5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

0
Image By Nydailynews

Bau Mulut merupakan masalah yang sangat klasik bagi sebagian orang, tapi sangat mengganggu bagi mereka yang tidak tau cara mengatasinya. Orang yang bau mulut tidak akan pernah menyadari dirinya bau mulut, karena baunya hanya akan bisa terasa oleh orang yang diajak bicara.

Orang biasanya mengecek bau mulut dengan cara meniup melalui telapak tangan lalu menghirupnya, tapi cara itu tidak bisa dijadikan acuan. Karena bau mulut memang tidak bisa tercium dengan cara tersebut. Banyak orang yang tidak lagi percaya diri karena masalah yang satu ini.

Penyebab Bau Mulut

Image By Mayoclinic
Image By Mayoclinic

Banyak faktor yang bisa menyebabkan mulut seseorang menjadi bau, mari kita bahas satu persatu :

1. Sedang Sakit

Orang yang sedang sakit lebih cenderung mengalami bau mulut. Karena memang metabolisme tubuh yang sedang tidak seimbang dan menurunnya sistem imun tubuh. Hal yang satu ini wajar saja, karena bau mulutnya akan hilang sendiri jika sakitnya sudah sembuh total.

2. Gigi Berlubang dan Sariawan

Yang satu ini sangat jelas sekali, karena memang gigi berlubang merupakan sarangnya bakteri. Begitu juga dengan sariawan, kuman sangat mudah untuk tinggal dan menimbulkan bau tak sedap. Bau tersebut muncul karena pembusukan makanan akibat bakteri dan kuman, dan bisa teratasi jika gigi dicabut dan sering gosok gigi.

3. Kelebihan Gas Lambung

Gas yang dihasilkan asam lambung ini jika produksinya berlebihan makan akan naik hingga ke tenggorokan kemudian keluar lewat mulut. Contohnya adalah orang yang bersendawa, itu karena kelebihan gas dalam lambung. Banyak orang yang menganggap bersendawa tidak sopan, ya karena selain dari suaranya juga mengeluarkan bau tidak sedap. Cara mengontrol asam lambung ini, kamu cukup menjaga pola makan dan jangan pernah tidur setelah makan.

Baca Juga :  Cara Copy Paste Caption Instragram Tanpa Aplikasi Tambahan

4. Konsumsi Rokok dan Alkohol

Tentu saja hal ini merupakan masalah utama para perokok dan pecandu alkohol. Bagaimana tidak, asap rokok dan bau alkohol itu mengendap dalam mulut dan lama lama akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Cara mengatasinya adalah berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol atau memakai pasta gigi khusus perokok.

5. Makanan Menyengat

Makanan merupakan faktor yang harus diperhatikan jika kamu tidak mau bau mulut. Hindari beberapa makanan yang bisa menimbulkan bau tak sedap seperti Jengkol, petai, terasi dan yang lainnya. Boleh saja mengkonsumsinya, asalkan tau batasan dan jangan berlebihan. Dan setelah mengkonsumsi makanan tersebut lebih baik langsung membersihkannya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash.

Tips Menghilangkan Bau Mulut

Image By Padental Group
Image By Padental Group

Kamu masih risih dengan bau mulut ? dan ingin tau cara menghilangkannya ya kan. Nah cara dibawah ini sangat manjur untuk kamu lakukan jika bau mulut tak kunjung hilang :

1. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih merupakan antiseptik yang berperan penting terhadap banyak hal dalam dunia kesehatan. Biasanya perempuan menggunakan daun sirih ini untuk mengatasi keputihan. Nah, Daun sirih juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah dengan mengunyahnya secara rutin setiap hari, maka bau mulut perlahan akan hilang dengan sendirinya. Selain menghilangkan bau, daun sirih pula sangat bagus untuk kekuatan dan kesehatan gigi.

2. Menggunakan Rempah

Banyak rempah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau mulut. Biasanya kebanyakan orang menggunakan rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan daun peppermint. Gunakan salah satu rempah diatas, dijamin bau mulut kamu hilang.

3. Rutin Merawat Gigi

Maksud merawat gigi disini adalah bukan menganjurkan untuk kedokter gigi setiap minggu. Tetapi kamu harus rutin menggosok gigi dan berkumur setiap hari, lebih bagus jika kamu menggunakan mouthwash setelah gosok gigi. Hal ini dilakukan agar bakteri dan kuman tidak berkembang dalam mulut.

Baca Juga :  Ini dia 3 Tips agar Sobat Lolos Interview Kerja

4. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Berbau Tajam

Lebih baik sih jika dihilangkan saja kebiasaan yang satu ini, toh tidak akan mati juga kan. Tapi yang namanya suka sih memang susah ya untuk berhenti. Mulai sekarang kurangilah porsi dalam mengkonsumsinya, karena sudah dijelaskan diatas bahwa makanan seperti jengkol dan petai merupakan salah satu faktor penyebab bau mulut.

5. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Hal ini sangat wajib bagi semua orang ya, entah kamu bau mulut atau tidak lebih baik berhenti merokok dan konsumsi alkohol. Karena 2 hal ini sangat tidak baik bagi tubuh, rokok dapat menghancurkan paru-paru dan alkohol sangat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Itu dia beberapa tips untuk kamu yang masih mengalami masalah dengan bau mulut. Jika semua cara diatas masih belum bisa mengatasi bau mulut kamu, maka hubungi dokter terdekat. Mungkin bau mulut kamu sudah masuk tahap stadium lanjut :D. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di saung net ya. Akhir kata, jangan lupa matikan adblocknya, Terima kasih.

 

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here