Keunggulan dan Kelemahan Berbagai Merek Laptop

0
Keunggulan Dan Kelemahan Berbagai Merek Laptop
(pexels)

Ketika akan memutuskan untuk membeli laptop, netbook ataupun notebook, Ada baiknya Anda mencari tahu beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suatu merek. Karena merupakan hal wajar, seorang pembeli mencari tahu detail tentang merek laptop yang akan dibelinya.

Setiap orang pasti menginginkan laptop yang dibelinya memiliki kualitas bagus yang bisa bertahan lama, tanpa mengalami berbagai kendala ketika menggunakannya.

Ada banyak merek laptop yang ada di pasaran Indonesia yang di produksi dari dari dalam dan luar negeri seperti Acer, Asus, Apple, Axioo, Alienware, Dell, MSI, Fujitsu, Hewlett Packard (HP) / Compaq, Lenovo, Samsung, Sony, Toshiba, Zyrex, C3-Cube dll.

Perkembangan teknologi semakin cepat, banyak aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan laptop. Tak heran kebutuhan penggunaan laptop dari hari kehari semakin peting, khususnya untuk para pekerja, pelajar, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga.

Namun sebelum memutuskan membeli laptop, sebaiknya Anda melakukan perbandingan antara merek laptop yang satu dengan merek laptop yang lainnya baik dalam ketahanan, desain, maupun harga. Anda harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari setiap merek laptop, agar laptop yang dibeli sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Keunggulan Dan Kelemahan Merek Laptop

Berikut adalah daftar merek laptop berserta keterangan mengenai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki setiap merek.

Acer

kelebihan dan kekurangan laptop acer

Acer merupakan perusahaan komputer lima terbesar dunia yang memiliki kantor pusat di Kota Taipei Baru, Republik Tiongkok. Acer memiliki beberapa produk andalan seperti desktop, notebook, server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi e-bisnis untuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi.

Kelebihan:

  • Laptop Acer umumnya memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan merek lainnya. Bisa dikatan memiliki harga yang kompetitif dengan merek lokal.
  • Desain laptop Acer umumnya cukup bagus dan elegan, dan ada beberapa pilihan warna untuk setiap tipenya.
  • Acer memiliki service center dibanyak titik, jadi jangan khawatir ketika laptop Acer yang Anda beli mengalmi kerusakan. Selama memiliki garansi resmi yang aktif, pengguna bisa melakukan perbaikan terhadap laptopnya yang rusak secara gratis.

Kekurangan:

  • Meski memiliki desain bodi laptop yang bagus, namun kekuatan casingnya tidak bisa di andalkan, rawan retak karena rata-rata berasal dari bahan plastik.
  • Memiliki keyboard yang kurang enak, beberapa kejadian mudah rusak untuk beberapa tombol.
  • Panel LCD pada laptop Acer terkenal mudah retak, penggunanya harus lebih hati-hati dalam menggunakannya.

Asus

kelebihan dan kekurangan laptop Asus

Asustek Computer Inc. atau yang biasa ditulis dengan huruf kapital ASUS pada setiap produk yang dibuatnya, merupakan perusahaan yang memiliki kantor pusat di Distrik Beitou, Taipei, Republik Tiongkok, yang didirikan sejak tahun 1989.

Asus memiliki beberapa produk yang unggulan yang berhubungan dengan komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Juga belakangan ini Asus mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya

Kelebihan:

  • Memiliki kualitas teknologi yang dimiliki Asus tidak bisa diragukan lagi, vendor yang sudah terkenal sejak PC (portable computer) mulai populer.
  • Hampir semua laptop Asus ditanami dengan teknologi  VGA seperti ATI Radeon dan Nvidia G Force yang cocok digunakan untuk aktivitas bermain game. Maka dari itu Asus terkenal sebagai merek yang paling memumpuni untuk bermain game.
  • Harga laptop Asus relatif murah dengan fitur yang cukup lengkap, bisa bersaing dengan merek laptop terkenal lainnya. Laptop Asus harga 4 jutaan sudah bisa digunakan untuk untuk aktivitas gaming.
  • Setiap laptop yang di produksi Asus selalu ditanami dengan motherbiard yang tangguh.
  • Memiliki garansi produk yang cukup lama, bahkan beberapa produk Asus ada yang memiliki waktu garansi sampai 2 tahun.

