Pantai Sanggar

0
Pantai Sanggar
Pantai Sanggar @irulchana

Berada di kesunyian pantai dengan beragam objek wisata dan bisa melakukan banyak kegiatan merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika untuk melarikan diri dari segala jenis rutinitas hiruk pikuk perkotaan dan segudang pekerjaan yang membuat kita menjadi jenuh. Berlibur di pantai terdekat yang memiliki keindahan panorama alam adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan.

Nah, oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang keindahan yang dimiliki oleh Pantai Sanggar. Pastinya kamu penasaran bukan? Apa saja aktifitas seru yang bisa dilakukan di sini? Yuk, simak bagaimana keragaman aktifitas dan objek wisata di Pantai Sanggar yang terletak di desa Jelungharjo, Tulungagung ini.

Rute Pantai Sanggar Tulungagung

Jika ingin menuju lokasi Pantai Sanggar ini, maka berikut serangkaian jalur atau rute yang bisa digunakan untuk panduan para wisatawan. Jika kamu berada di kota Tulungagung, maka gunakan rute menuju Jengglungharjo. Namun kamu juga bisa menggunakan teknologi terkini berupa GPS atau bertanya kepada penduduk setempat. Biasanya hanya diperlukan sekitar 1 jam 20 menit untuk menempuh Jengglungharjo dari kota Tulungagung ini.

Untuk menghindari teriknya matahari saat menjelang siang, maka disarankan untuk berangkat di pagi hari. Juga untuk wisatawan yang tidak membawa bekal sama sekali, di Pantai Sanggar terdapat banyak penjual makanan. Bahkan ada banyak jasa ojek yang difasilitasi oleh warga setempat jika kamu malas berjalan kaki ke lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk

Pantai Sanggar sendiri merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan tersembunyi yang masih belum terjamah banyak orang. Jadi tidak usah terlalu memusingkan harga tiket masuk untuk menikmati pesona keindahannya. Karena untuk memasuki pantai ini wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk kok! Jadi pantai ini bisa dinikmati oleh para wisatwan yang memiliki budget minim.

Baca Juga :  Pantai Balekambang

walaupun demikian, ini merupakan pantai yang akan sejalur dengan beragam pantai lainnya di daerah Tulungagung seperti Pantai Sine dan Pantai Ngalur. Jadi kamu akan lebih mudah untuk mengunjungi objek wisata lainnya setelah puas bermain di Pantai Sanggar.

Hal utama yang membuat pantai indah ini masih belum terjamah pemerintah pusat adalah akses yang cukup sulit. Walaupun sudah beraspal namun jalanan menuju lokasi lumayan terjal. Bahkan kendaraan bermotor harus berhati-hati jika ingin menuju lokasi pantai ini.

Bahkan jalanan akan semakin jelek jika semalaman diguyur hujan lebat karena akan dipenuhi dengan lumpur yang menyebabkan jalanan menjadi lebih licin. Namun, kamu bisa menggunakan rumah warga sebagai tempat untuk menitipkan kendaraan jika kamu memang tidak berani membawanya menuju lokasi. Perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan ojek sewaan atau berjalan kaki.

Objek Wisata

Berikut kita akan membahas apa saja objek wisata yang bisa dinikmati di Pantai Sanggar.

Pasir Putih

Walaupun kebanyakan pantai yang berada di Pulau Jawa memiliki jenis pasir pantai yang berwarna coklat namun, Pantai Sanggar ini memiliki warna pasir pantai putih. Karena masih tidak terlalu terjamah, pantai ini masih sangat asri, tidak ada kerumunan dan sangat bersih untuk digunakan bersantai dan bermain pasir pantai.

Karang

Karang-karang berukuran besar banyak ditemukan di tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi yang ingin mengunjungi Pantai Sanggar. Wisatawan juga akan aman bermain di pinggiran pantai, karena arus ombak sudah dipecah oleh batuan karang.

Ikan hias dan Bulu Babi

Wisatawan juga bisa menjumpai berbagai jenis ikan hias disekiar pinggiran pantai.. Bahkan banyak hewan menarik lain yang bisa dijumpai jika mengunjungi Pantai Sanggar, seperti bulu babi. Kamu bisa secara langsung menikmati bulu babi jika mengunjungi pantai ini. Karena pantai ini masih terlihat sangat minim pengunjung dan sepi, hewan tersebut bisa ditemukan dibalik bebatuan karang.

Baca Juga :  Pantai Clungup

Lokasi Berkemah

Berkemah di Pantai Sanggar
Berkemah di Pantai Sanggar @rio_sant

Yang sering dilakukan oleh pengunjung terutama para remaja ketika berkunjung ke Pantai Sanggar adalah camping atau berkemah. Karena kegiatan seperti ini sangat menyenangkan, dimana kita bisa menyatu dan menikmati keindahan alam.

Tempat ini cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan, tidak perlu takut mengganggu orang yang berada disekitar, karena tempat ini minim sekali pengunjung.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunrise Pantai Sanggar
Sunrise Pantai Sanggar @handykurobiru

Siapa lagi yang tidak menyadari dan mengetahui bahwasanya pantai merupakan tempat terbaik jika ingin menikmati sunrise maupun sunset. karena suasana unik dan romantis dipantai akan memberikan suasana terbaik bagi yang menyukai matahari ini. Bahkan tak jarang juga wisatawan akan bermalam dan melakukan perkemahan hanya untuk berburu sunrise atau menikmati senja dengan pemandangan sunset.

Nah, demikianlah beberapa hal seru yang tentunya bisa dinikmati saat berada di Pantai Sanggar ini. Bagiamana? Menyenangkan bukan? Yuk, susun rencana liburanmu ke sini!


Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn., Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here