6 Bahan Alami yang bisa digunakan sebagai Alternatif penyembuh Luka

0
Image By Mens Health
Image By Mens Health

Kamu pastinya pernah mengalami kecelakaan, entah itu ringan ataupun berat. Yang pasti setiap kecelakaan pasti menimbulkan luka yang lumayan lama sembuhnya. Jangankan untuk kembali ke bentuk semula, menunggu lukanya kering saja sangat lama. Jika kamu salah dalam menangani luka, bahkan bisa menyebabkan pembusukan dan infeksi.

Sebenarnya kamu tak perlu bingung soal penanganan serta bahan. Soalnya banyak sekali bahan alami yang memang khasiatnya ampuh untuk mempercepat proses pengeringan pada luka, entah itu luka biasa maupun luka bakar. Bahan alami dibawah ini bisa dipakai sebagai obat pertolongan pertama sebelum kamu pergi ke dokter :

1. Bubuk Kopi

Image By dffInternational
Image By dffInternational

Selain berkhasiat untuk menambah energi dan bikin mata melek, ternyata bubuk kopi bisa mempercepat proses pengeringan luka. Luka yang ditaburi bubuk kopi, akan cepat kering serta mengelupas dengan mudah.

Bahan yang satu ini sudah digunakan sejak dahulu. Caranya mudah sekali, kamu tinggal menaburkan bubuk kopi pada area luka yang sudah dibersihkan. Untuk hasil yang maksimal dalam proses penyembuhan, kamu bisa menggunakannya 2-3 kali sehari secara rutin.

2. Getah Pisang

Image By Listverse
Image By Listverse

Siapa sangka ternyata getah pisang juga bisa dipakai dan berkhasiat. Bahan kali ini hanya berlaku untuk luka robek atau sayatan akibat benda tajam seperti pisau dll. Karena getah pisang bisa menghentikan pendarahan dan mempercepat proses pengeringan.

Caranya juga mudah, Kamu tinggal ambil getah pisangnya dengan cara memotong buah pisang mentah. Kemudian oleskan getah pisangnya pada luka yang masih belum terkontaminasi dengan air, agar luka cepat mengering.

3. Daun Babadotan (Ageratum Conyzoides)

Image By Herbal Sea Underground
Image By Herbal Sea Underground

Daun ini mempunyai kandungan kimia seperti saponi, flavonoida, dan felifenol. 3 kandungan tersebut sangat membantu bagi manusia untuk menahan sejumlah mikroba patogen termasuk beberapa bakteri, virus dan jamur.

Baca Juga :  Cara cepat Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Caranya penggunaannya pun cukup mudah, siapkan daun babadotan kurang lebih sebanyak 5-10 gram yang segar, kemudian daun babadotan tadi dicuci hingga bersih terbebas dari tanah atau pasir yang menempel. Tumbuk daun babadotan tadi sampai lumat dan mengeluarkan getahnya, setelah itu tempelkan hasil tumbukan daun babadotan tadi pada luka dan kemudian dibalut.

4. Jahe

Image By Healthline
Image By Healthline

Khasiat jahe memang sudah sangat dikenal sejak zaman dulu, dengan rasa pedas serta sensasi hangatnya sangat bagus untuk tubuh. Jahe mempunyai kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, serta resin pahit.

Apabila kamu mengalami luka akibat teriris pisau, ambil jahe (terserah ingin jahe merah atau jahe putih) seperlunya bergantung dari jumlah luka yang akan diobati, lalu kita parut jahe itu kemudian kita oleskan pada luka kita yang terlebih dulu sudah dicuci bersih.

5. Lidah Buaya

Image By Health Ambition
Image By Health Ambition

Lidah buaya memiliki kandungan beragam jenis senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, beragam lektin serta zat saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang ada pada lidah buaya merupakan zat yang bisa mencegah bakteri.

Di balik daunnya yang unik serta berduri itu ada zat anti bakteri, anti jamur, serta anti virus yang bisa menghindar luka kamu dari infeksi. Tanaman ini juga memiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen hingga kulit kamu yang alami luka semakin cepat kering dan sembuh.

6. Madu

Image By Huffington Post
Image By Huffington Post

Madu adalah salah satu bahan alami yang sangat berguna mulai dari kecantikan, kesehatan hingga mengobati luka ringan. Madu dianjurkan untuk kamu yang mengalami luka ringan seperti teriris pisau atau sedikit mengalami luka bakar. Bisa dipakai sebagai pertolongan pertama, jika tidak mempunyai P3K.

Baca Juga :  Cara Mudah mendapatkan Savage di Mobile Legends

Madu bisa dipakai sebagai anti bakterial dan bisa dengan cepat membersihkan dan mencegah infeksi lebih lanjut. Menurut analisis dari banyak studi di New Zealand menemukan bahwa luka bakar yang diobati dengan madu, akan lebih cepat kerin dan sembuh. Penggunaannya hampir sama saja dengan bahan lain, yakni tinggal dioleskan saja pada bagian yang luka.

 

Nah itu dia 6 Bahan yang bisa menjadi alternatif jika kamu mengalami luka ringan. Jika luka tetap saja tidak sembuh dan lama kering, maka kunjungilah dokter. Bahan-bahan diatas tidak bisa dijadikan sebagai prioritas utama, namun yang perlu digarisbawahi memang bahan alami tidak punya efek samping.

Itu saja pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupan untuk bookmark website ini untuk berlangganan konten dan artikel menarik. Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke saung net yang sederhana ini, jangan lupa untuk matikan adblocknya ya.

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here