Cara cepat Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

0
Komedo By caviarofswitzerlandshop.com
Komedo By caviarofswitzerlandshop.com

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang membuat kita gak percaya diri, ya kan sob. Apalagi pas First date sama pasangan, Doi ngeliat kita banyak komedonya pasti Ilfeel banget. Mungkin sebagian dari sobat masih bingung nih cara menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Oiya saung net ingetin nih ya, komedo jangan sampe dipencet karena dapat mengakibatkan pori-pori sobat membesar dan merusak kulit.

Gimana sih cara ngilangin komedo tanpa meninggalkan bekas ? Jawabannya adalah dengan bahan-bahan alami sob. Bahan alami yang setiap hari dapat kita temukan di dapur tentunya. Selain murah, bahan alami juga sangat aman bagi kulit karena tidak mengandung bahan bahan kimia yang berbahaya. Yo langsung saja kita bahas bahan alami apa saja yang bisa menghilangkan komedo serta cara penggunannya :

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis By demandstudios.com
Jeruk Nipis By demandstudios.com

Tahukah sobat, bahwa jeruk nipis ini banyak manfaatnya, mulai dari mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, mencegah jerawat hingga mengangkat sel kulit mati. Selain itu Jeruk nipis juga dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan komedo. Jeruk nipis ini mengandung vitamin C serta kaya akan anti-oksidan sob, jadi wajar dong ya kalo bahan yang satu ini sangat baik untuk digunakan pada kulit wajah.

Cara Penggunaan :

  1. Peras buah jeruk nipisnya
  2. Masukan air hasil perasan pada wadah
  3. Oleskan airnya pada area wajah yang berkomedo
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Basuh dengan air lalu keringkan

2. Pepaya

Pepaya By Cloudfront.net
Pepaya By Cloudfront.net

Buah yang satu ini memang sangat identik dengan hal perawatan wajah serta kulit. Banyak sabun dan bahan kecantikan yang terbuat dari pepaya sob, karena pepaya mempunyai Enzim papain yang dapat meregenerasi kulit. Selain itu didalam pepaya juga terkandung Vitamin A, C dan E yang dapat melembapkan kulit. Dengan buah pepaya, kulit mati yang ada pada wajah akan hilang serta ampuh membersihkan komedo.

Baca Juga :  7 Bahan alami untuk mengobati sakit Perut

Cara Penggunaan :

  1. Potong pepaya menjadi beberapa bagian kecil
  2. Haluskan pepaya (Gunakan Blender)
  3. Masukan pepaya yang telah halus kedalam wadah
  4. Gunakan sebagai masker, diamkan selama 30 menit
  5. Basuh dengan air lalu keringkan

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai By maangchi.com
Kacang kedelai By maangchi.com

Kacang kedelai merupakan bahan untuk pembuatan tempe yang kaya akan protein sob. Selain itu kacang kedelai juga mengandung Vitamin A, B kompleks, E, Kalsium, Fosfor, Magnesium, dan Zat besi. Hampir sama dengan yang lain, kacang kedelai dapat mencerahkan kulit serta mengangkat komedo. Satu lagi, Kacang kedelai dapat mencegah penuaan dini.

Cara Penggunaan :

  1. Rendam kacang selama 1 hari
  2. Bersihkan kacang hasil rendaman lalu blender hingga halus
  3. Masukan hasilnya kedalam wadah
  4. Oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit
  5. Basuh dengan air hangat lalu keringkan

4. Putih Telur

Putih Telur By Khasiat.co.id
Putih Telur By Khasiat.co.id

Tahukah sobat bahwa putih telur dapat mengenyalkan wajah lho. Selain itu juga dapat mencegah komedo dan membuat wajah semakin bersih. Putih telur bekerja dengancara mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk di kulit. Putih telur sangat kaya akan protein dan mikronutrien.

Cara Penggunaan :

  1. Siapkan Telur
  2. Buang kuning dan sisakan putih telur saja
  3. Gunakan sebagai masker, diamkan selama 30 menit
  4. Basuh dengan air hangat lalu keringkan

*Untuk menghilangkan bau amis, sobat bisa menambahkan satu sendok makan jeruk nipis atau lemon.

5. Garam

Garam By thecertainonesmagazine.com
Garam By thecertainonesmagazine.com

Garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion Positif dan ion Negatif yang membentuk senyawa netral. Selain digunakan sebagai penyedap rasa makanan, ternyata garam juga bisa dipakai untuk menghilangkan komedo sob.

Cara Penggunaan :

  1. Siapkan air panas dalam wadah
  2. Masukan garam pada air panas, tunggu hingga larut semuanya
  3. Biarkan wajah sobat terhempas uap yang dihasilkan air panas tersebut
  4. Keringkan
Baca Juga :  3 Kunci Menggapai Kesuksesan Hidup

6. Tomat

Tomat By Tqn.com
Tomat By Tqn.com

Selain tomat mengandung vitamin C, terdapat juga Lycopine yang merupakan senyawa anti-oksidan. Berfungsi untuk menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga mencegah munculnya komedo. Tomat juga dapat digunakan sebagai sunblock alami yang meminimalisir kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Cara Penggunaan :

  1. Siapkan Tomat
  2. Tumbuk halus hingga seperti bubur
  3. Oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit
  4. Basuh dengan air lalu keringkan

Sebenarnya masih banyak sob bahan alami lain yang bisa digunakan untuk membersihkan komedo, saung net hanya merekomendasikan beberapa saja. Karena menurut saung net, bahan diatas merupakan yang paling mudah untuk didapat. Nah sobat tertarik ? Coba aja, dijamin aman kok . Good Luck 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here