Ini dia 3 Tips agar Sobat Lolos Interview Kerja

0
Interview Kerja By morganmckinley.com
Interview Kerja By morganmckinley.com

Hai sobat, Saung net kembali dengan pembahasan baru nih :D. Di era Industri seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang beroperasi di negeri kita. Mulai dari perusahaan Negeri, Swasta, maupun yang bertaraf Internasional. Meski Perusahaan banyak berdiri di Indonesia, hal itu tidak terlalu berpengaruh terhadap penurunan populasi pengangguran. Dari tahun ke tahun persaingan para pencari kerja semakin ketat, karena memang jumlah perusahaan di Indonesia tidak dapat menampung semua para pencaker.

Sobat sudah pasti tahu diterima atau tidaknya seorang pencaker dinilai dari berkas lamaran yang diberikan serta jawaban yang didapat dari hasil Interview atau wawancara kerja. Jika sobat mempunyai nilai lebih dalam berkas entah itu nilai Ijazah yang bagus atau beberapa sertifikat yang membantu, itu tidak menjamin sobat bisa diterima kerja lho. Percuma jika berkas lamarannya bagus, tapi ketika Interview jawaban sobat meragukan dan tidak menarik.

Disini saung net akan membagikan Tips kepada sobat cara menghadapi Interview kerja dengan baik dan benar. Intinya bagaimana sikap kita dalam menghadapi pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan perusahaan. Tidak usah panjang lebar lagi ya gan, yuk cek listnya dibawah :

1. Percaya Diri

Percaya diri By Jaxenter.com
Percaya diri By Jaxenter.com

Tentu saja sobat harus percaya diri, karena percaya diri adalah sikap yang harus dimiliki setiapĀ  orang dalam hal apapun tak terkecuali dalam proses interview ya sob. Jika sobat tidak percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan, maka pupuslah sudah harapan sobat untuk diterima kerja.

Intinya sih jangan sampai muka sobat terlihat ragu ketika diberi pertanyaan. Beritahu semua skill sobat yang bisa membantu dalam hal pekerjaan, entah itu dibidang komputer bahasa dan yang lainnya. Jangan sungkan untuk Improve dalam memberikan jawaban, asalkan tidak keluar dari topik yang ditanyakan ya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone Android

2. Tidak Berorientasi pada Uang

Tidak berorientasi pada uang By wikimedia.org
Tidak berorientasi pada uang By wikimedia.org

Untuk apa kita kerja ? tentunya untuk mendapatkan uang, betul gak sob. Tapi sobat jangan sampai menunjukkannya ketika proses interview ya. Jika ditanya apa motivasi sobat untuk kerja di perusahaan itu, maka jawablah dengan bijak tanpa membawa-bawa soal uang atau pun gaji.

Bilang saja sobat bekerja untuk mencari pengalaman serta ingin berkontribusi dalam memajukan perusahaan. Jika ditanya gaji, jangan langsung mematok dalam jumlah besar ya sob. Pikirkanlah dahulu gaji untuk posisi sobat biasanya berapa, jangan sampe posisi yang dilamar adalah bagian kasir tapi sobat minta gaji 10Jt kan galucu :D.

3. Penampilan Menarik dan Meyakinkan

Berpenampilan menarik dan meyakinkan By Freepik.com
Berpenampilan menarik dan meyakinkan By Freepik.com

Tampilan juga sangat berpengaruh lho sob, pihak perusahaan pastinya melihat seseorang dari cara berpakaiannya dulu. Jika sobat masuk kedalam ruangan interview dalam keadaan acak-acakan dan jauh dari kesan rapih maka perusahaanpun akan memandang jelek. Usahakan tampil dengan pakaian rapih dan bersih, jangan lupa gunakan deodorant atau parfum untuk sobat yang punya masalah dengan bau badan.

Selain tampilan menarik, sobat pun harus terlihat meyakinkan. Meyakinkan, maksudnya gimana ? gini lho sob, Jika sobat melamar posisi menjadi Mekanik maka sobat harus terlihat seperti mekanik. Maksud seperti mekanik disini bukan dalam hal berpakaian ya. Intinya sobat pasti tau bagaimana ciri khas seseorang pada setiap bidang. Jika ditanya tentang skill maka bicarakan segala sesuatu yang menyangkut bidang tersebut sampai mereka yakin bahwa sobat adalah tenaga ahli. Jangan sampai perusahaan ragu akan kemampuan sobat karena terlihat kurang meyakinkan ya.

Itu dia gan 3 Poin penting yang harus sobat miliki agar lolos dalam proses interview kerja. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat ya, Good Luck !

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here