Pantai Banyu Anjlok

0
Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok (@artitavia)

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka Pantai Banyu Anjlok berarti Pantai Air Jatuh. Nah, bisa dibayangkan bagaimana situasi di Pantai Banyu Anjlok kan? Karena memang ada air terjun yang bisa ditemukan di bibir pantai tersebut. Walaupun ini merupakan salah satu tempat wisata yang “wow” namun masih sangat terjaga keasriannya. karena memang jauh dari tempat pemukiman penduduk. Pantai Banyu Anjlok adalah pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang.

Pantai Banyu Anjlok adalah salah satu pantai yang menjadi icon salah satu pantai terbaik di Jawa Timur. Karena adanya air terjun di bibir pantai membuat pantai ini terlihat unik. Siapapun yang datang ke sana akan menikmati 2 jenis tempat wisata sekaligus. Karena hal inilah mengapa pantai ini sangat ramai dikunjungi banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Bahkan pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu bergelombang dan hamparan pasir yang bersih. Air pantai ini bersifat payau karena campuran dari air tawar dan air asin sekaligus.

Rute Menuju Pantai Banyu Anjlok

Berikut urutan rute yang bisa dijadikan panduan jika kamu merupakan wisatawan yang berasal dari luar kota Malang : Menuju Kepanjen dari arak pusat kota Malang kemudian lanjutkan ke Lumajang, Ambil rute ke kanan di pertigaan Tirtoyudo dan Setelah sampai di papan petunjuk arah untuk Pantai Wediawu dan Pantai Lenggoksono maka lanjutkan dengan membayar tiket masuk. Untuk bisa sampai ke Pantai Banyu Anjlok akan ada beberapa pilihan yaitu :

  • Melakukan perjalanan dengan berjalan kaki : Ini bagi kamu yang suka menikmati perjalanan hingga bisa melakukan olahraga ringan. Kamu akan berjalan selama kurang lebih 1 jam, karena jarak tempuh yang lumayan jauh.
  • Ojek : Di sana akan ada beberapa penduduk desa yang menyediakan peralatan ojek yang bisa digunakan para wisatawan yang tidak ingin berjalan kaki.
  • Menggunakan Perahu : Jika kamu datang bersama rombongan wisatawan menggunakan mobil maka ini adalah pilihan yang tepat. Karena akses kesana tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan beroda 4.
Baca Juga :  Pantai Marunda

Harga Tiket Masuk

Jika ingin mengunjungi Pantai Banyu Anjlok memang ada sejumlah harga tiket masuk yang diperuntukan bagi para wisatawan. Berikut rincian biaya yang dikenakan ketika memasuki kawasan Banyu Anjlok :

  • Di wajibkan membayar tiket masuk Pantai Banyu Anjlok sebanyak Rp. 5.000
  • Biaya parkir sepeda motor : Rp. 5.000
  • Biaya parkir mobil : Rp. 5.000
  • Sedangkan untuk kamu yang menggunakan ojek maka akan membayar Rp. 25.000 yang akan membawa wisatawan dari Pantai Lenggoksono ke Pantai Banyu Anjlok.
  • Membayar Rp. 400.000 jika menggunakan layanan perahu dengan maksimal penampungan 8 penumpang. namun, para wisatawan nantinya bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus jika menggunakan perahu.

Objek Wisata

Tidak kalah dengan banyak pantai terkemuka lainnya, Pantai Banyu Anjlok akan menawarkan banyak objek wisata yang menarik, yaitu :

Berendam Di Kolam

Salah satu objek wisata yang menyenangkan di Pantai Banyu Anjlok adalah kolam di atas air terjung yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berendam. Nantinya air dari dalam kolam ini yang akan jatuh ke bebeatuan dibawah dan mengalir ke bibir pantai. Sebelum memasuki daerah air pantai, ada banyak wisatawan yang bermain terlebih dahulu di sini.

Air terjun

Seperti namanya, Pantai ini memiliki air terjun di bagian bibir pantai. jadi kamu bisa menikmati objek wisata yang menyenangkan yang satu ini. Bagi yang sangat suka berrendam dan bermain lama-lama di dalam air tawar yang berasal dari air terjun yang dingin tersebut, sangat disarankan datang dan berkunjung ke Pantai Banyu Anjlok.

Goa Sarang Dompet

Bahkan ada objek wisata berupa sebuah gua yang dinamai Goa Sarang Dompet di area Pantai Banyu Anjlok ini. jadi kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai beserta air terjunnya saja, lho!

Baca Juga :  Pantai Sambolo

Memancing

Kamu adalah salah satu yang sangat menggemari olah raga memancing? Ini adalah tempat yang bagus dan cocok bagi pemancing untuk mendapatkan banyak ikan dengan menikmati pemandangan menarik. Bahkan Pantai Banyu Anjlok ini sangat dikenal dengan banyaknya hasil pancingan yang berupa ikan dan juga cakalang seta cumi-cumi.

Menangkap lobster

Di daerah Pantai Banyu Anjlok ini ada daerah penangkaran Lobster. jadi bagi kamu yang ingin melakukan penangkapan lobster bisa melakukannya di sini. Ini pastinya akan menjadi momen yang menyenangkan selain hanya melakukan aktifitas memancing biasa.

Penginapan Di Banyu Anjlok

Pantai ini juga menyediakan tempat penginapan atau homestay yang sangat bagus dan nyaman. Selain penginapan, kamu juga bisa menggunakan rumah warga sebagai alternatif untuk mendapatkan penginapan yang lebih murah dan bisa menikmati pemandangan Pantai selama beberapa hari kedepan.

Nah, demikianlah hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Anjlok. Ada beragam kegiatan menyenangkan yang akan memberikan kenangan yang tak terlupakan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk jelajahi Pantai Banyu Anjlok!


Alamat: RT.12/RW.03Desa, Purwodadi, Kec.Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur 65182

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here