Pantai Kedung Tumpang

0
Gambar Pantai Kedung Tumpang
Gambar Pantai Kedung Tumpang (Youtube : Andriawan Pratikto)

Salah satu pantai yang indah dan unik di Indonesia adalah Pantai Kedung Tumpang. Pantai ini memiliki beragam hal menarik yang bisa dinikmati, mulai dari keanekaragaman objek wisata, sejarah terbentuk dan beragam mitos yang beredar di masyarakat.

Pantai Kedung Tumpang juga memiliki ombak yang lumayan aktif. Untuk itu aktivitas berenang hanya bisa dilakukan ketika air laut surut, atau biasanya pagi hari. Hal ini harus di patuhi karena bisa mengancam keselamatan jika berenang ketika air laut pasang.

Asal Usul Pantai Kedung Tumpang

Keindahan yang ada di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung terbentuk oleh aktivitas ombak yang mengakibatkan erosi pada karang yang berada di pinggiran pantai. Sampai akhirnya gugusan karang membentuk cekungan yang menyerupai kolam alami atau laguna.

Meski kolam alami ini memiliki jarak pemisah dengan laut, namun airnya tetap asin karena airnya berasal dari ombak yang menerjang karang terus menerus hingga membentuk kubangan air yang menyerupai kolam berenang layaknya jacuzzi.

Mitos

Mengenai ombak di pantai Pantai Kedung Tumpang tidak bisa di pungkiri memiliki ombak yang cukup besar. Bahkan gugusan karang di pinggiran pantainya pun tergerus oleh kuatnya ombak dari laut selatan.

Mitos di pantai ini cukup tidak masuk akal, namun masyarakat sekitar percaya bahwa ketika ada yang membawa buah jeruk ke  Pantai Kedung Tumpang bisa mengundang ombak besar, dan membahayakan wisatawan.

Namun terlepas dari motos tersebut, yang utama ketika mengunjungi tempat ini adalah wisatawan harus menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar, agar tempat pantai terjaga keasriannya.

Rute Menuju Pantai

Walaupun akses jalan menuju pantai ini tergolong agak sulit, namun ini sangat wajar mengingat banyaknya tempat wisata yang memang sulit diakses. Karena ini akan menguntungkan bagi tempat tersebut agar tidak mudah dirusak oleh tangan-tangan nakal. Sangat disarankan menggunakan sepeda motor ketika mengunjungi pantai ini karena jalan yang ditempuh memang sulit dengan akses yang lumayan terbatas.

Baca Juga :  Pantai Legon Pari - Wisata Pantai Sawarna yang Tersembunyi

Selain disarankan menggunakan sepeda motor juga sangat disarankan menggunakan sendal yang bisa menempuh batuan karang yang terjal dan tajam. Lamanya perjalanan untuk menempuh pantai ini biasanya memakan waktu 2 jam dengan jarak tempuh 50 km. kamu bisa menggunakan rute Blitar untuk menuju Tulungagung. Jika datang menggunakan kendaraan beroda 4 seperti mobil dan bus biasanya akan diparkirkan di Desa Pucanglaban.

Harga Tiket Masuk

Sebenarnya tidak ada biaya yang dibebankan untuk akses masuk kepantai ini. Hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan bermotor saja:

  • Biaya parkir mobil Rp. 15.000
  • Biaya parkir motor Rp.5.000
  • Biaya menyewa ojek untuk menempuh lokasi Rp. 30.000

Objek Wisata

Setelah kita membahas banyak hal dari rute dan biaya yang akan dikeluarkan saat mengunjungi pantai ini, maka sekarang kita akan membahas objek wisatanya. Seperti halnya pantai lain, pantai ini juga memiliki beragam objek dan kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung nantinya.

Menikmati Tebing

Jika kamu adalah penggemar spot dan rute yang ekstrim maka bisa mengunjungi pantai ini. Karena pantai ini sangat indah,  dikelilingi oleh hamparan tebing yang memiliki ketinggian menantang dan pastinya bisa dinikmati oleh siapa saja yang datang berkunjung.

Hal yang menarik yang biasa dilakukan wisatawan adalah menaiki tebing dan menikmati lokasi serta pemandangan pantai dari atas tebing tersebut. Medan yang lumayan menantang dan terjal ini membutuhkan kesiapan yang matang ketika hendak mendaki tebing tersebut. Jadi pastikan kamu bisa memastikan semua keamanan terlebih dahulu.

Keindahan Karang

Banyaknya karang laut yang unik dan besar adalah salah satu hal yang dimiliki dan menjadi hal yang kerapkali diinginkan dan disukai oleh para pengunjung. Karena batuan karang yang tersebar tersebut, ombak yang menerjang bibir pantai bisa diredam dan menjadi sebuah penahan. Kamu bisa saja menikmati deburan ombak dengan mendekati lokasi karang yang tak jauh dari bibir pantai.

Baca Juga :  Pantai Sambolo

Spot Berfoto

Karena pantai ini masih sangat minim pengunjung dan masih tidak terlalu terjamah, maka sangat baik digunakan untuk tempat berfoto. Pantai ini juga menjadi tempat yang sangat bagus sebagai lokasi untuk berfoto baik untuk berfoto dengan cara kasual bahkan untuk foto prewedding.

Karena latar belakang alias background pantai ini bangus untuk digunakan sebagai spot berfoto dengan hasil yang menarik tentunya. Karena akan memberikan hasil yang bagus dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Jadi sangat pas dan cocok bagi yang minim budget

Menikmati Sunset dan Sunrise

Tidak diragukan lagi bahwa pantai adalah tempat banyak orang untuk bisa menikmati pemandangan sunrise maupun sunset. Dan pantai ini juga merupakan salah satu diantara banyak pantai yang akan memberikan pemandangan luar biasa dalam menutup maupun mengawali harimu.

Bahkan dengan semua fasilitas yang ada tidak sulit untuk bermalam atau berkemah dilokasi pantai ini. Tentunya ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus tidak terlupakan. Jika berminat untuk bermalam maka pastikan untuk mendirikan tenda agak jauh dari bibir pantai. Jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan kemah yang kamu butuhkan, ya!


Alamat: Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Pucang Laban, Tulungagung Regency, East Java 66284

TINJAUAN IKHTISAR
Doni Mahendra
Nessa
Menulis tentang Pantai Indonesia
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here