Pantai Viovio Batam – Pantai dengan Pemandangan Sunset yang Indah

0
Pantai Viovio
Pantai Viovio Batam @zackamega

Batam memiliki banyak tempat wisata pantai yang mengagumkan, salah satunya adalah tempat wisata baru bernama Pantai Viovio. Tempat yang pas untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam(sunset), juga memiliki keindahan pantai yang memukau, air laut yang jernih, dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan dipantai ini.

Akses jalan menuju Pantai Viovio tidak sulit dikunjungi, hanya akses dari jalan utama yang belum teraspal karena masih berlandaskan tanah hasil dari bukit yang ditebas sekitar pantai. Namun untuk jalan utama sudah sudah teraspal dan perjalananya cukup lancar tanpa kendala.

Pantai ini berada di Pulau Galang, jadi pengunjung yang akan mengunjungi Pantai Viovio harus melewati Jembatan Tuanku Tambusai alias Jembatan 5 Barelang, karena jembatan inilah yang menjadi penghubung antara Pulau Rampang dengan Pulau Galang. Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan lokasinya karena posisinya tidak jauh dari jembatan dan ada papan petunjuk yang cukup jelas.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti pantai pada umumnya, untuk masuk pantai Viovio pengunjung diharuskan membayar tike masuk kawasan wisata sebesar Rp 10.000/orang. Mungkin harga tiket masuk di waktu high season akan ada kenaikan tarif dari pihak pengelola. Perlu diketahui bahwa pemasukan dari tiket masuk akan digunakan untuk pemeliharaan dan pembangunan fasilitas pantai.

Fasilitas dan Akomodasi

Meski jalan masuk pantai masih berlandaskan tanah, di pantai ini terdapat beberapa fasilitas pendukung bisa digunakan pengunjung. Untuk menggunakan gaze di area pantai pengunjung juga harus membayar Rp 100.000 s/d Rp 150.000 yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan, berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan seharian.

Juga ada permainan banan boat yang menguji adrenalin. Di pantai ini juga pengunjung bisa menjumpai ayunan yang berada ditengah laut, suasana romantis akan sangat kental dirasakan ketika menjelang sore dan matahari mulai tenggelam. Juga ada semacam panggung yang dikhususkan untuk tempat menikmati sunset.

Baca Juga :  Pantai Clungup

Sekitar pantai juga terdapat penjual makan dan minuman, walapun jumlahnya tidak begitu banyak. Pantai ini juga memiliki fasilitas toilet umum, dan ada mushola untuk kegiatan beribadah yang lokasinya tidak terlalu jauh. Dan untuk parkir kendaraan, pantai ini memiliki area parkir yang cukup luas.

Objek Wisata

Ayunan Pantai Viovio
Ayunan Pantai Viovio @md.fahmii

Pantai ini juga memiliki pesisir yang lantai, jadi tidak membahayakan pengunjung yang ingin melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain air, berenang ataupun main pasir, khususnya untuk anak-anak yang sangat menyukai pantai. Namun juga harus tetap berhati-hati karena dibeberapa tempat ada banyak batuan karang yang cukup tajam.

Beberapa kegiatan yang bisa dinikmati di pantai ini.

Berenang

Dibeberapa titik di pantai ini aman untuk berenang, karena memiliki arus obak yang relatif kecil dan laut yang tidak begitu dalam. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk berenang di pantai ini bersama keluarga.

Namun untuk orang tua yang membawa anak-anak, harus tetap mengawasinya, karena pada beberapa titik ada terumpu karang yang cukup tajam yang bisa melukai anak ketika asik bermain air.

Snorkeling dan Diving

Pengunjung juga bisa menyelam sambil menikmati indahnya pemandangan bawah laut seperti batuan karang yang indah, biota laut, dan tumbuhan laut. arus di pantai ini tidak terlalu kuat, jadi bisa digunakan untuk kegiatan Snorkeling dan Diving.

Pengunjungi bisa menyewa pelatan Snorkeling dan Diving ditempat penyewaan sekitar pantai. Atau jika sudah merencanakannya sejak awal, pengunjung bisa membawanya langsung dari rumah untuk perlengkapan Snorkeling.

Naik Perahu Kecil

Untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan pantai dan laut dari tengah pantai, pengunjung bisa menyewa perahu atau kapal dengan ukuran kecil dari nelayan yang menyewakannya. Karena beberapa warga sekitar pantai banyak yang menyewakan perahunya untuk digunakan pengunjung,

Baca Juga :  Pantai Bantol

Menikmati Sunset

Pantai Viovio terkenal dengan pemandangan indah langit di sore harinya, banyak wisatawan datang hanya untuk mendapatkan moment romantis bersama keluarga dan pasangan di sore hari.

Aktivitas fotografi

Pantai ini memiliki banyak spot foto yang menarik, pasir pantai yang putih, langit yang biru, air laut yang besih dan alam sekitar yang masih asri. Beberapa spot seperti ayunan ditengah laut bisa digunakan untuk mengambil foto yang cukup bagus dan instagramable.

Letak dan Lokasi

Untuk lokasi Pantai Viovio berada setelah Jembatan 5 Barelang, yaitu jembatan yang menghubungkan Pulau Rembang dengan Pulau Galang. Jika dilihat menggunakan Google Map, pengunjung bisa melihat bahwa pantai ini bersebelahan dengan Pantai Mirota, wisata pantai lainnya yang memiliki keindahan dan unik.

Letak pantai ini juga dekat dengan wisata Camp Vietnam, yaitu objek wisata yang memiliki sejarah dan cukup mistis. Wisata kampung kosong yang merupakan bekas pengungsi warga Vietnam pada masa perang zaman dulu. Camp Vietnam bisa jadi tempat alternati untuk dikunjungi di Pulau Galang.

Rute Menuju Pantai Viovio

Untuk sampai ke Pantai Vio Vio di Pulau Galang, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor ataupun mobil, untuk transportasi umum di wilayah ini jarang dijumpai. Jika pengunjungi menggunakan jasa ojek mapun taksi biaya yang akan dikeluarkan cukup mahal.

Jika dari arah ⇒ Kota Batam, pengunjung bisa menuju arah ⇒ Jematan Barelang, nantinya pengunjung akan melewati ⇒ Pulau Rembang juga beberapa pulau kecil yang berada dikepulauan Riau ini. Kemudian akan masuk ke ⇒ Pulau Galang dan melewati Jembatan 5 Balerang. Selanjutnya akan melewati ⇒ Pantai Mirota pada kiri jalan.

Tidak jauh dari sini, pengunjung bisa dengan mudah menemukan pantai ini, karena akan nampak jelas petunjuk jalan menuju Pantai Viovio, juga terdapat spanduk ukuran besar berisikan informasi wisata pantai ini.

Baca Juga :  Pantai Muara Beting

Sayangnya untuk informasi mengenai penginapan Pantai Viovio belum ditemukan, pengunjung bisa mencari tempat bermalam yang jaraknya yang tidak jauh dari pantai ini dengan bantuan Google Map.

Wisatawan direkomendasikan datang menjelang sore untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari langit pantai ini. Pantai ini juga memiliki laut dengan vasibilitas yang cukup baik. Dan beberapa titik dangkal dipantai ini memiliki terumbu karang yang indah. Pantai ini menjadi rekomendasi tempat yang wajib kunjungi saat liburan ke Batam, untuk menikmati suasana romantis bersama pasangan dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here