Pantai Bagedur

0
Pantai Bagedur
Pantai Bagedur @ ummu_aslam1

Banten memiliki potensi yang luar biasa khususnya dalam hal wisata, karena terdapat banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Bagedur, pantai yang memiliki panjang lebih dari 1 KM dengan lebar sekitar 50 meter ini berada di Desa Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak, Banten.

Pantai Bagedur memiliki karakteristik pasir yang padat, sehingga kendaraan seperti motor dan mobil bisa melaju diatas permukaan pasir tanpa takut mengalami ban selip. Ini sebabnya banyak wisatawan yang membawa kendaraan langsung ke sisi pantai, sebagian wisatawan juga memanfaatkan pantai ini sebagai tampat belajar mengendari mobil/motor.

Kini Pantai Bagedur mulai dikenal oleh wisatawan luar daerah karena tempatnya masih asri. Juga beberapa fasilitas pantai mulai dibangun untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Karena memiliki bibir pantai yang panjang, arus ombak ketika sampai darat tidak terlalu besar, jadi aman digunakan untuk anak-anak bermain pasir dan berenang. Namun tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Sejarah Pantai Bagedur

Daerah Pantai Bagedur khususnya Malingping memiliki sejarah kelam, karena pada masa penjajahan Belanda, banyak penduduk lokal yang menjadi pekerja paksa dalam kurun waktu yang lama.

Kemudian setelah Indonesia merdeka, baru penduduk lokal bisa bebas, banyak dari mereka yang manjadi petani, nelayan dan pedagang. Sampai saat ini banyak sektor yang dikembangkan pemerintah daerah untuk memajukan pereknomian daerah, termasuk sektor wisata. Maka dibukalah Pantai Bagedur sebagai tempat wisata pantai di Malingping.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Bagedur
Harga Tiket Masuk Pantai Bagedur @ricoadhiyatma

Sama seperti tempat wisata pada umumnya, untuk mengakses wisata pantai Bagedur wisatawan harus membayar tiket masuk/biaya retribusi yang akan digunakan untuk perawatan dan pembangunan tempat wisata kedepannya.

Baca Juga :  Pantai Sambolo

Wiastawan yang masuk wisata Bagedur akan dikenai tarif Rp 2.000/orang, untuk kendaraan roda dua/motor Rp 5.000,-, untuk kendaraan pribadi roda empat Rp 15.000,-, dan untuk rombongan yang menggunakan bus dikenakan biaya sebesar Rp 35.000,-.

Dengan tarif biaya masuk tersebut wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sepanjang hari.

Rute Menuju Pantai Bagedur

Saat ini akses menuju wisata Pantai Bager khususnya untuk jalan cukup bagus dan lancar dilalui. Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta, melakukan perjalanan ke Banten bisa menggunakan jalan tol.

Untuk sampai ke lokasi Bagedur, terdapat banyak jalur/rute yang bisa ditempuh wisatawan seperti jalur Saketi, Gunung Kencana, atau melalui Pelabuhanratu, Sukabumi. Namun wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya banyak menggunakan jalur Gunung Kencana, karena jalan sudah cor dan aman dilewati.

Berikut informasi rute yang bisa dilalui jika akan mengunjungi Pantai Bagedur, yang bisa diseuaikan dengan lokasi keberangkatan wisawatan.

Jika Ingin Melewati Jalur Gunung Kencana

  • Dari Serang menuju ⇒ Petir Sampay ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping Bagedur
  • Dari Serang menuju ⇒ Pandeglang ⇒ Petir Sampay ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping Bagedur

Jika Ingin Melewati Jalur Saketi

  • Dari Serang menuju ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping Bagedur

Jika Ingin Melewati Jalur Pelabuhanratu, Sukabumi

  • Dari Bogor menuju ⇒ Cibadak Sukabumi ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Bayah ⇒ Malingping Bagedur
  • Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhanratu ⇒ Puncak Habibie ⇒ Cibareno ⇒ Sawarna ⇒ Bayah ⇒ Cihara ⇒ Malingping Bagedur

Jika keberangkatan dimulai dari Jakarta maka, rute yang paling dekat adalah menggunakan jalur Pelabuhanratu. Juga untuk memudahkan perjalanan bisa menggunakan aplikasi Google Map atau Waze, agar nampak jelas peta penuju Pantai Bagedur.

