Kepala Bitcoin menghimbau para Investor untuk hati-hati

0
Bitcoin 2
Bitcoin 2

Kepala Bitcoin Foundation, Llew Claasen mengatakan bahwa jangan berinvestasi lebih dari yang mereka mampu khususnya dalam mata uang kripto layaknya bitcoin.
Claasen berbicara pada konferensi TEDGlobal di Tanzania tentang potensi berkembangnya Bitcoin di Afrika. Beberapa orang tidak memiliki akses ke perbankan formal, namun penggunaan uang terus bergerak dan bitcoin bisa menjadi alternatif.
Bitcoin telah banyak digunakan di beberapa negara afrika seperti di Nigeria, Afrika Selatan dan Kenya.

Kantor Bitcoin yang berada di Washington merupakan sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan penggunaan Bitcoin di seluruh dunia. Bitcoin mencapai harga tertinggi terhadap USD pada akhir Agustus. Sama seperti mata uang kripto lainnya, bitcoin sangat bergantung pada teknologi digital yang disebut blockchain (sebuah buku besar digital yang mencatat setiap transaksi).

Bitcoin
Bitcoin

Claasen mengakui bahwa saat ini bitcoin belum terlalu baik untuk dipakai sebagai uang alternatif. Saat ini jaringan memiliki input transaksional sebanyak tiga hingga empat transaksi per detik, dan Claseen berkata bahwa hal itu tidak bagus jika sobat ingin menggunakannya sebagai uang tunai.
“Begitu nanti upgrade mulai berjalan, Bitcoin akan lebih efektif dan tidak akan ada batasan untuk setiap transaksi di setiap harinya.”
Upaya upgrade ini supaya transaksi bitcoin lebih banyak dan dapat diproses sekaligus, Upgrade bitcoin ini dijadwalkan akan rampung dalam enam sampai 12 bulan ke depan.

Bitcoin baru-baru ini mencapai titik tertinggi sepanjang masa, dengan nilai satu bitcoin melonjak menjadi sekitar $ 4.500 (Rp.60,048,300.43). Claseen memprediksi bahwa¬†satu dekade kemudian semua orang akan memiliki “dua dompet”, satu untuk uang lokal dan satu lagi memakai mata uang kripto (Bitcoin).
Dia khawatir bahwa mata uang bitcoin dapat disalahgunakan untuk penghindaran pajak dan pencucian uang.
“Bitcoin tidak sepenuhnya anonim dan cukup mudah bagi seseorang, namun jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka akan terasa sulit dalam hal pertanggungjawabannya.