7 Bahan alami untuk mengobati sakit Perut

0
Image By MediMetry
Image By MediMetry

Sakit perut merupakan penyakit biasa yang muncul di antara bagian dada dan pinggul. Penderita biasanya merasakan pegal, kram, dan seperti tertusuk pada area tersebut. Kebanyakan sakit perut ini diakibatkan karena sistem pencernaan yang kurang lancar, memakan makanan yang kurang baik, ataupun karena masuk angin.

Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut, khususnya setelah memakan makanan pedas. Kali ini saung net akan membahas tuntas penyebab serta obat alami yang bisa dipakai untuk mengobati sakit perut, baca sampai habis ya.

Penyebab

Umumnya sakit perut akan terasa setelah kita melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan ataupun pola hidup yang kurang sehat. Penyebabnya pun beragam, dibawah ini adalah hal umum yang menyebabkan sakit perut :

1. Diare

Image By Bhmpics
Image By Bhmpics

Diare adalah kondisi yang paling umum terjadi di kalangan masyarakat terutama di Indonesia. Perut biasanya akan terasa kram serta sakit yang melilit, hal ini dinamakan sebagai kondisi yang disebut gastroenteritis. Gastroenteritis merupakan peradangan lambung dan usus karena infeksi virus atau bakteri pada makanan. Berikut beberapa infeksi virus dan bakteri yang bisa menyebabkan diare.

Infeksi Norovirus

Infeksi Norovirus sangat mudah menular, terutama melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, virus ini juga bisa menyebar melalui kontak langsung dengan si penderita yang telah terinfeksi.

Bakteri Campylobacter dan Salmonella

Kedua bakteri ini biasanya ada pada makanan yang dikonsumsi secara mentah. Selain itu juga sering terdapat pula pada makanan yang tidak dimasak dengan baik dan susu yang tidak dipasteurisasi.

2. Masuk Angin (Kembung)

Image By Deherba
Image By Deherba

 

Masuk angin adalah buah dari proses biologis setelah mencerna makanan dan minuman. Biasanya orang yang masuk angin akan merasa kembung serta sering bersendawa. Penyebab masuk angin biasanya karena terlalu banyak mengkonsumsi bawang bombai, brokoli, kol, dan minuman bersoda.

 

Bahan Alami untuk mengobatinya

Banyak bahan alami yang mudah didapat, jika kamu tiba-tiba merasakan gejala sakit perut, entah itu karena diare atau masuk angin. Dibawah ini merupakan bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai alternatif jika kamu tidak sempat untuk pergi ke dokter.

Image By Livemint
Image By Livemint

1. Wortel

Jus wortel merupakan obat alami yang sangat praktis dan terbukti manjur untuk mengobati sakit perut. Kalium yang ada pada wortel bisa melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh sehingga metabolisme kembali stabil. Agar hasil lebih maksimal kamu juga bisa menambahkan sedikit daunt mint, karena kandungan mineralnya dapat mengurangi peradangan pada lambung.

2. Pisang

Buah pisang mengandung potasium, kalium, serta elektrolit tinggi yang dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar serta mencegah dehidrasi. Pisang juga dapat menghilangkan racun berbahaya dari dalam tubuh. Caranya tentu saja sangat mudah, cukup mengkonsuminya saja secara langsung. Namun jika ingin lebih nikmat bisa dibuat dalam bentuk jus ataupun kue.

3. Jambu

Jambu Biji adalah bahan utama jika kamu mengalami sakit perut karena diare akibat makan makanan pedas ataupun sembelit. Karena bahan ini mampu menyerap air yang ada pada bagian usus, dan sangat baik dalam mengatasi diare. Hampir sama seperti bahan lainnya yang terbuat dari buah, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun bisa juga dibuat jus. Selain buahnya, daunnya juga bisa dipakai dengan cara direbus, lalu air hasil rebusannya diminum sebagai obat.

4. Yoghurt

Banyak susu fermentasi yang diproduksi perusahaan minuman, dan minuman tersebut memang sangat baik untuk kesehatan. Yoghurt merupakan minuman probiotik yang juga bagus untuk pencernaan, melancarkan buang air besar dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Yoghurt juga sangat aman untuk dikonsumsi jangka panjang, dengan takaran 5 sendok makan sebelum sarapan dan sebelum tidur. Maka dijamin sistem pencernaan dalam tubuh akan lebih lancar dan tidak akan mengalami sakit perut.

5. Pepaya

Khasiat buah yang satu ini memang tidak ada habisnya. Selain banyak digunakan sebagai bahan untuk alat kecantikan dan kesehatan kulit, Pepaya juga terbukti dapat mengatasi sakit perut. Jika kamu merasa sistem pencernaan terganggu, makanlah beberapa potong pepaya. Karena pepaya mengandung serat yang tinggi dan sangat bagus untuk sistem pencernaan serta melancarkan buang air besar. Tapi buah pepaya ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, jika sakit perut yang kamu alami diakibatkan karena kembung.

6. Air Kelapa

Air kelapa yang segar dan melegakan ternyata bisa mengobati sakit perut akibat diare. Kandungan kalium dan elektrolitnya yang tinggi bisa membantu mengeluarkan racun pada usus. Untuk konsumsi rutin, kamu bisa meminum satu gelas perhari agar sistem pencernaan lancar.

7. Minuman Jahe

Jahe ternyata bisa mengobati sakit perut, khususnya akibat masuk angin dan kembung. Meski belum ada penelitian resminya, namun beberapa orang membuktikan bahwa jahe cocok untuk mengobati masalah perut. Kamu cukup mencari tukang bandrek, atau bisa juga membuatnya sendiri dengan cara direbus dan diminum air hasil rebusannya.

Itu dia pembahasan tentang gejala sakit perut dan bahan alami yang bisa dikonsumsi sebagai obat untuk menyembuhkannya. Keuntungan dari bahan alami sebenarnya sangat mudah, murah, dan tidak mempunyai efek samping. Perlu digaris bawahi bahwa Bahan-bahan diatas hanya  direkomendasikan untuk sakit perut biasa, jika sakit perutnya berlanjut atau tidak biasa lebih baik langsung dibawa ke dokter atau puskesmas terdekat.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan tentunya bermanfaat. Untuk kamu yang sedang mengalami sakit perut, semoga cepat sembuh ya. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkunjung di website sederhana ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here