Baca Juga :  Pantai Balekambang

Objek Wisata

Pasir Pantai Bagedur
Pasir Pantai Bagedur @ irhamfadel

Pantai Bagedur masih minim fasilitas, dan wahana yang bisa dinikmati adalah naik perahu nelayan, itupun tidak bisa dilakukan dihari biasa, karena nelayan hanya akan menyewakan perahunya untuk wisatawan di waktu tertentu saja. Namun banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti :

Bermain Pasir

Untuk wisatawan yang liburan bersama keluarga, Pantai Bagedur merupakan tempat yang cocok karena memiliki bibir pantai yang lebar sampai 50 meter, arus ombak tidak lagi besar ketika sampai ke darat, jadi aman untuk tempat anak-anak bermain.

Pasir di pantai ini juga memiliki karakteristik pasir yang pada, sehingga akan tahan lama ketika digunakan untuk membentuk miniatur bangunan, hewan ataupun karakter tertentu. Jadi ketika liburan ke Pantai Bagedur jangan lupa bawa peralatan pasir.

Berenang

Selain untuk bermain pasir, Pantai Bagedur juga aman digunakan untuk berenang karena memiliki memiliki ombak yang terbilang kecil, juga memiliki bibir pantai yang lebar, sehingga ukuran ombak tidak lagi besar ketika sampai daratan. Pantai ini juga memiliki lifeguard, yang akan memberi pengarahan dan penyelamatan kepada wisatawan.

Camping

Tempat ini juga cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan camping, karena memiliki pasir yang padat dan masih sedikit jumlah pengunjungnya. Pantai Bagedur juga sering digunakan berbagai organisasi mengadakan acara dan melakukan camping.

Namun sebelum wisatawan mendiri tenda, lebih baik meminta izin kepada pengelola tempat wisata, agar dapat pengarahan tempat yang aman untuk mendirikan tenda.

Belajar Berkendara

Selain sebagai tempat berlibur, Pantai Bagedur juga bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar berkendara, namun disarankan belajar berkendara ditempat ini dilakukan pada hari biasa. Karena untuk sabtu-minggu banyak pengunjung yang memadati bibir pantai.

Baca Juga :  Pantai Bantol

Rekomendasi Penginapan

Untuk wisatawan yang akan liburan di Pantai Bagedur tidak perlu takut sulit cari tempat bermalam, karena tidak jauh dari lokasi wisata ada beberapa penginapan yang cukup terjangkau harganya. Berikut daftarnya :

Pondok Bagedur Cottage

Pondok Bagedur Cottage
Pondok Bagedur Cottage

Penginapan Pondok Bagedur Cottage berada 1 KM dari tempat wisata, ada beberapa tipe penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan, mulai dari kamar dengan fasilitas ac sampau yang standar fan. Pondok Bagedur Cottage memiliki 16 vila dengan jumlah total 24 kamar.

Bahari Hotel Malingping

Jika sedang mencari tempat bermalam dengan harga sewa yang murah bisa memilih penginapan Bahari Hotel Malingping. Lokasinya berada dipusat Malingping, jadi akses kemana-mana cukup dekat. Penginapan ini juga memiliki beberapa tipe kamar yang bisa dipilih.

Hotel GBS Malingping

Penginapan lainnya yang berada di Malingping adalah Hotel GBS Malingping, penginapan yang berada di : Jalan Raya malingping – Bayah No. 58, Polotot, Malingping, memiliki beberapa tipe kamar seperti standard room dan Executive Room.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here