Kekurangan :

  • Asus tidak memiliki banyak service center. Jika pun ada hanya ada pada kota-kota besar saja seperti Jakarta. Jadi ketika laptop mengalami kendala, pengguna akan mengalami beberapa kendala saat melakukannya, seperti jarak yang jauh dan antrian service yang lama.
  • Asus juga sering mengeluarkan produk barunya terlalu cepat dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan harga yang lebih murah dibandingkan laptop keluaran sebelumnya. Hal ini membuat para pembeli produk lamanya kecewa.
  • Bodi pada laptop Asus kebanyakan tidak dilengkapi dengan Softcase.
  • Ada beberapa tipe produk Asus memiliki kualitas yang buruk, seperti pada seri 12″, banyak pengguna yang mengeluhkan error pada touchoad dan pada seri K43u AMD E350 error Harddisk (Namun kebanyakan pengguna tidak menyadarinya)
Baca Juga :  5 Sistem Operasi Selain Windows

Apple

kelebihan dan kekurangan laptop Apple

Apple Inc. Merupakan perusahaan teknologi multinasional yang memiliki kantor pusat di Cupertino, California, Amerika. Perusahaan yang merancang, mengembangkan dan menjual barang elektronik, perangkat lunak kumputer dan layanan daring.

Keunggulan:

  • Apple memilliki brand yang memiliki daya tarik yang tinggi di mata konsumen, karena memiliki desain produk yang simple namun tetap elegan. Pengguna produk Apple di Indonesia masih sedikit. Itu sebabnya laptop Apple masih di anggap barang mewah oleh kebanyak orang.
  • Laptop Apple kebanyakan memiliki track pada dengan ukuran besar, jadi membuat nyaman para penggunannya.
  • Apple membuat produknya dengan bahan material yang bisa didaur ulang, mereka juga selalu membuat riset mengenai konsep produk yang ramah terhadap lingkungan.
  • Keyboard pada produk Apple umumnya menggunakan sistem penerangan secara otomatis jadi bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya ruangan dan ukuran tombol yang besar.
  • Untuk layar LCD memiliki layar dengan resolusi tinggi.
  • Sistem operasi yang digunakan adalah Mac OS yang di buat langsung oleh Apple. Memiliki tampilan antar muka yang simple, mudah digunakan dan user friendly dibandingkan dengan OS lainnya seperti buatan Microsoft.

Kekurangan:

  • Harga produk Apple relatif cukup mahal dengan fitur yang memiliki kesamaan dengan merek laptop pada umumnya yang harganya relatif lebih murah.
  • Khusus untuk pengguna dari Indonesia yang terbiasa menggunakan laptop dengan Windows sebagai operasi sistemnya harus beradabtasi lagi dalam mengoprasikan Mac OS.
  • Sevice Center Apple di Indonesia yang hanya ada di kota-kota besar dengan jumlah titik yang terbatas.

Axioo

kelebihan dan kekurangan laptop Axioo

Axioo merupakan salah satu perusahaan elektronik yang ada di Indonesia yang berdiri sejak 2004 yang banyak memproduksi kompututer, Laptop, Notebook, Ponsel Pintar, Tablet dan beberapa produk lainnya.

Keunggulan :

  • Merupakan laptop buatan dalam negeri yang memiliki kualitas yang baik.
  • Harga laptop Axioo terbilang murah dibandingkan dengan laptop merek lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama.
  • Memiliki desain bodi yang tipis, dan warna cat tahan lama.

Kelemahan:

  • Biasanya setelah satu tahun penggunaan akan ada penurunan performa, khususnya pada baterai, penggunaan hanya bisa setengah jam pemakaian.
  • Kendala yang sering di alami pengguna adalah CD Writer yang mudah rusak.
  • Layar laptop Axioo kadang mengalami blank tiba-tiba saat digunakan , sehingga pengguna harus melakukan restart agar bisa normal kembali.
  • Fitur Wi-Fi sering mengalami kendala, salah satunya Windows sulit menemukan signal dengan driver Wirelress LAN bawaan.
  • Saat digunakan charga mengalami panas berlebih ketika digunakan.
  • Kondisi panas juga bisa dirasakan pada samping mouse pad. Beberapa pengguna mengeluhkan panas yang sangat berlebihan sehingga mengganggu aktivitas mengetik.

