Cara Pesan Tiket Kereta Api H-90 Mudik Lebaran 2019 Melalui Aplikasi Tiket.com

Tiket kereta api untuk Lebaran 2019 sudah bisa dibeli hari Senin, 25 Februari pukul 00.00 WIB.

0
Cara Memesan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran dengan aplikasi Tiket.com

Tiket.com merupakan salah satu perusahaan online travel agent di Indonesia yang memiliki layanan yang cukup lengkap seperti booking tiket pesawat, pesan tiket kereta api KAI, booking hotel, sewa mobil, tiket atraksi, konser dan event.

Menjelang 3 bulan libur lebaran, PT Kereta Api Indonesia mulai membuka penjualan tiket untuk libur lebaran idul fitri 2019/1440 H pada hari Senin 25 Februari pukul 00.00 WIB. Pemesanan tiket Kereta bisa dilakukan melalui beberapa cara, bisa melalui website resmi KAI atau melalui Tiket.com.

PT Global Tiket Network adalah Partner Online No 1 PT Kereta Api Indonesia

Tiket.com merupakan partnet utama PT.KAI sejak tahun 2012 hingga sekarang, jadi Tiket merupakan salah satu channel resmi untuk pembelian tiket lebaran nanti.

Calon penumpang bisa mengatasi masalah kesulitan membeli tiket kereta dengan  menggunakan layanan milik Tiket.com, baik melalui website atau pun aplikasi untuk melakukan pembelian Tiket Kereta Api H-90 Mudik Lebaran di tahun 2019.

Cara Pesan Tiket Kereta Api H-90 Lebaran Melalui Tiket.com

Dengan adanya layanan ini, Tiket.com mengajak masyarakat untuk segera melakukan pembelian tiket KA dan melakukan menejemen keuangan untuk mempersiapkan mudik Lebaran. Nah, untuk yang penasaran bagaimana cara membeli tiket Kereta melalui aplikasi Tiket.com bisa mengikuti langkah-langkah betikut.

  1. Jika belum memiliki aplikasi Tiket.com. Anda bisa mengunduh dan menginstallnya melalui Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau Apple App Strore untuk pengguna iPhone atau iPad bagi.
  2. Jika sudah berhasil diisntall, kemudian Anda bisa membuka dan menjalankan aplikasi Tiket.com dan lakukan login atau masuk aplikasi dengan menyentuh tombol MASUK yang berada di pojok kanan atas. Bisa menggunakan akun Google, Facebook, ataupun akun Tiket.com jika sudah pernah melakukan pendaftaran sebelumnya.
  3. Pada halaman utama aplikasi akan ada pilihan menu Ketera Api.
  4. Pada laman menu Ketera, Anda bisa memilih stasiun keberangkatan dengan memilih menu Dari, untuk memilih tujuan stasiun dengan mengklik menu Ke, untuk memilih tanggal keberangkatan mudik pilih menu Berangkat, dan untuk menentukan jumlah penumpang bisa pilih menu Penumpang. Selanjutnya klik tombol Cari Kereta.
  5. Kemudian akan dihadapkan pada laman yang berisikan nama Kereta Api, harga tiket, waktu keberangkatan, nama stasiun keberangkatan dan tujuan, estimasi waktu perjalanan dan kelas kereta.
    Cara Memesan Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi TIket
  6. Langkah selanjutnya, Anda akan diarahkan pada laman pengisian data penumpang yang terdiri dari Nama penumpang, nomor telepon, email dan nomor KTP(untuk penumpang dibawah 17 tahun bisa menggunakan tanggal lahir dengan format hhbbtttt. Contoh 17071999).
  7. Untuk memilih kursi dan gerbong Kereta Api bisa tekan tombol Pilih Kursi.
  8. Jika sudah memilih kursi, kemudian klik tombol Lanjutkan. Anda akan dihadapkan pada laman Pembayaran yang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa melalui Internet Banking, Mobile Banking, ATM, Kartu Debit, Kartu Kredit, Pembayaran Instan, Gerai Retail, Cicilan tanpa Kartu Kredit, sampai TIX Point.
    cara pesan tiket kereta api
  9. Jika sudah melakukan pembayaran, Tiket.com akan memproses pembayaran tiket sampai selesai.
  10. Kemudian Anda akan memperoleh email berupa bukti pembayaran beserta tiket digital Kereta Api yang sudah dibeli.
  11. Tiket digital ini bisa dicetak dan bisa diperlihatkan kepada petugas kereta Api ketika mudik.

Pada laman Kereta terdapat menu Berangkat, pada laman tersebut Anda bisa memilih waktu keberangkatan, bisa untuk 90 hari kedepan dari awal pembelian tiket, contohnya, Anda hari ini pada 25 Februari 2019 akan membeli tiket pada aplikasi Tiket.com, maka bisa membeli tiket untuk tanggal 25 Mei 2019 nanti.

Namun jika akan mudik mendekati hari lebaran, Anda bisa membeli tiket Kereta Api pada awal bulan Maret 2019 mendatang, karena Lebaran tahun ini akan jatuh pada awal bulan Juni 2019. Dengan adanya fitur ini akan memudahkan pengguna Tiket.com dalam membeli tiket jauh-jauh hari, tanpa harus melakukan antri panjang yang memakan banyak waktu.

Penjelasan dari Pihak KAI

Pihak KAI memperkirakan arus mudik Labaran tahun 2019 akan terjadi pada Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan untuk punjak arus balik kemungkinan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019(H+3.

Pihak KAI sendiri akan mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim Lebaran 2019 dengan mengoprasikan 356 KA Reguler dan dan 50 KA Tambahan, dengan total 406 KA.

Jumlah penggunaan KA tersebut mengalami kenaikan 3% dari tahun sebelumnya yaitu 393 KA. Setiap harinya, PT. Kereta Api Indonesia menyediakan 247.10 kursi untuk KA jarak jauh dan KA Lokal, dan pada 2019 ini mengalami kenaikan sebesar 5% dari tahun sebelumnya yaitu 236.210 kursi.

KAI juga akan menyediakan 50 KA tambahan selama musim lebaran tahun 2019 ini, yang tiketnya bisa dipesan mulai H-60. Penambahan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang KA pada arus mudik dan balik lebaran 2019. 50 KA tersebut terdiri dari 27 KA Eksekutif; Bisnis, 11 KA Ekonomi Non PSO, 4 KA Ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

“KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar melakukan pembelian tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” pesan Edi.

Sementara dari pihak Tiket.com mengungkapkan bahwa pembelian tiket KA pada tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 15% dibandingkan tahun sebelumnya, jadi ada kemungkinan tahun 2019 ini juga akan naik, jadi sebaiknya untuk yang akan mudik membeli tiket jauh-jauh hari sebelum Hari-H mudik, untuk menghindari kehabisan tiket.

Keuntungan menggunakan layanan pembelian tiket KA melalui aplikasi Tiket.com. pengguna akan mendapatkan benefit tambahan, seperti makanan dan minuman gratis yang akan diberikan pada saat keberangakatan oleh petugas KA.

SUMBERTirto, Gadgetren
Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here