beliau bahkan berkata bahwa uang dari motor yang diberikan kepadanya lebih baik diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan, seperti anak Yatim misalnya.

Kami tidak sedikitpun curiga karena selama beberapa hari, Tabib memang murni mengobati tanpa pamrih serta syiar agama dan berbagi Ilmu. Hingga pada hari terakhir pengobatan, kami dibuat kecewa karena ternyata tabib menjual sebuah produk berbentuk minyak yang konon dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Memang tidak ada paksaan untuk membeli, hanya saja banyak orang yang percaya karena memang mereka sebelumnya telah melihat cara kerja tabib tersebut. Kami pun tidak mempungkiri bahwasanya ketika seorang anggota keluarga sakit keras, maka segala macam cara akan ditempuh.Hingga hal-hal yang jauh dari logika serta ilmu medis akan dilakukan agar yang sakit cepat sembuh.

Ingat sob, artikel ini dibuat bukan untuk menjatuhkan metode pengobatan seperti itu. Hanya saja Penulis ingin menuangkan buah pemikiran serta mengajak para pembaca berdiskusi.

Apakah Ini Mukjizat Tuhan ?

Pengertian mukjizat menurut bahasa ialah sesuatu yang melemahkan atau yang mengalahkan. Sedangkan pengertian mukjizat menurut istilah ialah sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri nabi dan rasul Allah SWT., dalam rangka untuk membuktikan bahwa dirinya adalah nabi dan rasul. Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang tidak bisa diterima oleh akal manusia dan tidak dimiliki oleh siapapun karena Allah SWT hanya memberikannya sebagai kelebihan kepada para utusan-Nya untuk membuktikan kebenaran atas kenabian dan kerasulannya.

Baca Juga :  Seorang Muslim mengucapkan selamat hari Natal itu Haram, Benarkah demikian ?

Ciri-Ciri Mukjizat

  • Kejadian yang sangat luar biasa.
  • Berasal dari Allah SWT.
  • Tidak bisa dinalar oleh akal manusia.
  • Terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya unsur kesengajaan.
  • Terjadi pada seorang nabi dan rasul.
  • Sebagai pembuktian kebenaran ajaran Allah.
  • Berguna untuk melemahkan hujjah atau sanggahan orang kafir yang mengingkarinya.

Jika dilihat dari ciri-ciri serta pengertiannya tentu saja hal ini bukanlah mukjizat, karena mukjizat hanya turun kepada Nabi dan Rasul Allah, sedangkan Karomah turun kepada Wali-wali. Dan satu hal yang mendekati adalah Ma’unah, Ma’unah adalah pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang mukmin untuk mengatasi kesulitan yang menurut akal sehat melebihi kemampuannya.

Oke mari kita kesampingkan dahulu dengan Istilah agama, Kita gunakan saja istilah umum yang bisa dicerna oleh semua agama yaitu Mukjizat. Jika kita bahas ini dari segi kerohanian maka Mukjizat akan turun kepada siapa saja yang percaya. Jika pasien percaya akan kesembuhan yang akan diturunkan Tuhan, kenapa harus meminta Do’a terhadap orang lain dengan perantara minyak ? kenapa tidak langsung berdoa kepada Tuhan secara langsung. mungkin sobat ada yang berkata bahwa karena beliau tabib, kedudukan beliau lebih tinggi dari kita. Lha bukannya semua manusia dimata Tuhan itu sama ya ? sejak kapan ada kasta diantara kita ?

Apakah Ini Modus Penipuan ?

Memang sang tabib sudah berkata bahwa sembuh tidaknya penyakit tersebut tergantung Tuhan. Jadi statement tersebut seakan dia berkata bahwa setelah pasien membeli minyak tersebut , Sembuh atau tidaknya sudah bukan tanggung jawab tabib.

Penulis merangkum beberapa hal yang menguatkan bahwa pengobatan yang dilakukan hanya semata teknik marketing dan bukan murni syiar agama :

  1. Jam Kerja, Pengobatan dimulai dari jam 2 hingga jam 4 sore. Jika Tabib berniat mencari pahala dan syiar agama kenapa tidak buka mulai dari pagi hingga sore. Kasian juga kan terhadap pasien yang datang jauh-jauh lalu datang ketempat dan tidak kebagian.
  2. Penjualan Barang, Penjualan minyak dilakukan pada hari akhir acara. Kenapa tidak dari awal saja beliau mengumumkan bahwa jual minyak yang kemungkinan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apakah takut sepi pengunjung karena sudah ketahuan dari awal bahwa orientasi utamanya adalah penjualan produk ? entahlah.
  3. Selalu berpindah tempat. Tabib tersebut diketahui selalu berpindah tempat seminggu sekali. Jika memang pengobatan dengan metode tersebut berhasil, kenapa dia tidak buka stand di kota besar misalnya. Agar satu Indonesia tahu bahwa pengobatan semacam ini ada dan pasien yang dijangkau akan lebih luas.
  4. Ilmu medis. Secara medis penyembuhan semacam ini sangatlah diluar akal sehat manusia. Jika memang benar ada Ilmunya kenapa beliau tidak membuka semacam perguruan agar lebih meluas pemanfaatan Ilmunya.
  5. Pasien. Beberapa pasien datang dari luar daerah serta jarang diketahui orang yang datang ke tempat pengobatan.
  6. Ijin Praktek. Belum diketahui apakah memang sudah ada ijin praktek, karena jika tak ada ijin, maka siapa yang akan bertanggung jawab jika terjadi malpraktek ?
Baca Juga :  Cara Burning CD dengan Aplikasi maupun Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa bahasan tentang Praktek yang tak logis dan sedang marak di masyarakat. Tentang sobat percaya atau tidaknya itu kembali lagi ke diri masing-masing. Sobat masih percaya praktek instan itu Mukjizat ? oke tak apa. Karena artikel ini dibuat bukan untuk menjatuhkan atau menantang adanya mukjizat . Hanya saja mengajak sobat untuk kembali berpikir, Masihkah percaya dengan hal-hal seperti ini di Jaman Modern.

Artikel ini hanya dibuat berdasarkan opini, tak ada maksud lain. Jika ada beberapa kata atau kalimat yang tidak pantas silahkan dikoreksi serta tuangkan di kolom komentar. Penulis hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca. -AC

Editor : RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here