Alienware

kelebihan dan kekurangan laptop Alienware

Alienware merupakan perusahaan elektronik asal Amerika Serikat dan merupakan anak perusahaan Dell, Inc. Alienware pertama kali didikan pada tahun 1996 oleh Nelson Gonzalez dan Alex Aguila. Kantor pusanya berada di Miami, Florida, Amerika

Kelebihan:

  • Memiliki konsep desain produk yang mengagumkan.
  • Setiap produknya memiliki garansi dengan waktu yang lama sampai dua tahun.
  • Netbook / notebook yang di produksi Alienware ditanami dengan komponen yang bagus juga kokoh. Itu sebabnya Alienware menargetkan pengguna yang memiliki hobi gaming karena produknya menggunakan teknologi tinggi.
  • Selain bisa digunakan untuk gaming, laptop Alienware juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya yang memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi.
  • Untuk beberapa seri, pembeli bisa memesan desain dan warna laptop yang diinginkan, spesifikasi yang ditanamkan, dan bahkan bisa ditambahkan ukiran nama pembeli.
  • Harga yang tinggi sesuai dengan spesifikasi yang tinggi dengan kemampuan yang bagus.

Kekurangan:

Dari segi bobot termasuk berat disebabkan bahan casing pada mayoritas produknya berasal dari logam
Dalam hal mobilitas pengguna, kenyamanan dapat terganggu dengan ukuran laptop ini yang kebanyakan besar-besar
Harga yang mahal

Baca Juga :  Tanpa Install Ulang, Begini Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Expired

Dell

kelebihan dan kekurangan laptop Dell

Dell, Inc., Merupakan perusahaan elektronik asal Round Rock, Texas, Amerika Serikat yang memproduksi dan memasarkan hardware komputer yang berdiri sejak 1984. Selain memproduksi PC, Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, witch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan.

Keunggulan
Kesan kokoh saat melihat tampilannya dengan casing yang memakai bahan Cromonium
Bagi pengguna Open Source seperti OS Linux UBUNTU akan terbantu dikarenakan beberapa laptop ini telah terinstal OS tersebut
Harga laptop yang rata-rata terjangkau
Service Center dengan pelayanan khusus dimana kita bisa memanggil para teknisinya kerumah dan proses perbaikan laptop bisa dilakukan saat itu juga dirumah kita
Kelemahan
Pusat Service Center yang kantornya di Indonesia tidak merata
Beberapa seri notebook ataupun netbook membawa pola desain yang kaku sehingga tersirat makna laptop untuk pekerja kantoran

MSI

kelebihan dan kekurangan laptop MSI

Micro-Star International adalah perusahaan multinasinal asal Taiwan yang banyak memproduksi berbagai macam produk komputer, serta produk dan jasa yang berhubungan dengan laptop, dekstop PC, matherboard, kartu grafis, dan lain-lain. Perusahaan MSI pertama kali berdiri pada tahun 1986. Kantor pusat MSI berada di Distrik Zhonghe, Taipei, Republik Tiongkok,

Kelebihan:

  • Memiliki kualitas yang bagus,
  • Fitur yang lengkap pada perangkat yang diproduksinya.
  • Umumnya memiliki baterai yang awet.
  • Memiliki desain dan konsep yang kokoh hampir pada setiap produknya, tidak mudah tergores.
  • Produknya dibuat untuk bisa memainkan banyak seri game.

Kekurangan:

  • Biasanya laptop MSI memiliki ukuran keyboard yang kecil.
  • Service center hanya ada di kota-kota besar dengan jumlah yang masih sedikit.
  • Memiliki adaptor dengan ukuran yang terlalu besar.
  • Masih minim informasi mengenai spesifikasi pada setiap seri produknya.

Fujitsu

kelebihan dan kekurangan laptop Fujitsu

Fujitsu merupakan perusahaan asal jepang yang berkecimpung dalam semikonduktor, komputer, telekomunikasi, dan jasa. Fujitsu memiliki kantor pusat yang berada di Minato, Tokyo, Jepang.

Kelebihan:

  • Banyak laptop yang di produksi oleh Fujitsu memiliki bobot yang ringan.
  • Memiliki kualitas yang bagus, yang bisa disandingkan dengan laptop sekelasnya.
  • Memiliki tampilan layar yang bening.

Kekurangan:

  • Laptop keluaran terdahulunya kebanyak memiliki spesifikasi rendah.
  • Jumlah service center masih sedikit di Indonesia untuk produk Fujitsu.
  • Harganya terbilang mahal baik untuk netbook ataupun notebooknya dibandingkan dengan laptop sejenis.

Hewlett Packard (HP)

kelebihan dan kekurangan laptop HP

Hewlett-Packard Company NYSE: HPQ, merupakan perusahaan yang dikenal dengan merek HP, salah satu perusahaan teknologi yang masuk jajaran perusahaan terbesar dunia. Hewlett-Packard pertama kali dibangun oleh dua orang, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard.

Keunggulan:

  • Memiliki kontruksi bodi yang kokoh pada setiap produk laptopnya.
  • Perlengkapan produk cukup lengkap. Dalam satu paket produk biasanya ada dua kabel charge, CD/DVD, buku petunjuk yang lengkap, juga ada fitur recovery pada HDD.
  • Beberapa merek lapop HP memiliki harga yang cukup murah dan terjangkau.
  • Hampir pada setiap produknya, Laptop HP selalu memiliki performa dengan sistem yang paling stabil.

Kelemahan:

  • Desain dan bentuk terkesan monoton, akibat kurangnya inovasi tampilan luarnya.
  • Memiliki kualitas layar LCD yang rendah, dibandingkan dengan laptop sekelasnya.
  • Banyak bonus sofware yang hampir tidak berguna.

Lenovo

kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo

Lenovo Group Limited, merupakan perusahaan terbesar di Republik Rakyat Tiongkok yang memproduksi PC. Pada tahun 2004, Lenovo berhasil menjadi produsen PC terbesar kedelapan dunia. Tidak hanya PC yang diproduksinya, Lenovo juga memiliki produk lain seperti sever, tablet, perangkat pencitraan dan ponsel pintar. Kantor pusatnya berada di Quarry Bay, Hong Kong.

Keunggulan:

  • Laptop Lenovo memiliki harga yang relatif murah.
  • Beberapa seri laptopnya tahan banting dan tahan air, salah satunya Thinkpad.
  •  Lenovo merupakan representatif dari IBM, sebuah perusahaan komputer asal Amerika Serikat yang memiliki pengalaman berpuluh tahun dalam dunia komputer.

Kelemahan:

  • Service center Lenovo hanya ada di kota-kota besar di Indonesia. Jadi penggunannya akan kesulitan ketika akan klaim garansi.
  • Kualitas produk terbaru tidak sebagus saat masih dikelola oleh Amerika.
  • Produk laptop untuk seri Z, memiliki bentuk casing dan bodi yang tidak menarik.
Baca Juga :  Laptop Gaming Murah Harga 5 Jutaan Terbaru

Samsung

kelebihan dan kekurangan laptop Samsung

Samsung Group adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Yang pertama kali didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Kini Samsung sudah memiliki jabang di hanpir 58 negara dan memiliki total karyawan sebanyak 208.000 orang.

Kelebihan:

  • Pada setiap perangkat laptop Samsung selalu memiliki layar yang terang dan bening.
  • Komponen laptop bagus, karena hampir 80% bahannya diproduksi sendiri oleh Samsung, jadi minim komplain dari penggunannya.
  • Netbook / notebook Samsung dilengkapi dengan fitur “Battery Life Extender”, membuatnya hemat baterai.
  • Untuk desain laptop simple dan elegan. Rata-rata laptop Samsung keluaran baru memiliki bodi yang tipis.
  • Service center sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia dengan jumlah yang cukup banyak. Waktu pengurusan garansi bisa lebih cepat.
  • Terdapat beberapa aplikasi tambahan dengan fitur yang cukup bermanfaat.
  • Beberapa seri laptopnya ada yang memiliki fitu “Fast Start” yang bisa mempercepat proses membaca data.

Kekurangan:

  • Biasanya perangkat tidak disertai langsung driver webcam, jadi pengguna harus mencari dan memasangnya sendiri.
  • Distribusi produk lambat. Tanggal iklan peluncuruan produknya berbeda jauh dengan distribusi produknya. Khususnya untuk yang masuk ke Indonesia.

Sony

kelebihan dan kekurangan laptop Sony

Sony Corporation merupakan perusahaan elektronik asal Tokyo, Jepang. Kini Sony merupakan produsen elektronik terbesar dunia dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia. Pertama kali didirikan pada tahun 1946.

Keunggulan:

  • Laptop Sony biasanya memiliki LCD yang bagus, dibandingkan dengan laptop sejenisnya.
  • Memiliki desain dan bentuk yang anti mainstream dibandingkan merek laptop lainnya.
  • Ada banyak fitur bawaan yang menarik, namun beberapa tidak terlalu bermanfaat.
  • Penamaan produk yang selalu sesuai dengan produknya, sehingga konsumen mudah mengidenfikasi setiap seri produknya.

Kekurangan:

  • Jarang ada garansi untuk produk yang masuk Indonesia, karena rata-rata melalui distibutor tidak resmi.
  • Harga produk tergolong mahal.
  • Jika terjadi kerusakan sulit dan mahal dalam hal jasa servis, karena terkendala suku cadang yang minim.
  • Beberapa bagian laptop kadang mudah rusak dibandingkan dengan merek laptop lainnya.

Toshiba

kelebihan dan kekurangan laptopToshiba

Toshiba merupakan perusahaan multinasional asal Tokyo, Jepang, yang memproduksi berbagai produk teknologi seperti peralatan elektronik, teknologi informasi, alat komunikasi, komponen elektronik, sistem infrastruktur industri dan sosial, peralatan rumah tangga, peralatan medis, peralatan kantor, pencahayaan dan logistik. Kini Toshiba menjadi salah satu perusahaan terbesar dunia.

  • Memiliki harga yang cukup terjangkau, dan merupakan produk unggulan di pasaran Indonesia.
  • Service center Toshiba sudah tersebar diberbagai kota Indonesia.
  • Produk dan suku cadangnya mudah ditemuai.
  • Memiliki kualitas layar LCD yang bagus.
  • Memiliki bodi yang kokoh, pada beberapa seri terdapat pelindung HDD, sehingga mencegah kerusakan HDD ketika jatuh.

Kelemahan

  • Desain laptop terbilang jadul, tidak mengikuti perkembangan zaman.
  • Harga produk cukup mahal dibandingan laptop merek lain yang memiliki spesifikasi yang sama.
  • Pemberian nama produk yang kadang sulit di pahami.
  • Kurun waktu peluncuruan produk baru terlaku cepat dengan produk sebelumnya.

Zyrex

kelebihan dan kekurangan laptop Zyrex

Zyrex adalah perusahaan komputer asal Indonesia, yang didirikan pertama kali pada tahun 1996 di Jakarta. Zyrex banyak memproduksi berbagai macam produk komputer. Kini produknya sudah bisa di jumpai di pasaran Indonesia.

Kelebihan:

  • Produk buatan dalam negeri.
  • Keluaran terbaru memiliki desain yang simple dan elegan. Untuk bodinya cukup tipis.
  • Penamaan beberapa produknya cukup menarik.
  • Harganya cukup terjangkau.

Kekurangan:

  • Kerangka dan bodinya kebanyakan dari palastik dan kurang bagus.
  • Harga jual kembalinya cukup turun drastis.
  • Banyak pengguna mengeluhkan performa yang menurun setelah satu tahun penggunaan, khususnya untuk seri terdahulunya.
  • Perbaikan perangkat cukup sulit karena sedikit sekali service center-nya.

Catatan :

Artikel yang membahas mengenai kelebihan dan kekurang setiap merek laptop ini kami buat dari berbagai sumber dan kebanyakan berasal dari opini pengguna setiap merek laptop diatas.

Jadi ketika akan memutuskan membeli laptop, sebaiknya artikel ini tidak jadi satu-satunya rujukan. Alangkah baiknya membaca spesifikasi seri produk yang akan dibeli. Dengan begitu ada bisa tahu apakah produk tersebut tepat untuk Anda beli.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here